Meski Mudik Dilarang, Ponpes Darussalam Ciamis Tetap Pulangkan Santri

Ponpes Darussalam Ciamis Tetap Pulangkan Santri
Pengasuh Ponpes Darussalam Ciamis, KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi. Foto:Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski ada larangan soal mudik lebaran, namun Pondok Pesantren atau Ponpes Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tetap akan memulangkan santrinya.

Pengasuh Pesantren Darussalam Ciamis, KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, membenarkan hal tersebut Senin (26/4/2021).

Kata Fadlil, pihaknya berani memulangkan santrinya karena para santri tersebut telah melakukan tes rapid antigen dan swab PCR.

“Kita sudah siapkan kepulangan para santri, dan Insyaallah akan pulang awal bulan Mei ini. Selama di pesantren mereka telah di swab PCR jadi steril dan mudah-mudahan aman,” ujar Kang Icep (sapaan akrabnya).

Baca Juga: Santri Ponpes Darussalam Ciamis Berdoa Untuk Awak KRI Nanggala 402

Ia menjelaskan, teknis kepulangan para santri nantinya akan dijemput langsung ke Ponpes Darussalam oleh keluarga menggunakan kendaraan pribadi.

Meskipun tidak ada orang tua santri yang bisa menjemput secara langsung, pihaknya akan menyiapkan kendaraan sewa seperti bus yang telah disemprot disinfektan.

“Kita mengantarkan para santri ini tidak tercampur dengan penumpang umum, makanya kami akan sewa bus untuk mengantarkan santri kami,” jelasnya.

Kang Icep menambahkan, jika nanti diperjalanan ada penyekatan, para santri dari Ponpes Darussalam Ciamis telah membawa surat izin keluar masuk.

Menurutnya, Wakil Presiden Juga telah memberikan kelonggaran bagi para santri agar dapat mudik atau pulang kampung saat lebaran.

“Sebelum ada instruksi dari Wakil Presiden, kita juga telah menyiapkan seluruh aturan semuanya mengenai protokol kesehatan seperti halnya tes swab PCR dan surat izin keluar masuk dari pesantren,” pungkas Kang Icep. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang