Sakit Mata Menular, dari Jenis Ringan Hingga Sebabkan Kebutaan

sakit mata menular
Ragam jenis sakit mata menular. Foto: Ist/Net

Mengenal jenis sakit mata menular berguna untuk mencegah kita terkena penyakit tersebut. Ternyata, tak hanya yang ringan saja, ada juga jenis sakit mata yang mudah menyebar dan bisa menyebabkan kebutaan. Apa saja itu?

Sakit mata memiliki berbagai macam penyebab maupun jenisnya. Ada yang menular dan ada juga yang tidak. Anda harus berhati-hati dengan orang yang mengidap gangguan mata jenis ini agar tidak tertular.

Jika Anda cukup intens dan sering bertemu dengan orang yang mengidap penyakit tersebut, risiko untuk tertular juga semakin besar. Mengenal jenis penyeakit ini berguna untuk mencegah penularannya.

Penyebab Sakit Mata Menular

Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada mata. Baik untuk jenis yang menular maupun yang tidak. Untuk jenis penyakit yang tidak menular biasanya terjadi karena iritasi pada mata.

Ada berbagai macam penyebab iritasi. Seperti masuknya debu dan kotoran pada mata, terlalu lama menatap layar, dan penggunaan softlens yang berlebihan.

Baca juga: Apa Penyakit Mata Glaukoma Bisa Sembuh Total?

Sebaliknya, penyebab sakit mata menular umumnya karena infeksi bakteri maupun virus. Penyakit ini dapat menyerang mata kiri dan kanan. Bahkan tidak menutup kemungkinan menyerang kedua bagian mata sekaligus.

Bagian pada mata yang paling mudah terdeteksi jika terkena infeksi bakteri maupun virus adalah badan bening. Badan bening terlihat berubah menjadi merah disertai dengan mata berair.

Tidak jarang kelopak mata bagian atas juga membengkak. Jika hal ini terjadi dalam rentang waktu berjam-jam, sebaiknya segera kunjungi dokter mata. Ini untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Mata yang terkena kotoran tidak akan bermasalah dalam waktu berjam-jam. Hal ini karena organ tersebut memiliki sistem untuk mengeluarkan kotoran yang tersangkut.

Oleh karena itu, jika masalah pada mata anda berlangsung selama berjam-jam sebaiknya anda segera menemui dokter terdekat.

Jenis Sakit Mata Menular

Anda juga perlu berhati-hati dengan penyakit yang bisa menular karena penyebarannya biasanya sangat mudah. Berikut beberapa macam sakit mata menular yang perlu anda tahu supaya bisa lebih berhati-hati.

Konjungtivitis (Mata Belekan)

Gangguan mata yang mudah menyebar pertama adalah konjungtivis. Penyakit ini terjadi karena berbagai hal. Akan tetapi jenis konjungtivitis yang menular hanya karena penyebab serangan bakteri atau virus.

Konjungtivitis dapat membuat penderitanya memiliki mata merah, berair, bengkak, terasa gatal, dan bahkan nyeri. Konjungtivitis yang karena virus biasanya diikuti dengan mata yang mengeluarkan cairan bening.

Sedangkan kondisi yang karena faktor bakteri akan membuat mata penderitanya seperti belekan. Jika anda menderita konjungtivitis, pastikan selalu menggunakan kacamata hitam dan menghindar dari keramaian karena penyakit ini mudah menular.

Keratokonjungtivitis Viral

Penyakit ini memiliki nama lain yaitu epidemic keratoconjuctivitis atau populer dengan sebutan EKC. Jenis sakit mata menular ini mudah menyebar dan membuat kornea serta konjungtiva penderitanya meradang.

Penyebab keratokonjungtivitis viral adalah infeksi virus bernama adenovirus. Gejala yang terjadi pada penderitanya adalah mata bengkak, merah, berair, terasa nyeri dan gatal.

Baca juga: Penyakit Mata Glaukoma, Ini Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Selain itu penderitanya akan mudah silau bahkan saat hanya melihat lampu. Terjadang juga terdapat lapisan berwarna putih keabu-abuan pada daerah mata.

Trakoma

Gangguan ini merupakan jenis sakit mata menular yang cukup berbahaya. Penyebabnya karena infeksi bakteri bernama Chlamydia Trachomatis. Gejala awalnya, mata terasa gatal ringan dan adanya iritasi pada kelopak mata.

Hal yang selanjutnya terjadi adalah kelopak mata terus membengkak dan keluar nanah. Jika tidak segera mendapat pengobatan dan penanganan yang tepat, trakoma bisa menyebabkan pendertianya menjadi buta.

Keratitis

Keratitis adalah kondisi yang terjadi saat kornea mata meradang. Peradangan tersebut terjadi karena infeksi virus bernama herpes simplex atau herpes zoster. Selain virus, penyakit ini juga bisa karena bakteri, jamur, bahkan parasit.

Ada juga kondisi saat keratitis tidak menular. Penyebab keratitis tidak menular karena cidera mata. Cidera ini bisa terjadi misal ketika mata terkena zat kimia atau penggunaan softlens yang terlalu lama.

Ternyata, sakit mata menular cukup banyak jenisnya. Dari yang ringan sampai yang bisa menyebabkan kebutaan. Supaya mata terhindar dari infeksi bakteri maupun virus, selalu pakai kacamata saat berkendara atau berada pada erea umum. (R11/HR-Online)