Rumah Country Minimalis Memberi Kesan Asri, Harmonis, dan Stylish

Rumah Country Minimalis Memberi Kesan Asri, Harmonis, dan Stilysh
Ilustrasi Rumah Country Minimalis. Foto: Ist/Net

Rumah country minimalis nyatanya masih memiliki banyak penggemar. Hunian yang memiliki ciri khas pedesaan kini malah menjadi dambakan bagi sebagian besar orang.

Terutama bagi mereka yang sudah bosan dengan kehidupan perkotaan yang ramai, bising, dan banyak polusi udara. Belum lagi pikiran yang kacau balau, malah menambah stressful.

Bagi mereka yang sudah fasih dengan konsep hunian dan suasana hingar bingar kehidupan perkotaan, sudah pasti konsep country ini akan segera ia pilih. Bukan tanpa tujuan pastinya. Pasalnya, mereka ingin mendapatkan kenyamanan dan suasana yang berbeda.

Cara Menata Rumah Country Minimalis yang Perlu Anda Ketahui

Dengan menggunakan konsep rumah country juga akan membuat anda mengingat masa-masa saat berada di desa. Bukan hanya itu saja, karena tahun ini masih tetap belum boleh mudik.

Baca Juga: Halaman Rumah Minimalis yang Inspiratif dan Tepat untuk Hunian Anda

Konsep hunian tersebut juga dapat membantu untuk mengobati rasa kangen kampung halaman. Nah, untuk anda yang mempunyai ketertarikan dengan konsep pedesaan ini, berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan.

Terapkan pada Seluruh Bangunan Rumah

Apabila anda ingin menerapkan konsep rumah country minimalis ini, maka alangkah lebih baiknya jika anda mulai menerapkan pada fasad bangunan, bentuk bangunan, dan konsep arsitekturnya. Konsep ini juga mempunyai sebutan lain yakni Ranch House.

Baca Juga: Rooftop Rumah Minimalis Membuat Tampilan Lebih Mewah dan Menawan

Biasanya juga menggunakan konsep rumah negara Amerika. Selain itu, rumah pedesaan ini juga menggunakan bahan material batuan dan kayu guna mendapatkan sentuhan hangat.

Karena sentuhan inilah menjadi ciri khas dan hal yang dicari-cari. Untuk bentuk atapnya, umumnya menggunakan bentuk segitiga. Sehingga kesan dari rumah country minimalis anda tersebut akan lebih compact.

Oh iya, alangkah lebih baiknya jika anda tidak begitu banyak menggunakan aksen. Hal ini bertujuan supaya kesan dari rumah idaman anda tersebut juga lapang. Pada bagian sisi yang lain, anda juga bisa memberikan sentuhan rustic.

Baca Juga: Gorden Rumah Minimalis Nyatanya Tidak Selalu Warna Netral Saja

Jangan Lupa untuk Menghadirkan Teras

Luas lahan selalu saja menjadi faktor utama dalam pendirian bangunan. Nah, bagi anda yang mempunyai area luas namun masih bingung menghadirkan apa dalam hunian pedesaan tersebut, solusi terbaiknya adalah gunakan saja untuk membuat teras.

Anda bisa bebas untuk membangun teras pada area depan atau belakang rumah country minimalis tersebut, bebas. Sentuhan alami juga sangat perlu untuk konsep perdesaan ini.

Jadi, biarkan saja teras tersebut terbuka. Maka saat anda sedang santai pun udara sejuk, nyaman, dan asri akan selalu bersanding dengan anda.

Bila perlu, gunakan material kayu pada teras tersebut. Tujuannya adalah supaya kesannya lebih cantik dan selaras. Bagaimana sampai sini, masih kepo nggak?

Aplikasikan Desain Vintage untuk Interior

Agar mendapatkan kesan yang sama dengan rumah country minimalis, maka anda bisa menggunakan desain vintage untuk area interiornya.

Vintage memang selalu menjadi pendukung konsep hunian pedesaan ini. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan kesan yang unik dan estetis. Nah, untuk mendapatkan kesan yang lebih sempurna, anda bisa berburu barang-barang antik sebagai pelengkapnya.

Oh iya, untuk warna catnya, anda bisa menggunakan warna yang netral saja agar tampilannya lebih balance. Hadirnya material kayu juga akan memberikan kesan natural pada ruangan anda tersebut.

Padupadankan dengan Konsep yang Lainnya

Konsep rumah country minimalis bukan berarti tidak cocok untuk anda padukan dengan konsep lainnya. Salah apabila anda mempunyai cara berpikir dan pandang yang demikian.

Supaya bisa mendapatkan bukti yang nyata, silahkan saja anda sendiri yang membuktikannya. Cobalah untuk memberikan kesan yang tradisional.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga ada kontemporer dan futuristik. Meskipun minimalis, tapi anda juga bisa menggunakan desain modern pada country ini. Nggak nyangka ya, ternyata konsep country juga bisa kita padukan dengan konsep lainnya.

Gunakan Jendela yang Mempunyai Ukuran Besar

Jendela besar dengan sentuhan klasik tentunya akan mempererat rumah country minimalis anda. Apalagi jika anda menggunakan kayu yang putih dengan frame besar, sungguh cantiknya nggak ketulungan lagi.

Perlu anda catat, jendela besar tersebut akan mengoptimalkan pencahayaan alami juga bisa menjadi akses keluar masuknya udara segar.

Jendela besar juga akan memberikan kesan yang manis dan simple. Masih ragu untuk menggunakan rumah country minimalis, sedetail itu lho padahal cantiknya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang