Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaGaya HidupKhazanahPerbedaan Malaikat Jin dan Manusia Menurut Ajaran Agama Islam

Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia Menurut Ajaran Agama Islam

Perbedaan Malaikat jin dan manusia merupakan suatu hal yang dapat kita bedakan dengan mudah dan juga jelas. Meskipun begitu, tiga makhluk hidup ciptaan Allah ini, nyatanya memiliki satu tugas pokok yang sama, yakni beribadah kepada Allah SWT.

Namun, Malaikat dan jin adalah ciptaan Allah yang bersifat ghaib. Berbeda dengan manusia, yang merupakan ciptaan Allah yang bisa dilihat juga bisa dipegang. Meskipun demikian, akan tetapi tiga ciptaan tersebut mempunyai perbedaan, baik secara fisik, sifat, dan juga yang lainnya.

baca juga: Kisah Nabi Ilyas AS Mengajak Bani Israil Menyembah Alloh SWT

Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia yang Harus Anda Pahami dan Ketahui

Pada dasarnya, malaikat, manusia, dan jin itu adalah sama-sama ciptaan Allah Ta’alla yang mana mereka harus beribadah kepadaNya saja. Inilah, tugas mendasari mengapa Allah Ta’alla menciptakan mereka. Nah, supaya bisa menambah wawasan dan juga ilmu, mari kita bersama mencoba mengulas secara lebih detail mengenai malaikat, jin dan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah.

baca juga: Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Dimuliakan Alloh SWT

Ciptaan Allah Ta’alla Malaikat

Malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah yang paling sempurna. Dalam penciptaanya, Allah menggunakan nur atau cahaya. Meskipun Malaikat itu bersifat gaib, akan tetapi kita juga wajib untuk mengimaninya. Iman kepada para malaikat Allah itu terdapat dalam rukun iman dengan urutan ke -2.

Mengapa kita harus mengimani Malaikat yang ghaib ini? Karena, hal tersebut perintah dari sang Khaliq. Ciptaan Allah yang satu ini juga selalu menyembah Allah Azza wa Jalla, dan juga tidak pernah menolak semua perintah dari Allah(KHaliq).

Semua Malaikat yang sudah Allah ciptakan mempunyai tugas masing-masing. Untuk yang wajib kita imani ada 10, yakni Jibril, Mikail, Izrail, Israfil, Munkar, Nakir, Rakib, Atid, Malik, dan Ridwan.

Para Malaikat juga akan membersamai untuk semua aktvitas manusia. Bahkan ada beberapa tempat yang tidak dikunjungi ciptaan Allah dari cahaya ini. Dimana saja? Menurut Ibnu Wadhol dan juga Imam AL-Khotobi, Malaikat enggan masuk saat tempat tersebut mempunyai anjing, patung, tempat yang memiliki bau tidak sedap. Na’udzubillahi min dzalik, semoga rumah kita adalah rumah yang mana malaikat mau memasukinya. Aamiin.

Nah, mengenai penjelasan dan juga ciri-ciri tersebut juga bisa membantu anda untuk mengetahui apa saja sih perbedaan Malaikat Jin dan Manusia itu?

baca juga: Membaca Shalawat Nabi, Dekatkan Diri kepada Alloh

Jin Juga Makhluk Ciptaan Allah Ta’alla

Jin berasal dari kata bahasa arab yakni Janna yang artinya sesuatu yang tersembunyi atau tidak terlihat. Secara bahasa Jin merupakan sesuatu yang halus dan tersembunyi.

Dalam Al-Quran Surat Ar-Rahman ayat 15, Alloh menjelaskan:

Berdasarkan ajaran agama islam jin itu bisa melihat manusia. Akan tetapi, Allah juga tidak menakdirkan untuk manusia bisa melihat Jin. Apabila manusia bisa melihat Jin, berarti jin tersebut sedang menjelma menjadi makhluk lain yang bisa dilihat oleh mata manusia. Ini menjadi salah satu perbedaan malaikat jin dan manusia.

Perlu anda ketahui bahwa tak satu orang pun yang dapat melihat jin. Kecuali si Jin tersebut berniat ingin mengubah diri ke berbagai bentuk. Hanya para Nabi juga Rasul saja yang bisa melihat wujud asli mereka. Jin bisa berubah wujud menjadi manusia dan juga hewan, akan tetapi ia tidak bisa berubah menjadi sosok Nabi Muhammad SAW.

Namun, Allah juga memberikan anugerah kepada beberapa hewan untuk bisa melihat wujud asli si Jin. Biasanya saat waktu shalat maghrib tiba, banyak hewan-hewan yang berbunyi dan bahkan anak-anak balita juga menangis.

Pada intinya, jin itu ciptaan Allah dari Api yang menyala, mempunyai nafsu, punya jenis kelamik, membangkang kepada Penciptanya, makan, tidur, juga minum. Nah, adanya beberapa penjelasan dan juga pengertian tersebut bisa membantu anda untuk menjawab sebuah pertanyaan apa perbedaan malaikat jin dan manusia itu.

Manusia Ciptaan Allah Paling Sempurna

Manusia pastinya memiliki arti yang berbeda-beda, untuk rohani istilah kebudayaan. Namun, dalam ajaran agama adalah hubungannya dimengerti dengan adanya kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup.

Asal manusia adalah terdapat dalam proses penciptaan manusia pertama yakni Nabi pertama Adam AS. Adam adalah ciptaan Allah yang mempunyai ilmu pengetahuan juga berbagai macam karakter yang ia miliki. Tujuan utama sang Khaliq menciptakan manusia di muka bumi adalah agar menjadi seorang khalifah atau pemimpin.

Salah satu bentuk khalifah di bumi, seharusnya manusia itu menjaga semua yang sudah Allah berikan. Sudah seharusnya juga manusia itu mempunyai akhlak juga perilaku baik kepada sesama atau kepada makhluk hidup lain.

Manusia itu ciptaan Allah yang terbuat dari tanah dan akan kembali ke tanah, mempunyai jenis kelamin, butuh makan, minum dan tidur. 

Meskipun ketiga makhluk tersebut sama-sama ciptaan Allah, akan tetapi perbedaan malaikat jin dan manusia itu ada dan terlihat dengan jelas. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru