Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita CiamisEmpat Desa di Pamarican Ciamis Raih Sertifikat Desa ODF

Empat Desa di Pamarican Ciamis Raih Sertifikat Desa ODF

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Empat desa di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapatkan sertifikat ‘Desa ODF’.

Keempat desa yang kini berstatus Open Defecation Free tersebut, antara lain Pamarican, Mekarmulya, Neglasari, serta Desa Kertahayu.

Kepala UPTD Puskesmas Pamarican, Tata Sudinta mengungkapkan, capaian tersebut adalah kado istimewa, yang menjadi target nasional sekaligus sebagai isu strategis.

“Yang lebih membahagiakan bagi seluruh jajaran pemerintahan Kecamatan Pamarican, yaitu ada 4 desa sebagai Desa ODF,” ungkapnya kepada HR Online, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, untuk meraih predikat ODF ini bukanlah pekerjaan mudah dan murah.

“Sebab, butuh keuletan, kesabaran dan strategi dalam menjawab setiap tantangan,” katanya saat sambutan deklarasi ODF yang bertema ‘Kami Bangga Desa Ku Sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan’, yang bertempat di aula kantor Kecamatan Pamarican.

Baca Juga : Empat Desa di Banjaranyar Ciamis Deklarasikan Desa ODF

Selain itu, Puskesmas Pamarican juga menghadirkan inovasi Kampanye Pentingnya Arti Sehat (KAPAS) Saba Desa.

Inovasi tersebut telah mampu membangkitkan kesadaran kolektif di setiap kalangan untuk berperan aktif. “Dan juga mewujudkan masyarakat yang sehat, terutama dalam buang air besar sembarangan,” terangnya.

Lebih lanjut Tata menuturkan, selama 4 bulan berproses atau terhitung sejak awal Juli 2020, sebanyak 1993 jamban selesai dibangun secara mandiri. Bahkan, warga sudah memanfaatkan jamban tersebut, untuk mengawali perilaku hidup bersih dan sehat.

“Berbagai penerapan teknologi tipe jamban keluarga juga telah kami dapatkan. Dan inilah pembelajaran berharga dalam mengemas kreativitas berbasis kearifan lokal, hingga proses verifikasi sebagai syarat mendapatkan status Desa ODF,” tuturnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto