ROG Phone 5 Ultimate, HP Gaming Asus yang Akan Rilis Mei 2021

Asus ROG Phone 5 Ultimate
Smartphone gaming Asus ROG Phone 5 Ultimate. Foto : Net/Ist

ROG Phone 5 Ultimate yang merupakan smartphone gaming besutan Asus, kabarnya akan rilis pada bulan Mei 2021 nanti.

Sebagai bahan informasi, ponsel khusus game ini merupakan bagian dari ROG Phone 5 Series. Akan tetapi, sebelum seri Ultimate ini rilis, terlebih dulu hadir di pasaran adalah versi reguler dan Pro.

Baca Juga : HP ASUS ROG Phone 5 Sudah Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Tentunya kehadiran dari Phone 5 Ultimate dan saudaranya ini, bakal menjadi menjadi pesaing dari smartphone gaming lainnya, seperti Xiaomi Black Shark dan lainnya.

Spesifikasi Asus ROG Phone 5 Ultimate

Sebagai ponsel yang khusus untuk bermain game, sudah barang tentu bagian spesifikasi maupun fiturnya sangat mumpuni.

Pasalnya, vendor asal Taiwan ini tidak ingin pengguna setianya mengeluh bahkan kecewa, ketika menggunakan ponsel pintar besutan Asus ini mengalami kendala. Baik itu ketika bermain game kelas berat, maupun saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Penasaran spesifikasi apa saja yang ponsel ini bawa? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari GSM Arena, Minggu (18/4/2021).

Platform

Pada bagian dapur pacunya, ROG Phone 5 Ultimate ini menggunakan prosesor Snapdragon 888 5G (5nm) besutan dari Qualcomm.

Prosesor tersebut adalah yang terbaru dari Qualcomm. Karena sudah memadukan antara Snapdragon 888 dengan modem 5G, maka otaknya ini bisa menghasilkan  kecepatan internet dengan maksimal sampai 7,5 Gbps.

Sehingga tidak salah jika banyak vendor yang antre untuk menggunakan otak dari Qualcomm tersebut.

Selain ROG Phone 5 Ultimate, ternyata Samsung dengan seri Galaxy S21 Ultra, Black Shark 4, Realme Race, Xiaomi Mi 11 juga memakai prosesor Snapdragon 888 5G.

Sementara untuk mendukung performa dan kinerja, ponsel ini juga mendapat sokongan dari CPU Kryo 680 dengan kecepatan maksimal 2.84 GHz. Selain itu juga memakai GPU Adreno 660, sehingga grafis akan lebih nyaman dan nyata.

Kemudian pada sisi RAM, smartphone gaming besutan Asus ini memiliki kapasitas sampai 12 GB, dengan bantuan internal memori 512 GB.

Sehingga, bisa dipastikan dengan perpaduan tersebut maka ROG Phone 5 Ultimate akan makin nyaman ketika dipakai untuk bermain game kelas berat sekalipun.

Layar

Pendukung lainnya dari suatu ponsel gaming adalah pada sektor layar. Pasalnya, tidak akan nyaman ketika memakai ponsel untuk game dengan layar berukuran kecil dan resolusi rendah.

Nah, untuk Asus ROG Phone 5 Ultimate sendiri memiliki layar berukuran 6,78 inci, dengan resolusi 1080 x 2448 piksel.

Kemudian untuk panelnya sudah AMOLED, dengan jumlah warna 1B, dan refresh rate sampai 144 Hz plus HDR10+.

Baca Juga : HP ASUS Zenfone 7 Series, Ponsel 5G dengan 3 Kamera Bermodel Unik

Selain itu, buat pelindung pada bagian layarnya dari goresan dan sejenisnya, sudah menggunakan Corning Gorilla Glass Victus.

Sementara sensor sentuhnya juga memakai ROG Vision monochrome PMOLED display, yang tersimpan di belakang.

Daya Baterai

Selain prosesor, RAM dan layar, pendukung lainnya dari smartphone gaming adalah daya baterai. Sebab, apabila ponsel tersebut kapasitas baterainya kecil, maka tidak akan lama untuk bermain game, bahkan akan sering mencari colokan listrik untuk mengisi ulang.

Sementara baterai yang Asus ROG Phone 5 Ultimate bawa tidak main-main. Masih mengutip dari GSM Arena, ponsel pintar ini membawa 2 baterai, dengan total kapasitas 6000 mAh.

Bukan hanya baterainya yang besar, ternyata HP besutan Asus tersebut juga membawa fitur untuk mengisi ulang daya.

Seperti fast charging atau pengisian ulang dengan cepat 65W, yang mereka klaim bisa mengisi ulang 100 persen hanya dalam waktu 52 menit saja.

Selain itu, tersedia juga fitur Reverse charging 10W, Power Delivery 3.0 dan Quick Charge 5.

Kamera

Meskipun kamera bukan pendukung utama dari ponsel gaming, namun Asus lewat ROG Phone 5 Ultimate tidak akan mengecewakan penggunanya, yang juga sama menyukai fotografer selain bermain game.

Baca Juga : HP Asus ROG Phone 2 Diboyong ke Indonesia, Ini Detail Speknya

Oleh karena itu, pada seri terbarunya ini, Asus memang triple camera (3 kamera) pada bagian belakang. Yaitu antara lain kamera utama dengan resolusi 64 MP bukaan f/1.8 (wide).

Kemudian kamera kedua berkekuatan 13 MP sebagai lensa ultrawide yang bisa mengambil sudut pandang 125 derajat. Lalu kamera ketiga beresolusi 5 MP (makro).

Kamera belakangnya ini selain handal dalam mengambil gambar, ternyata juga bisa Anda andalkan untuk merekam video. Sebab, hasil rekaman bukan hanya 4K@30/60/120fps, namun juga 8K@30fps.

Sedangkan pada bagian depan terpasang lensa tunggal beresolusi 24 MP dengan bukaan f/2.5 (wide).

Asus ROG Phone 5 Ultimate yang tersedia dalam warna Matte White ini, kemungkinan harga jualnya sekitar 1300 EUR, atau kurang lebih Rp 22,6 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto