Naik Kelas, Produk UMKM Jabar Masuk Hotel Berbintang

Produk UMKM Jabar
Produk UMKM Jabar kini bisa masuk hotel berbintang. Setelah adanya penandatanganan kerja sama SMESCO Indonesia dengan The Papandayan Hotel Bandung, Jumat (2/3/2021). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Produk UMKM Jabar kini bisa masuk hotel berbintang. Setelah adanya penandatanganan kerja sama SMESCO Indonesia dengan The Papandayan Hotel Bandung, Jumat (2/3/2021). 

“Tentunya hal ini adalah kabar baik untuk meningkatkan dan mendorong UMKM naik kelas,” ujar Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

Produk UMKM Jabar dapat dipajang serta dijual di setiap hotel berbintang. Sehingga hal ini bisa menumbuhkan semangat para UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk. Kerja sama ini pun sebagai bentuk dukungan dalam menggencarkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). 

Pemprov Jabar pun berkomitmen dalam mensukseskan Gernas BBI dalam membangkitkan UMKM. Salah satu fase pemulihan ekonomi Jabar untuk UMKM. 

Selain itu, Pemprov Jabar pun gencar mendorong UMKM agar memasarkan produknya pada marketplace. Jawa Barat punya marketplace dengan sasaran yang belanjanya ASN yakni borongdong.id. semua ASN bisa membeli produk UMKM pada marketplace tersebut. 

Inovasi tersebut hasil dari kolaborasi antara Pemprov Jabar bersama Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jabar seta bank bjb. 

Sementara itu, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI, meminta agar UMKM Jabar dapat meningkatkan kualitas produknya supaya hotel berbintang dapat menerimanya. 

“Ini adalah hal yang bagus dalam memasarkan produk UMKM yang biasanya hanya mengisi warung biasa. Sehingga produk UMKM dapat menarik minat tamu hotel,” katanya. 

Menurutnya, apabila semua hotel memberikan tempat khusus istimewa untuk produk UMKM Jabar dan daerah lain maka akan memiliki brand yang kuat. 

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO,  menuturkan pihaknya berupaya untuk terus memasarkan produk UMKM secara offline dan online. Termasuk melakukan kerja sama dengan hotel berbintang.

“Kerja sama ini baik untuk kemajuan UMKM, semoga bisa bermanfaat lebih besar lagi,” jelasnya. (R9/HR-Online) 

Editor: Dadang