Perut Terasa Perih dan Cara Mengatasinya yang Tepat Tanpa Ribet

perut terasa perih
Kenali penyebab perut terasa perih. Foto: Ist/Net

Sering mengalami perut terasa perih? Ya, hampir semua orang pernah merasakan perut perih, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Untuk cara mengatasi perut perih yang tepat sebaiknya kenali faktor penyebabnya.

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan gangguan perut ini. Baik karena salah makan, terlambat makan, maupun karena adanya masalah pada organ-organ saluran pencernaan.

Namun demikian ada penyebab yang juga dapat menyebabkan gangguan pada perut ini, seperti keracunan makanan dan infeksi. Penyebab ini termasuk yang sering terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Gangguan perut terasa perih memang bukan termasuk penyakit serius. Tetapi pada kenyataannya kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Sehingga kita akan terganggu aktivitasnya.

Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi perut nyeri dan perih yang tepat. Harapannya tentunya agar sakit yang Anda derita segera sembuh. Untuk itu yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Baca Juga : Manfaat Jus Buah Sayur, Redakan Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Cara Mengatasi Perut Terasa Perih

Banyak cara yang bisa kita coba untuk mengatasi gangguan pada bagian perut. Baik dengan obat dari apotek maupun dengan bahan herbal. Namun biar lebih aman Anda sebaiknya lebih menggunakan bahan-bahan alami.

Anda tak perlu khawatir sebab penggunaan bahan herbal untuk mengatasi perut perih lebih aman dan tanpa efek samping yang berbahaya. Yuk langsung saja berikut ini cara mengatasi perut terasa perih secara alami.

Cuka Sari Apel

Bahan herbal pertama untuk mengatasi nyeri pada perut adalah cuka sari apel. Selain aman, untuk mendapatkan cuka sari apel pun terbilang mudah. Anda bisa membeli cuka sari apel ke toko atau supermarket terdekat.

Namun apabila Anda kurang suka dengan rasa asam yang terlalu kuat Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok teh madu murni. Minum campuran cuka sari apel tersebut secara perlahan.

Cuka sari apel dipercaya dapat menjadi obat perut perih yang ampuh. Sebab herbal ini mengandung karbohidrat kompleks yang tak larut dengan air. Sehingga dapat membantu mengatasi kelebihan patih dalam proses pencernaan.

Baca Juga : Sakit Perut Bagian Bawah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jahe

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi perut terasa perih adalah jahe. Ini merupakan bahan herbal yang memiliki potensi untuk mengatasi beberapa masalah pada pencernaan, salah satunya gangguan perut.

Menariknya, sudah sejak dulu jahe kita gunakan sebagai obat mujarab yang mengandung anti peradangan. Kita tentunya juga sering minum jahe buatan nenek atau ibu untuk meredakan batuk atau flu.

Sebagai obat perut perih, Anda bisa mengunyah sedikit jahe secara berulang. Anda juga bisa menjadikan atau membuatnya sebagai minuman yang hangat dan menyegarkan.

Diet Brat

Apa itu diet Brat? Diet Brat sebenarnya merupakan singkatan dari Banana, Rice, Applesauce, Toast. Keempat jenis makanan sehat tersebut diklaim mampu membantu menenangkan perut yang perih.

Meski termasuk jenis makanan rendah serat, tetapi keempat jenis makanan tersebut kaya akan zat pengikat. Ini juga berguna untuk membantu meredakan gangguan yang ada.

Melaksanakan diet Brat memang akan terasa hambar. Namun program ini sangat berguna sekali untuk mereka yang mengalami sakit pada perutnya, termasuk perut yang terasa perih.

Baca Juga : Tanda Sakit Perut yang Perlu Diwaspadai

Daun Mint

Obat alami untuk perut terasa perih lainnya adalah daun mint. Dalam herbal ini terkandung mentol yang berperan penting sebagai analgesik alami. Kandungan tersebut terbukti dapat membantu mengurangi rasa perih pada perut.

Untuk mengatasi perut perih dengan daun mint gampang banget. Anda bisa menyeduhnya dengan air putih hangat. Setelah itu tinggal meminum air daun mint secara teratur.

Cara Mengatasi Perut Terasa Perih Lainnya

Selain dengan beberapa bahan herbal tersebut, Anda juga bisa meredakan perut perih yang Anda derita dengan melakukan beberapa tindakan penanganan seperti berikut ini.

  • Tidak mengonsumsi makanan pemicu perut perih
  • Makan dengan porsi yang cukup, yakni tidak terlalu sedikit atau pun berlebihan.
  • Berbaring setelah makan setidaknya 2 jam
  • Istirahat yang cukup
  • Menggunakan bantal penghangat
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman bersoda
  • Mengunyah permen karet
  • Tidak makan terlalu cepat

Demikian beberapa cara mengatasi perut terasa perih yang tepat dan bisa Anda lakukan. Bahan-bahan alami tersebut mudah kita dapatkan dan harganya juga sangat terjangkau. Penanganan yang cepat membantu mencegah kondisi menjadi parah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah