Puasa Tanpa Sahur Bukan Alasan untuk Anda Bisa Membatalkan Shoum

Puasa Tanpa Sahur Bukan Alasan untuk Anda Bisa Membatalkan Shoum
Ilustrasi: Puasa Tanpa Sahur. Foto: Ist/Net

Puasa tanpa sahur, bagaimana hukumnya? Banyak sekali yang menanyakan hal tersebut. Banyak juga yang mengkhawatirkan, gimana ya puasaku, kan aku nggak makan sebelum fajar, diterima nggak ya? Hal tersebut selalu saja terulang saat tiba bulan Ramadhan.

Pada kenyataannya makan sebelum fajar adalah sebuah amalan yang menjadi anjuran bagi umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut juga mempunyai alasan supaya puasa satu hari penuhnya tetap kuat sampai nanti waktu berbuka itu tiba.

baca juga: Amalan Menjelang Puasa, Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan

Puasa Tanpa Sahur, Apakah Diterima Allah SWT?

Perlu anda ketahui beberapa orang berpendapat tentang sahur merupakan inti puasa. Dengan demikian berarti mereka tidak akan berpuasa jika tidak makan sahur.

Padahal dalam sebuah hadits sudah dijelaskan bahwa:

Berarti bagaimana jika puasa tanpa sahur, apakah tetap sah?

Meskipun terdapat hadits tersebut akan tetapi, dalam ajaran agama islam tidak ada tuntunan jika inti dari shoum (puasa) itu adalah sahur. Bukankah inti dari puasa itu menahan? Para ulama juga tidak berpendapat mengenai sahur itu menjadi inti dari puasa seseorang.

baca juga: Manfaat Tidur Siang saat Puasa yang Bisa Didapat Bagi Kesehatan Tubuh

Namun, hal tersebut juga membuat banyak umat islam yang membatalkan karena tidak makan saat sebelum fajar. Padahal membatalkan puasa tanpa adanya alasan yang jelas ataupun dengan alasan yang tidak dapat membenarkannya itu merupakan dosa besar.

Sahur itu memang dianjurkan, akan tetapi ia bukanlah sesuatu yang menjadi hukum tentang diterima atau tidaknya puasa seseorang itu. Makan sahur juga merupakan syarat inti dari Puasa.

baca juga: Hal yang Tidak Membatalkan Puasa Wajib Anda Ketahui

Bukan Termasuk dalam Sah Puasa

Ternyata sahur itu bukan termasuk dalam syarat sah puasa. Jadi meskipun kita tidak sahur, tetapi tetap kuat menahan segala hal yang dapat membatalkan shoum berarti kita tetap puasa. Dengan harapan semoga Allah menerima amalan baik kita tersebut. Allahumma Aamiin. Sudah paham kan ya mengenai puasa tanpa sahur bagaimana hukumnya? In syaa Allah ya, Dear.

Nah, supaya anda tahu apa saja syarat sah puasa, berikut ini penjelasannya. Syarat sah shoum yang pertama pastinya adalah agama Islam, berakal, baligh (bisa membedakan mana yang haq dan batil). Kemudian ada mampu, suci dari haid dan nifas, juga tahu kapan akan datangnya bulan Ramadhan.

Bahkan Rasulullah SAW juga tidak pernah mengajarkan mengenai syarat sahnya shoum itu sahur. Dengan demikian, berarti shoum seseorang itu akan tetap sah, meskipun tanpa ada makan  malamnya.

Keutamaan Makan Sahur Saat Puasa

Untuk anda yang masih suka shoum tanpa makan sebelum fajar. Segera gantilah kebiasaan anda dengan shoum tetap makan sebelum fajar. Meskipun bukan termasuk dalam syarat sah siyam, akan tetapi dengan anda bersahur dapat membantu memelihara kesehatan anda. Bahkan ada banyak keutamaan yang sahur miliki. Apa saja ya kira-kira keutamaanya? Mau tahu nggak? Kita simak yuk.

Waktu Terbaik untuk Memohon Ampunan

Dosa manusia yang tak kunjung habis tentunya membuat umat muslim memanfaatkan waktu sebelum fajar tersebut. Selain tidak membatalkan, puasa tanpa sahur juga akan membuat anda kehilangan waktu terbaik untuk bertaubat dan memohon ampunkan kepada Allah.

Hal ini terdapat dalam Firman Allah surat Ali Imran ayat 17:

Didoakan Oleh Malaikat

Memang tidak akan membatalkan puasa anda. Akan tetapi puasa tanpa sahur juga akan membuat anda rugi karena tidak mendapatkan doa dari para Malaikat Allah.

Mendapatkan doa sendiri merupakan keutamaan dari makan sebelum Fajar. Nah, jika anda tidak mampu untuk melakukan sedekah subuh, maka ganti saja dengan sahur ketika hendak siam.

Mengikuti Sunnah Rasul

Seperti penjelasan pada bagian awal tadi, bukankah sudah terdapat mengenai sahur merupakan anjuran dari Baginda Nabi SAW meskipun bukan termasuk dalam syarat sahnya shoum.

Dengan anda makan sebelum shoum berarti anda menaati perintah Rasul SAW. Akan tetapi jika anda shoum tanpa makan sebelum Fajar, maka sebaliknya.

Menjadi Pembeda

Salah satu keutamaan makan saat Shoum adalah menjadi pembeda dengan cara Siyam orang-orang terdahulu. Apabila anda masih melaksanakan puasa tanpa makan sebelum Fajar berarti belum bisa berfikir kedepan dan mengupgrade segala sesuatu yang sudah tertinggal jauh.

Nah, penjelasan mengenai puasa tanpa sahur tersebut sudah jelas bukan hukumnya bagaimana dan hendaknya kita juga harus seperti apa. Mari menjadi hamba Allah yang beruntung dan bisa memanfaatkan Ramadhan kali ini dengan maksimal. (Muhafid/R6/HR-Online)