Promosi Secara Online, Ini Strateginya yang Paling Efektif

promosi secara online
Strategi promosi secara online. Foto: Ist/Net

Promosi secara online yang tepat akan menentukan sukses sebuah bisnis. Namun ini membutuhkan strategi berdasarkan riset yang kita lakukan. Apalagi promosi online mampu menjangkau target pasar yang sangat luas.

Era digital seperti sekarang ini telah mengubah strategi penjualan suatu produk maupun jasa. Tak heran banyak sekali orang yang mulai mempelajari bagaimana cara promosi melalui internet yang tepat dan berhasil.

Melakukan promosi atau kampanye melalui internet bisa kita lakukan dengan berbagai platform. Selain sosial media yang sangat populer, anda juga bisa memanfaatkan website, Google, hingga berbagai media iklan online.

Namun agar promosi yang kita lakukan efektif tentunya penting menguasai masalah ini. Karena jika anda tidak mempelajari cara promosi secara online yang benar, maka produk atau jasa yang anda tawarkan tidak akan terjual maksimal.

Baca Juga: Cara Promosi Jualan Online yang Efektif Tanpa Perlu Biaya Besar

Strategi Promosi Secara Online

Ada banyak platform media sosial yang menyediakan peluang untuk memulai bisnis online anda. Anda hanya perlu menerapkan strategi yang tepat dalam melakukan promosi melalui dunia maya.

Lantas bagaimana kampanye produk yang berhasil? Berikut beberapa strategi promosi secara online yang bisa anda lakukan untuk mendongkrak penjualan dan menyukseskan bisnis online anda.

Melakukan Promosi Melalui Marketplace

Marketplace merupakan platform tempat barang-barang dijual secara online yang memiliki jangkauan yang luas. Ada banyak sekali jenis marketplace yang ada di Indonesia. Seperti Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya.

Cara mendaftarkan produk anda melalui marketplace terbilang sangat mudah. Anda cukup membuat akun pada salah satu marketplace. Caranya dengan mengisi formulir, dan melakukan verifikasi akun.

Setelah terverifikasi, selanjutnya Ada tinggal mengupload produk-produk anda melalu lapak maretplace tersebut. Promosi melalui marketplace dapat menekan biaya pemasaran produk, sehingga anda dapat menghemat pengeluaran biaya anda.

Baca Juga: Istilah Promosi Bisnis Online yang Sering Digunakan Saat Jual Produk

Promosi Melalui Web atau Blog

Jika anda sudah memiliki perusahaan yang cukup berkembang, maka menggunakan web atau blog sebagai media promosi secara online adalah cara yang serius untuk mengembangkan bisnis.

Sudah banyak pelaku bisnis yang menerapkan cara ini dan terbukti berhasil melebarkan bisnisnya. Melakukan promosi online melalui website perlu memperhatikan tampilan agar terlihat menarik dan nyaman serta sesuai dengan keinginan konsumen.

Selain itu anda juga bisa menerapkan stragi promosi dengan diskon atau cashback untuk menarik konsumen datang mengunjungi website anda.

Menggunakan E-mail Marketing

Tentu pada era sekarang ini semua orang memiliki email, baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan atau administrasi lainnya. Melihat peluang ini maka anda dapat memanfaatkannya sebagai media untuk promosi secara online.

Untuk menerapkan strategi ini anda bisa menginstal aplikasi Mailketing. Hanya dengan sekali mengirim email, maka email promosi anda akan tersebar dan menyasar ke data base yang terdaftar.

Memang tidak semua orang yang menerima email anda akan membeli produk anda. Tetapi dengan upaya ini anda sudah bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Memanfaatkan Google Adword

Google merupakan mesin pencari paling sering digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan cara ini, produk anda akan menjadi rekomendasi paling atas ketika orang lain mencari produk sesuai keyword yang anda gunakan.

Memanfaatkan fitur ini memang memerlukan sedikit biaya. Namun jika sudah anda terapkan, maka kemungkinan produk anda untuk dilihat banyak orang semakin besar. Sehingga peluang produk untuk terbeli juga akan semakin besar.

Membuat Video Promosi di YouTube

YouTube kini telah menjadi platform yang sering mendapat kunjungan banyak orang. Dengan begitu platform ini juga memiliki potensi untuk kita manfaatkan guna melakukan promosi secara online.

Langkah yang bisa anda mulai adalah dengan membuat video promosi yang kreatif. Cara ini memang memerlukan kreativitas dalam membuat video promosi yang menarik.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menyewa jasa pembuat video promosi kreatif. Sehingga video anda akan bisa memiliki views yang tinggi dan kemudian tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Itulah beberapa strategi promosi secara online yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk anda. Jadi tunggu apalagi, mulailah untuk mengembangkan bisnis anda dengan mengampanyekan produk anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. (R11/HR Online)

Editor: Jujang