Pergerakan Tanah di Kota Banjar, Satu Rumah Terancam Longsor

Pergerakan Tanah di Kota Banjar
Rumah warga di Kota Banjar, Jawa Barat terancam longsor karena pergerakan tanah. Foto: Sandi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah yang berada di atas tebing di Kota Banjar, Jawa Barat, terancam longsor lantaran adanya pergerakan tanah.

Rumah milik Rukimah 63 tahun, warga lingkungan Wargamulya, RT 15 RW 7, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, sebelumnya sempat diguyur hujan deras pada hari Sabtu, 10 April 2021.

“Kemarin itu tembok di rumah bagian belakang pada belah, tapi kemarin baru sedikit. Karena sebelumnya juga kan hujan deras,” kata Rukimah kepada awak media, Minggu (11/4/2021).

Kemudian, pada hari Minggu sekitar pukul 09.00 WIB saat Rukimah sedang mengangkat jemuran tiba-tiba terdengar suara benda jatuh ke selokan, tepat berada di belakang rumah.

Mendengar suara benda jatuh tersebut, ia merasa penasaran dan bergegas untuk mengecek ke sumber suara.

“Denger suara benda jatuh itu tadi jam 9, saya lagi angkatin jemuran. Pas dilihat ke belakang tembok sudah pada retak terus ada yang ambruk ke selokan,” tambahnya.

Rukimah berharap kepada pihak terkait agar segera memperbaiki tembok yang roboh tersebut, sehingga ia dapat tidur dengan aman dan tenang.

“Saya nggak minta apa-apa, cuma pengen supaya cepat diperbaiki. Kalau belum, nanti saya nggak bisa tidur nyenyak mikirin itu terus,” tandasnya.

Pergerakan tanah di Purwaharja, Kota Banjar tersebut mengakibatkan tiga rumah yang berdekatan dengan lokasi ikut terdampak. Di tiga rumah tersebut juga terdapat retakan tanah. (Sandi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu