Sabtu, Oktober 16, 2021
BerandaBerita JabarSekda Jabar: Pengukuran IKKD untuk Wujudkan Efektivitas Pemerintahan

Sekda Jabar: Pengukuran IKKD untuk Wujudkan Efektivitas Pemerintahan

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja menyebut, pengukuran Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) penting dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Dengan pengukuran IKKD ini, penyelenggaraan pemerintahan juga bisa lebih efektif,” ujar Setiawan saat kegiatan sosialisasi IKKD lewat virtual di Bandung Barat, Senin (5/4/2021).

Adapun peserta kegiatan tersebut yakni BP2D (badan penelitian dan pengembangan daerah) dan juga llitbang kabupaten/kota se Jabar.

Saat ini lanjut Sekda Jabar, berdasarkan penilaian dari Worldwide Governance Indicators, indikator kepemerintahan efektif Indonesia berada di posisi ke 60. 

“Sekarang kami memprioritaskan pengembangan pemerintahan yang terbuka untuk mengukur Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD),” katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dorong BUMD Jabar Meningkatkan Kualitas SDM

Kata Setiawan, beberapa indikator kepemerintahan yang efektif salah satunya kualitas aparat pemerintah, tertarik dengan persepsi pelayanan publik, pelayanan publik, independensi politik, pelaksanaan kebijakan, dan komitmen pemerintah terhadap satu kebijakan.

“Lewat IKKD yang terukur ketertinggalan penyelenggaraan bisa kita kerja dan perbaiki,” kata Sekda Jabar.

Tujuan IKKD sendiri menurut Permendagri 38/2020 ada lima yakni mengukur dan menilai kepemimpinan kepala daerah.

Kemudian menetapkan kepala daerah terbaik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Ketiga, memberikan penghargaan untuk kepala daerah terbaik. Yang keempat yakni publikasi hasil pengumpulan dan penilaian kepemimpinan kepala daerah.

“Kelima, motivasi kepala daerah dalam peningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,” ungkap Setiawan.

Sekda Jabar menambahkan dari kelima tujuan IKKD tersebut harus diimplementasikan dalam bentuk pemerintahan yang terbuka (open government) dengan menerapkan akuntabilitas dan transparansi kinerja. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img