Rover Mars Zhu Rong, Robot Penjelajah Terbaru China

Rover Mars Zhu Rong, Robot Penjelajah Terbaru China
Ilustrasi Rover Mars Zhu Rong. Foto: Ist/Net.

Rover Mars Zhu Rong merupakan robot penjelajah terbaru milik China. Badan antariksa China (CNSA) telah mengumumkan tentang nama rover terbaru. Zhu Rong tersebut digadang-gadang akan bersaing dengan robot penjelajah milik NASA.

CNSA telah mengungkapkan nama itu pada Hari Luar Angkasa Nasional China yang keenam. Kemudian acara akan terselenggara pada hari Sabtu di Nanjing. 

Nama Robot Penjelajah Milik China, Rover Mars Zhu Rong

Zhu Rong merupakan nama terpopuler dari 10 nama terpilih untuk pemungutan suara umum yang mulai buka pada bulan Januari. Lalu, pilihan tersebut telah mendapat dukungan dari panel ahli dan CNSA.

Secara harfiah, Huoxing merupakan bintang api. Jadi, lebih tepatnya pergi dengan dewa api dan untuk China dan planet Mars. 

Zhu Rong menurut kepercayaan lokal merupakan dewa perang. Kemudian penggambarannya berupa wajah manusia namun bertubuh hewan buas serta mengendarai dua ekor naga. 

Baca Juga: Ilmuwan MIT Amerika Ciptakan Robot untuk Pasien Covid-19

Hal tersebut merupakan kepercayaan tradisional dari Tiongkok. Rover Mars Zhu Rong perlambang cahaya yang menyinari dunia. 

Dalam legenda Tiongkok, Zhu Rong merupakan karakter yang sangat tangguh. Dia membawa api dari surga menuju dunia. Hal itu terjadi ketika perang dan melemparkan api ke musuh-musuhnya.

Nama tersebut pernah dipakai dalam gelar menteri pertahanan. Dalam masa pemerintahan Tiongkok kuno. 

Zhu Rong bertemu dengan penguasa air yang telah melanggar peraturan. Kemudian Zhu Rong telah mendapat perintah dari surga untuk menyingkirkannya. 

Pertempuran besar pecah, kemudian Zhu Rong menjadi pemenang. Akan tetapi, dari perang tersebut telah menghancurkan salah satu pilar yang menjaga stabilitas dan keseimbangan alam semesta. Kemudian setelah perang terjadi bencana dan kekacauan yang mengirim manusia dalam kegelapan total.

Zhu Rong menggunakan api untuk menerangi Bumi serta membawa cahaya. Sehingga dapat diartikan jika penjelajah dari rover Mars Zhu Rong menyalakan api untuk eksplorasi antar bintang. 

Pendaratan Zhu Rong

Melansir space.com, kapal penjelajah ini bertenaga surya seberat 240 kilogram. Kemudian merupakan bagian dari misi Tianwen-1, kira-kira 530-lb.

Zhu Rong kemungkinan akan meluncur pada Juli 2020. Kemudian akan tiba di orbit sekitar planet Mars pada bulan Februari. 

Pengorbit Tianwen-1 sebelumnya telah mengumpulkan tenang gambar resolusi yang tinggi dari lokasi pendaratan target Zhu Rong di Utopia Planitia. Pendaratan kemungkinan terjadi pada pertengahan Mei. Hal tersebut menurut perkiraan dari seorang ilmuwan luar angkasa senior di China.

Rover Mars Zhu Rong akan membawa kamera panorama. Kemudian juga kamera multispektral dengan instrumen untuk menganalisa komposisi tentang bebatuan.

Rover akan menyelidiki tentang karakteristik bawah permukaan dengan radar penembus tanah. Semuanya diharapkan berjalan sesuai dengan rencana. 

Selain itu, kapal penjelajah juga akan melakukan analisa dan pemetaan permukaan Mars beserta geologi. Kemudian mencari es air, mempelajari lingkungan permukaan serta iklim yang ada.

Wilayah ini merupakan tempat penelitian dari lander Viking 2 milik NASA pada tahun 1976. Kemudian selama tiga tahun aktif lalu baterainya mengalami gagal fungsi. 

Tugas dari lander Viking 2 adalah melakukan riset material dan eksperimen biologis dalam mencari dukungan kehidupan di wilayah itu. 

Baca Juga: Robot AI Canggih Ini Dapat Identifikasi Penyakit Kanker

Misi zhu Rong

China merupakan negara ketiga yang melakukan pendaratan robot di Mars. Sebelumnya ada Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Selain itu, China juga merencanakan peluncuran stasiun orbit berawak. Kemudian akan melakukan pendaratan manusia di bulan. 

Sejak tahun 1970-an, China dapat mengembalikan batuan  bulan ke Bumi. Selain  itu, menjadi negara pertama yang mendaratkan wahana antariksa yang jarang dieksplorasi di sisi terjauh di bulan pada tahun 2019.

Wahana luar angkasa milik China rover Mars Zhu Rong terdiri dari pengorbit, pendarat dan penjelajah. Selanjutnya akan parkir di Mars dengan memasuki orbit dan melakukan manuver.

Kemudian akan bekerja menindak lanjuti misi sesuai dengan jadwal. Sebagai persiapan dari pendaratan, meliputi analisis topografi dan meteorologi.

Zhu Rong akan membimbing para peneliti untuk transendensi diri di langit yang berbintang luas. Kemudian NASA juga merilis video tentang pendaratan pertama di Mars. 

Eksplorasi Mars China baru saja dimulai. Lalu China mempunyai tanggung jawab yang besar dan berat.

Perjalanan rover Mars Zhu Rong masih panjang. Seorang ilmuwan luar angkasa yang berbasis di Beijing terkejut akan hasil akhir dari riset. (R10/HR Online)

Editor: Jujang