Recycle Bin Android 12 Fitur Baru Google dengan Cara Kerja Menarik

Recycle Bin Android 12 Fitur Baru Google dengan Cara Kerja Menarik
Ilustrasi Recycle Bin Android 12. Foto: Ist/Net

Recycle Bin Android 12 kabarnya menjadi fitur terbaru di Android. Padahal biasanya fitur tersebut hanya ada pada sistem operasi desktop saja.

Penemuan fitur yang satu ini, mampu memeriksa beragam kode Android 12. Fitur ini rilis tahun ini dan bisa anda temukan pada pengaturan Storage.

Sayangnya, fitur yang akan rilis tahun ini masih bisa ditarik kapan saja. Sebab, masih dalam pengembangan saja.

Baca Juga : Fungsi Fitur Hibernasi Android 12, Sebagai Alternatif Menghemat Memori

Padahal Google juga telah menghadirkan fitur yang mirip bernama Scoped Storage. Fitur tersebut mampu membatasi akses penyimpanan yang ada dari aplikasi secara default.

Ada juga aplikasi pengelola file yang mampu mengakses penyimpanan perangkat. Namun, aplikasi lain harus menggunakan API alternatif untuk dapat membuka, menghapus, hingga mengedit file penyimpanan.

Dengan adanya fitur Recycle Bin, membuat ruang penyimpanan lebih banyak. Hal ini membuat pengguna smartphone Android merasa puas.

Fitur sampah atau Recycle Bin memang hadir sebagai fitur Google yang berfungsi cukup penting. Pada umumnya fitur yang satu ini hanya terdapat pada sistem operasi desktop.

Namun, kini sudah tidak lagi. Saat ini Recycle Bin sudah bisa anda temukan dalam pembaruan Android 12. Anda bisa menemukan fitur di Android pada pengaturan Storage.

Cara Kerja Recycle Bin Android 12

Android menjadi perangkat yang hadir cukup populer dan selalu berkembang. Bahkan hingga saat ini ada banyak pembaruan fitur menarik.

Salah satunya yaitu berita baru fitur Android 12 dengan merilis recycle bin. Sehingga mampu mengembalikan data yang telah terhapus.

Dengan hadirnya fitur baru Android ini mampu membuat penggunanya merasa senang. Sebab, dengan adanya fitur yang satu ini akan memberikan banyak kemudahan.

Baca Juga : Fitur Baru Android 11 Versi Pengembang Sudah Bisa Dicoba

Lantas bagaimana cara kerjanya? Untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya berikut ini ada beberapa penjelasan yang bisa anda ketahui.

Recycle Bin Android 12 memiliki cara kerja memulihkan file yang telah terhapus. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi ketika file telah terhapus masih bisa kembali lagi.

Semua file yang telah terhapus telah tersimpan pada Recycle Bin. Bahkan belum akan terhapus secara permanen.

File yang telah anda hapus akan tersimpan kurang lebih 30 hari lamanya. Jika sudah melebihi waktu tersebut, maka file tersebut akan terhapus secara permanen.

Fitur Recycle Bin Membuat Ruang Penyimpanan Lega

Recycle Bin Android 12 menjadi salah satu fitur baru yang akan rilis di tahun ini. Meski masuk dalam pembaruan dan bisa ditarik kapan saja, fitur tersebut membawa angin segar.

Sebab, ketika anda tidak sengaja menghapus file masih bisa kembali dan tidak hilang. Hal ini karena file yang satu ini mampu bertahan hingga 30 hari lamanya.

Baca Juga : Aplikasi Screen Recorder Android Ukuran Ringan dan Beragam Fitur

Setelah itu, baru akan terhapus secara permanen. Ketika terhapus secara permanen file tidak bisa kembali lagi. Google telah menghadirkan fitur tersebut dengan tujuan agar ruang penyimpanan cukup lega.

Dengan adanya Recycle bin ini mampu memperlihatkan jumlah file yang telah terhapus. Selain itu, memberikan kemungkinan besar tempat penyimpanan kosong.

Tempat Penyimpanan Recycle Bin

Anda bisa menggunakan fitur Recycle Bin 12 pada ruang penyimpanan di pengaturan. Sehingga ketika anda membuka sampah Android 12 akan muncul dan memberitahukan berapa banyak jumlahnya.

File yang terhapus pada sistem mampu membuat ruang penyimpanan kosong. Sehingga fitur tersebut mampu menyimpan file sampah dalam sistem operasi desktop.

Hal ini hampir sama dengan operasi Windows atau MacOS. Seperti yang sudah terungkap sejak awal, jika ada juga fitur mirip Recycle Bin yang membutuhkan API tambahan.

Salah satu API tersebut bernama MediaStore. Aplikasi ini mampu mengakses ke file media umum. Misalnya video, audio, bahkan gambar sekalipun.

Namun, sayangnya Android 11 ini tidak memiliki Recycle Bin seperti fitur baru ini. Sehingga tidak bisa mengembalikan file yang telah terhapus.

Dengan adanya fitur baru Android ini membantu memudahkan penggunanya. Sebab, ketika ada file yang masuk dalam ruang sampah anda masih bisa menemukannya kembali.

Dengan catatan tidak melebihi batas waktu 30 hari. Ada banyak fitur menarik yang ada di Android dan bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Salah satu yang akan rilis di tahun ini yaitu fitur Recycle Bin Android 12. Dimana ruang penyimpanan akan kosong dan pindah pada tempat sampah atau trash. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto