Rem Mobil Berbunyi Saat Diinjak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rem Mobil Berbunyi saat Diinjak
Ilustrasi Rem Mobil Berbunyi saat Diinjak. Foto: Ist/Net

Rem mobil berbunyi saat diinjak mungkin untuk sebagian orang akan terasa mengganggu. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dari munculnya masalah tersebut.

Kondisi jalanan yang kotor dan berdebu, bisa jadi salah satu dari sekian banyaknya penyebab masalah pada rem mobil tersebut. Akan tetapi berbagai penyebab dari masalah rem mobil ini dapat saja dengan mudah dalam penanganannya.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Hanya saja, mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bagaimana cara mendeteksi supaya penyebab rem mengeluarkan bunyi pada saat diinjak dapat segera diketahui serta dilakukan suatu penanganan yang tepat.

Ketahui Penyebab Rem Mobil Berbunyi Saat Diinjak dan Cara Mengatasinya

Rem pada mobil pada proses penginjakan seharusnya dapat terasa pakem. Pasalnya pengereman merupakan salah satu mekanisme yang cukup vital dalam sebuah kendaraan.

Tanpa adanya sistem pengereman yang mampu bekerja dengan baik, maka berkendara pun akan menjadi kurang aman serta tidak nyaman. Bahkan, gangguan paling parah pada sistem pengereman, salah satunya adalah rem blong.

Hal ini sangat beresiko tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, masalah yang terjadi ada sistem pengereman harus segera anda atasi.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi

Karena rem mempunyai peranan penting terhadap keselamatan berkendara. Selain adanya gangguan yang cukup gawat, terdapat pula beberapa gangguan yang bersifat krusial. Salah satu masalah yang sering muncul pada rem mobil, ialah mengeluarkan bunyi berdecit ketika anda injak.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, bukan berarti masalah ini dapat anda biarkan begitu saja. Apabila anda biarkan, rem yang berbunyi tentu akan sangat mengganggu kenyaman saat berkendara. Maka penting bagi anda untuk mengetahui penyebab rem berdecit dan cara mengatasinya.

Berikut ini beberapa penyebab rem mobil berbunyi saat anda injak dan solusi tepatnya antara lain:

Kotoran Menumpuk pada Rem Cakram

Salah satu penyebab rem mobil berdecit saat anda injak adalah adanya kotoran yang menempel pada cakram rem. Terkadang terdapat kotoran berupa tanah atau debu dapat mencapai cakram rem.

Apabila kotoran tersebut menumpuk, maka dapat menghalangi cakram serta kampas rem. Akibatnya, rem akan berdecit pada saat pedal anda injak.

Salah satu solusinya adalah dengan membersihkan kotoran yang terdapat pada rem cakram. Maka, penting bagi anda untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel serta menghalangi gerak cakram rem.

Rem Terkena Air dan Oli

Salah satu penyebab terjadinya rem mobil berbunyi saat anda injak adalah rem terkena oli atau air. Selain dapat menimbulkan bunyi yang cukup memekakkan telinga, dari segi keamanan pun juga terganggu dan sangat beresiko.

Pasalnya, saat melakukan pengereman akan membuat roda sulit untuk berhenti berputar secara benar. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan pembersihan dengan menggunakan sabun pada bagian cakram mobil yang terkena oli.

Baca Juga : Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Sedangkan untuk rem yang terkena air, anda cukup gunakan mobil beberapa saat. Maka secara otomatis, bunyi decit tersebut dapat menghilang karena air akan mengering dengan sendirinya.

Gangguan pada Rem Tromol

Komponen tromol juga menjadi hal wajib untuk anda pahami. Terdapat beberapa mobil yang masih menggunakan rem tromol pada bagian roda belakang.

Sama halnya dengan rem cakram, rem tromol juga dapat mengalami gangguan. Salah satunya adalah kotoran yang menempel pada permukaan rem berupa debu, tanah atau gumuk minyak rem.

Untuk mengatasinya, tidak terdapat cara lain selain membersihkannya. Dengan selalu membersihkan kotoran yang terdapat pada permukaan rem, maka kinerja tromol pun akan dapat normal kembali. Maka, pastikan rem tromol kendaraan anda tidak terhalang oleh tumpukan kotoran.

Kampas Rem Menipis

Alasan lain rem mobil berbunyi saat diinjak adalah kampas yang mulai menipis. Kampas rem merupakan salah satu komponen yang memiliki bentuk seperti bantalan.

Fungsi dari komponen ini adalah untuk memperlambat atau menghentikan piringan cakram yang berputar. Selain itu, kampas meredam putaran cakram rem hingga berhenti.

Putaran cakram sangat kencang, sehingga dapat mengikis permukaan kampas rem. Semakin sering anda menggunakan mobil serta menginjak rem, maka kampas pun cepat menipis.

Pada saat bantalan kampas rem sudah mengalami penipisan, maka rem cakram akan bergesekan secara langsung dengan bagian besi yang terdapat pada kampas rem. Oleh karena itu terjadilah masalah rem mobil berbunyi saat diinjak. Kondisi ini juga membuat daya pengereman menjadi lebih menurun. Supaya masalah tidak menjalar ke komponen lain, maka segera ganti kampas rem anda yang telah aus dengan baru. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto