Sakit Tulang Belakang pada Usia Muda, Kenali Penyebabnya!

sakit tulang belakang pada usia muda
Penyebab sakit tulang belakang pada usia muda. Foto: Ist/Net

Sakit tulang belakang pada usia muda perlu kita waspadai. Gangguan ini umumnya terjadi pada orang yang telah berusia lanjut. Namun jika kondisi ini terjadi pada Anda yang masih muda mungkin ada penyebab yang berbahaya.

Gangguan pada tulang belakang umumnya terjadi pada orang dewasa atau yang telah berusia 30-40 tahun ke atas. Tetapi tidak jarang kondisi yang mengganggu ini juga bisa terjadi pada orang yang masih berusia muda.

Sakit pada tulang punggung memang bisa sangat mengganggu. Bagaimana tidak, hal tersebut tentunya akan membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Penyakit Tulang Belakang, Jenis dan Cara Mengatasinya

Tulang belakang atau tulang punggung memiliki fungsi untuk memberikan stabilitas bagi tubuh. Tak hanya itu, tulang belakang juga menjadi pendukung tubuh bagian atas dan memungkinkan tubuh untuk berputar dan memutar.

Penyebab Sakit Tulang Belakang Pada Usia Muda

Mengingat fungsi tulang bagian belakang tubuh yang vital sehingga kita harus menjaganya. Oleh karenanya penting untuk mengetahui berbagai penyebab sakit tulang belakang pada usia muda sebelum kondisinya semakin parah.

Keseleo

Keseleo atau otot yang tegang biasanya terjadi ketika seseorang mengangkat benda berat dengan cara yang salah. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada tulang punggung sehingga timbul nyeri.

Melakukan gerakan secara tiba-tiba dan beraktivitas secara berlebih juga bisa menyebabkan tulang belakang terasa sakit. Ini bisa terjadi baik pada yang muda maupun orang tua.

Saraf Kejepit

Saraf kejepit atau Hernia Nukleus Pulposus (HNP) biasanya terjadi pada para pekerja berat yang sering mengangkat beban berat. Tak hanya itu, saraf kejepit juga bisa terjadi karena adanya riwayat cedera atau terjatuh.

Baca Juga: Kelainan Tulang Kifosis dengan Beragam Faktor Penyebab dan Obatnya

Penderitanya akan merasakan nyeri hebat pada tulang belakangnya dan dapat menjalar hingga ke paha atau kaki, mengalami kesulitan buang air kecil dan pada kasus yang lebih parah juga bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Gangguan Pada Struktur Tulang Belakang

Penyebab timbulnya sakit tulang belakang pada usia muda juga bisa karena ada gangguan pada struktur tulang itu sendiri. Kondisi ini akan menyebabkan fungsinya untuk menyangga tubuh terganggu.

Gangguan yang mungkin terjadi antara lain radang tulang dan persendian, pengeroposan tulang, skoliosis, kifosis dan masalah pada cakram tulang belakang.

Tulang Belakang Mengalami Kelainan

Normalnya tulang belakang memiliki bentuk sejajar lurus ke bawah dan sedikit melengkung. Hal tersebutlah yang mampu menyeimbangkan tubuh dan membantu menopang postur tubuh kita.

Namun demikian, beberapa kondisi dapat membuat tulang belakang bengkok sehingga memberikan tekanan berlebih pada ruas tulang belakang dan cakramnya. Tak ayal kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang.

Patah Tulang

Faktor lainya yang juga bisa menyebabkan sakit tulang belakang pada usia muda adalah karena patah tulang. Baik akibat kondisi medis tertentu atau karena pasca kecelakaan yang terjadi juga bisa membuat sakit pada bagian belakang tubuh.

Untuk memastikan dan mengatasi gangguan ini Anda perlu untuk memeriksakannya ke dokter.

Baca Juga: Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Spondilolistesis

Penting untuk kita tahu, semakin tua usia maka semakin besar pula kemungkinan seseorang mengalami sakit pada tulang belakangnya. Untuk itu pola hidup sehat penting untuk selalu kita terapkan setiap hari.

Spondilolistesis adalah kondisi adanya trauma atau cedera pada tulang belakang. Hal tersebut terjadi karena ada salah satu ruas tulang belakang yang mengalami pergeseran dari tempat semestinya.

Kondisi sakit tulang belakang pada usia muda ini terjadi akibat gangguan ini biasanya muncul pada daerah leher, punggung bawah dan atas.

Diskus Degeneratif

Pada dasarnya diskus tulang belakang berfungsi untuk menjaga tulang belakang agar tetap pada posisi seharusnya. Tidak hanya itu, diskus tulang ini juga berperan untuk mengikat antar tulang belakang sehingga bisa melakukan pergerakan.

Meski biasanya terjadi pada orang dewasa dan orang tua, tetapi diskus degeneratif juga bisa terjadi pada mereka yang berusia muda, mulai umur 20 tahunan.

Jika gangguan tulang belakang ini terjadi umumnya penderita akan mengalami kesulitan saat duduk dan kaku otot.

Menderita Penyakit Tertentu

Selain beberapa kondisi tersebut, sakit pada tulang belakang juga bisa karena jenis penyakit tertentu. Seperti terjadinya penyempitan kanal tulang belakang, cauda equina syndrome, kanker pada tulang belakang dan infeksi jamur.

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab sakit tulang belakang pada usia muda. Jika Anda mengalami berbagai gejala gangguan akibat kondisi ini sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu