Promosi Wisata Ciamis, BP2D dan FT Unigal Tanda Tangani MOU

MOU BP2D Ciamis
Penandatanganan MOU Kerjasama BP2D Ciamis dengan Fakultas Teknik Unigal Ciamis di Plaza Kuliner Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Ciamis, Selasa (27/04/2021). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Penandatanganan MOU Kerjasama BP2D Ciamis dengan Fakultas Teknik (FT) Unigal Ciamis berlangsung di Plaza Kuliner Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Ciamis, Selasa (27/04/2021). 

Penandatanganan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor dan Dekan serta para Ketua Prodi di lingkungan Fakultas Teknik Unigal Ciamis. 

Dekan Fakultas Teknik Unigal Ciamis, R. Kusuma Ningrat, S.T., M.T. menjelaskan, kerjasama ini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Mengingat bahwa Fakultas Teknik Unigal merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Galuh Ciamis bersamaan dengan berdirinya Universitas Galuh. 

“Fakultas Teknik didirikan dalam rangka menjembatani minat masyarakat tatar Galuh Ciamis dalam bidang engineering. Terutama bidang dari Teknik Industri, Sipil, Mesin dan Sistem Informasi. Semakin berkembangnya teknologi perlu diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan profesional,” katanya.

Menurut kusuma, Fakultas Teknik mempunyai Visi, Misi dan Tujuan dalam pembentukan sumber daya manusia yang memiliki pola pikir kreatif, konstruktif dan inovatif sehingga mampu menjawab tantangan di masa depan.

“Kerjasama ini akan sangat bermanfaat sekali dalam kegiatan promosi. Dalam kajian kerja praktek, kami bisa melakukan kunjungan langsung ke lapangan supaya mendapatkan data yang akurat. Ada juga program yang akan kita kembangkan untuk ke depannya yang berkesinambungan dengan tugas akhir mahasiswa,” ucapnya.

MOU Kerjasama BP2D Ciamis dan FT Unigal Dinilai Sangat Penting

Dr. Yat Rospia Brata M.Si selaku Rektor unigal menyampaikan pentingnya kerjasama ini untuk menjawab tantangan era global. Dalam hal ini, menurut Yat perlu manajemen pentahelix yang melibatkan beberapa sektor. Tidak hanya pemerintah Dinas Pariwisata juga BPPD, Akademisi, Praktisi dan stake holder lainnya. 

“Penandatanganan MOU ini diharapkan akselerasi Promosi Pariwisata bisa lakukan secara menyeluruh demi kemajuan daerah tentunya. Terutama sektor pariwisata merupakan salah sektor penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BP2D Ciamis, Drs. Endang Haris Juandana, MM, mengatakan, 

kerjasama antara kedua belah pihak ini dilakukan untuk mewujudkan sinergitas antara Fakultas Teknik Unigal dan BP2D Ciamis dalam berbagai promosi pariwisata, mulai dari promosi ekraf sampai bidang pemasaran.

“Kerjasama ini bukan diada-adakan, tetapi memang banyak sekali yang bisa dikerjakan bersama. Untuk lebih lanjutnya nanti bisa kita lihat saja per poin-poin,” tandasnya. 

Budi Kurnia, S.Ag., M.M., Sekdis Pariwisata mengatakan, Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi kerjasama ini.

“Kami hanya ingin ikut serta mendukung dan mengembangkan sektor pariwisata menjadi prioritas di Indonesia yang sekarang ini mampu menjadi penyumbang devisa kedua di Indonesia.

Sektor pariwisata dipercaya mampu menggerakan roda perekonomian. Hal tersebut salah satunya dapat diukur dari jumlah kunjungan dan jumlah uang yang dihabiskan oleh wisatawan di Ciamis.

Maka dari itu, perguruan tinggi pun perlu ikut serta berperan dalam kemajuan industri pariwisata agar dapat memaksimalkan promosi yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Karena dengan adanya penggunaan teknologi, kegiatan promosi dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

“Bentuk dari kerjasama antara BP2D Ciamis dan Fakultas Teknik Unigal ini akan dikemas semaksimal mungkin untuk mewujudkan tujuan bersama,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu