Rambut Beruban Lebih Cepat, Kenali Beberapa Faktor Pemicunya!

Rambut Beruban
Rambut beruban lebih cepat, kenali beberapa faktor pemicunya! Foto: Net/Ist.

Rambut beruban lebih cepat bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Biasanya uban sebagai salah satu tanda penuaan yang muncul pada seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Rambut yang sebelumnya hitam jadi memutih.

Namun, dalam beberapa kasus ada pula orang-orang yang rambutnya beruban lebih cepat, bahkan saat usianya masih muda.

Dalam kasus tersebut, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Faktor keturunan adalah salah satunya, yang mana orang tua juga sama-sama memiliki uban di rambut lebih cepat.

Tetapi selain faktor genetis, terdapat pula sejumlah hal lainnya yang membuat rambut seseorang cepat memutih. Seperti yang dirangkum HR online dari berbagai sumber, berikut ini penyebab rambut cepat memutih selain faktor genetis.

9 Faktor Pemicu Rambut Beruban Lebih Cepat

Perubahan Hormon

Baca Juga : Makanan Penyebab Rambut Cepat Beruban Mesti Anda Hindari!

Ketika perubahan hormon terjadi pada tubuh, berbagai perubahan pun bisa muncul, termasuk perubahan pada rambut. Sejumlah perubahan itu antara lain seperti tekstur serta ketebalan rambut, dan juga warna rambut yang berubah jadi memutih.

Merokok

Merokok menjadi salah satu faktor pemicu rambut beruban lebih cepat. Tak hanya perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Dari dua hal tersebut bisa menyebabkan kesehatan rambut terganggu.

Pasalnya, paparan asap rokok dapat membuat rambut lebih cepat memutih. Hal ini bisa terjadi lantaran tingkat radikal bebas terkandung dalam rokok sangat tinggi.

Polusi Udara

Kandungan racun dan polusi yang telah mengkontaminasi udara bisa menjadi penyebab rambut beruban lebih cepat. Sama halnya seperti rokok, yang mana radikal bebas pada polusi udara menjadi faktor pemicu tumbuhnya uban.

Stres

Berbagai gangguan pada kondisi kesehatan seseorang yang sedang mengalami stres akan muncul satu per satu. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan rambut rontok atau berubah dengan cepat.

Baca Juga : Mengatasi Rambut Uban Secara Alami Agar Tidak Tumbuh Lagi

Penyakit Autoimun

Pemicu rambut beruban beruban lebih cepat selain karena faktor udara dan asap, juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Seseorang yang menderita penyakit autoimun bisa mengalami kerontokan rambut, atau bisa juga rambutnya berubah memutih dalam waktu sangat singkat.

Sejumlah masalah tersebut bisa menjadi faktor pemicu rambut beruban dalam jangka waktu yang singkat. Oleh karena itu, waspadai beberapa hal tersebut karena bisa mempengaruhi terhadap kondisi kesehatan rambut kamu.

Kekurangan Vitamin Tertentu

Pemicu rambut beruban lebih cepat juga bisa akibat tubuh kekurangan vitamin tertentu. Karena, jika kekurangan asupan vitamin B6, B12, vitamin D, vitamin E, dan biotin dapat memicu munculnya uban lebih dini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan fakta unik bahwa, kadar kolesterol HDL serum ferritin, dan vitamin B12 pada responden usia di bawah 25 tahun cenderung lebih rendah.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa, kekurangan vitamin B12 dan D3 dapat menjadi penyebab rambut beruban.

Baca Juga : Jangan Dicabut! Lakukan Hal Ini Jika Rambut Mulai Tumbuh Uban

Kondisi Medis Tertentu

Adanya kondisi medis tertentu, seperti terjadinya gangguan fungsi tiroid bisa menjadi salah satu faktor yang memicu uban muncul lebih cepat saat usia muda.

Selain itu, rambut cepat memutih bisa juga akibat kondisi vitiligo, yakni matinya sel pigmen melanin, Padahal sel ini berperan penting untuk pewarnaan rambut.

Efek Pemakaian Produk Perawatan Rambut

Hati-hati dengan produk perawatan rambut, baik shampo, pewarna rambut, maupun produk rambut lainnya karena bisa juga menjadi pemicu rambut beruban lebih cepat.

Beberapa produk perawatan rambut mungkin saja mengandung zat kimia berbahaya dan berisiko dapat mempengaruhi terhadap produksi melanin.

Efek dari bahan kimia berbahaya bisa mengakibatkan berkurangnya produksi melanin. Termasuk menyebabkan rambut cepat beruban.

Bahan kimia berbahaya salah satunya hidrogen peroksida yang banyak terdapat dalam produk pewarna rambut. Bahan kimia tersebut bisa memicu munculnya uban lebih cepat jika pemakaiannya berlebihan.

Neurofibromatosis

Penyebab rambut beruban lebih cepat dapat terjadi jika kamu mengalami neurofibromatosis. Ini merupakan penyakit bawaan sejak lahir yang menyebabkan tumbuhnya tumor di sepanjang saraf.

Selain itu, seseorang yang menderita penyakit bawaan ini juga akan mengalami perkembangan tulang maupun kulitnya tidak normal.

Meskipun tidak berbahaya, namun uban yang muncul saat usia muda tentunya bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui faktor yang menjadi pemicu uban muncul lebih cepat, dan cara menghindarinya. Jika perlu, konsultasi dengan dokter guna mengetahui diagnosis serta penanganannya yang tepat. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah