Pertanda Masalah Kesehatan dari Jerawat, Bukan Rindu yang Dipendam

Pertanda Masalah Kesehatan dari Jerawat
Pertanda masalah kesehatan dari jerawat. Foto: Ist/Net

Banyak orang belum tahu pertanda masalah kesehatan dari jerawat. Meski banyak yang menganggap jerawat sebagai gangguan kulit yang umum, namun letak kemunculannya bisa berkaitan dengan kondisi tubuh. Sehingga melakukan skincare saja tidak cukup jika kamu menjalani kebiasaan tidak sehat.

Dengan mengetahui akar permasalahan, maka akan lebih mudah menghilangkan jerawat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai letak jerawat dengan masalah kesehatan.

Berbagai Pertanda Masalah Kesehatan dari Jerawat

Berikut berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi saat wajah jerawatan:

Jerawat di Kening

Kemunculan jerawat di daerah kening adalah tanda terlalu banyak racun di liver. Bisa juga karena begadang dan tidak tidur pada jam kerja liver (kisaran 10-12 malam). Akibatnya tubuh jadi kesulitan membersihkan diri dari racun dan berujung muncul jerawat di kening atau dahi.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Ramuan Ajaib Anti Aging

Untuk membantu menghilangkan jerawat di dahi lebih cepat. kamu harus tidur secara teratur. Walaupun tidak bisa terlelap, minimal tubuh dalam keadaan rileks. Pastikan kamu sudah membersihkan wajah sebelum tidur, ya.

Jerawat di Antara Alis

Pertanda masalah kesehatan berdasarkan jerawat di antara alis kemungkinan kamu sering mengalami sesak dada. Bisa juga karena jantung tidak berdetak secara teratur, sehingga muncul jerawat di antara alis.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menghindari olahraga berat, tempat berasap, dan makanan pedas. Pastikan kamu bernapas secara teratur di tempat yang bebas polusi, agar bisa menghirup udara jernih.

Jerawat di Pelipis

Kemunculan jerawat di pelipis pertanda makanan yang diproses oleh tubuh terlalu banyak sehingga membuat empedu tersumbat. Beberapa makanan instan biasanya butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, apalagi jika dikonsumsi jumlah besar bisa menyebabkan jerawat di wajah.

Untuk menghilangkannya, minum satu gelas labu pahit di pagi hari. Ini dapat membantu tubuh membersihkan racun lebih cepat. Kamu juga bisa menggantinya dengan timun atau buah kundur.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Tak Bisa Dihindari dan Cara Mengatasinya

Jerawat di Garis Rambut

Jika lokasi kemunculan di garis rambut, mungkin bukan pertanda masalah kesehatan dari jerawat tapi lebih ke cara membersihkan wajah sehari-hari. Penyebabnya karena make up tidak dibersihkan dengan benar, atau area ini sering terlewat saat mencuci wajah.

Solusinya, hapus make up dengan micellar water atau cleansing balm hingga luruh. Kemudian cuci wajah hingga ke garis rambut. Lakukan eksfoliasi setiap seminggu sekali menggunakan exfoliating toner dengan kandungan AHA/BHA/PHA.

Jerawat di Area Hidung

Jika muncul di area hidung, pertanda masalah kesehatan dari jerawat kemungkinan pencernaan kurang baik. Kamu mungkin sering mengalami sembelit, sehingga jerawat muncul di sekitar hidung.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Solusinya kurangi konsumsi daging, makanan pedas, dan minuman es. Disarankan perbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah, serta minum air hangat untuk melancarkan pencernaan.

Jerawat di Sekitar Bibir

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan makanan pedas bisa menyebabkan jerawat muncul di sekitar bibir. Selain itu, pasta gigi yang mengandung fluoride terlalu banyak juga berpengaruh pada kondisi kulit. Kamu sebaiknya menggunakan face wash terakhir agar sisa-sisa pasta gigi yang mungkin menempel di wajah dapat dibersihkan.

Penyebab jerawat di sekitar bibir adalah makanan pedas dan gorengan, maka kamu bisa mengubahnya menjadi sayuran atau buah-buahan. Saat ini juga banyak dijual fruit salad atau desert dengan kreasi buah-buahan yang lebih enak disantap.

Jerawat di Pipi

Pertanda masalah kesehatan dari jerawat jika muncul di pipi kiri, karena kemampuan tubuh membuang racun menurun atau peredaran darah tidak lancar. Jika kinerja liver menurun, maka perbanyak istirahat dan kurangi stress.

Sedangkan apabila jerawat muncul di pipi kanan, maka itu pertanda gangguan pernafasan atau radang tenggorokan. Kamu perlu merawat tenggorokan dengan memakan buah mangga, talas, atau seafood.

Jerawat di Dagu

Kemunculan jerawat di dagu berhubungan dengan produksi hormon berlebih, terutama bagi wanita menjelang menstruasi. Sebaiknya kurangi minum es dan konsumsi suplemen anti inflamasi, beberapa di antaranya yang mengandung vitamin A, vitamin B6, dan Zinc. Kandungan Zinc dapat membantu tubuh dalam membersihkan diri dari racun, sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Itulah pertanda masalah kesehatan dari jerawat yang perlu kita ketahui untuk hidup sehat. Ketika jerawat datang, jangan biarkan hilang sendiri karena mengabaikan hanya akan meninggalkan bekas luka yang susah hilang. Gunakan produk jerawat untuk merawat kulit wajah. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu