Minat Pria di Ciamis Ikuti Program Kontrasepsi Permanen Tinggi

program kontrasepsi permanen
Kepala Dinas P2KBP3A Ciamis, Dian Budiyana. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Minat pria untuk mengikuti program kontrasepsi permanen atau vasektomi di Kabupaten Ciamis terbilang sangat tinggi.

Kepala Dinas P2KBP3A Ciamis, Dian Budiyana, mengatakan, pihaknya di tahun 2020 menargetkan hanya 20 orang saja, namun pada kenyataannya justru mencapai 25 orang.

“Sebenarnya target kita itu 20, tapi nampaknya antusiasnya begitu tinggi sehingga ada penambahan sukarelawan sebanyak 5 orang,” katanya, Rabu (14/4/2021).

baca juga: Tanpa Prokes, Kerumunan di Bank BNI Banjarsari Ciamis Disorot

Ia menambahkan, syarat untuk bisa mengikuti program kontrasepsi permanen tersebut tidak sembarang orang.

Pasalnya, harus mendapatkan persetujuan pihak keluarga, mempunya anak minimal 3 dan paling kecil berusia 3 tahun, istrinya memang tidak cocok KB serta tidak ada paksaan.

Menurutnya, hingga saat ini vasektomi di Ciamis cukup lancar. Pasalnya, penerima yang menerima operasi tidak ada yang gagal setelahnya.

“Kita berikan arahan seperti melakukan hubungan intim 20 kali itu menggunakan kondom. Alhamdulillah belum ada laporan gagal. Jadi, program pengendalian penduduk ini terbilang sukses,” imbuhnya.

Pihaknya pun mengajak masyarakat di tahun 2021 ini bila ada yang berminat program kontrasepsi permanen untuk datang ke UPTD P2KBP3A di tiap kecamatan. (Fahmi/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid