Resep Bakso Kuah Semur dengan Bahan Seadanya

Resep Bakso Kuah Semur
Bakso Kuah Semur yang mengunggah selera. Foto: Ist/Net

Saat musim hujan susah ke mana-mana, solusinya bikin bakso kuah semur dengan bahan seadanya di kulkas. Makanan hangat yang berkuah akan cocok kita santap ketika cuaca dingin, apalagi jika ditemani juga dengan keluarga.

Untuk kamu yang ingin makan bakso tapi tak punya tetelan untuk kuah, maka bumbu semur bisa menjadi alternatif. Bumbu semur biasanya tersedia di kulkas, banyak ibu-ibu menyimpan persediaan untuk memasak. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuatnya.

Baca Juga: Seblak Sayur untuk Diet, Tidak Pakai Kerupuk

Bahan-bahan Bakso Kuah Semur

200 gr bakso sapi.

100 gr kentang.

1 sdt vetsin.

750 ml air.

6 sdm kecap manis.

½  sdt garam.

½  sdt pala.

3 sdm minyak goreng.

Bumbu halus bakso kuah semur:

2 siung bawang putih.

3 siung bawang merah.

2 bh kemiri.

20 ml air.

Cara Membuat

Pertama-tama, potong kentang menjadi dadu besar. Ukuran kentang bisa disesuaikan dengan selera. Jika Anda tidak menyukai dadu besar, bisa potong kecil-kecil agar lebih mudah memakannya. Kentang pada masakan ini berperan sebagai pengganti karbohidrat. Setelah dipotong-potong, sisihkan kentang pada mangkuk terpisah.

Baca Juga: Cara Membuat Mie Kocok Bandung Sederhana dan Praktis, Gurih di Lidah

Langkah selanjutnya blender bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, air). Jika tak ada blender bisa ditumbuk hingga halus. Pastikan semuanya sudah tercampur rata agar lebih mudah meresap saat memasak bakso kuah semur.

Panaskan minyak goreng di wajan, masukkan bumbu halus yang sudah kita siapkan tadi, kemudian tumis hingga harum. Hati-hati agar tidak terkena cipratan minyak saat memasak.

Kini saatnya memasukkan bakso, kentang, air, kecap manis, pala, aduk rata dan masak hingga kentang matang. Lalu tambahkan vetsin dan garam, aduk rata. Cicipi kuah sedikit lalu koreksi rasa jika ada yang kurang. Sajikan bakso kuah semur selagi hangat. 

Resep 2: Bakso Semur Ceker Pedas Manis

Bakso dengan bumbu semur bisa kita kreasikan dengan ceker pedas manis, terutama untuk kamu yang menyukai seblak. Lezatnya ceker pedas manis bisa kita masak sendiri di rumah dan akan terasa empuk ketika dikunyah. Bahan-bahan bakso ceker pedas manis:

Bakso sapi atau ayam 200 gram.

Ceker ayam 4.

Cabe rawit 20 biji.

Cabe merah 5 buah.

Tomat 1 buah.

Kemiri 3 buah.

Ketumbar 1 sdt.

Lada sachet 1 bks.

Jahe 1 cm.

Kunyit 1 cm.

Serai 1 potong.

Gula merah 1 buah.

Kecap manis 6 sdm.

Bawang bombay 1 siung.

Garam, minyak goreng, secukupnya.

Langkah Membuat

Sebelum membuat bakso kuah semur, panaskan air hingga mendidih lalu rebus ceker sampai matang agar terasa empuk dan renyah. Haluskan bumbu-bumbu yang telah kita siapkan sebelumnya dengan blender.

Panaskan minyak dalam wajan untuk menumis. Iris tipis bawang bombay, kemudian tumis hingga harum. Masukkan ceker dan bakso, tunggu hingga matang matang lalu tuang kecap. Selesai dan sajikan selagi hangat.

Banyak orang menyukai ceker pedas manis karena renyah di mulut dan juga akan sangat pas jika dimakan bersama bakso berkuah. Dengan kreasi masakan di rumah, Anda tidak perlu ke mana-mana karena semua bahan sudah tersedia di dapur. Selamat mencoba resep bakso kuah semur. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu