Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruSetting Mikrotik Lewat HP Android Atau iOS Dengan Mudah, Ini Caranya

Setting Mikrotik Lewat HP Android Atau iOS Dengan Mudah, Ini Caranya

Setting mikrotik lewat HP dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan fitur berbasis GUI. Fitur tersebut bisa berupa Winbox atau Webfig. 

Webfig merupakan fitur yang terdapat pada mikrotik yang berfungsi mensetting mikrotik berbasis web yang bisa dijalankan melalui smartphone.

Dengan Webfig tersebut anda akan disuguhkan tampilan Graphical User Interface atau GUI sehingga anda lebih mudah menyetingnya. 

Baca Juga : Setting Push Email Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Aplikasi tersebut telah berperan penting hampir pada semua gadget yang memiliki web browser. Baik Android, Linux, OS lain, dan MacOS. 

Cara setting mikrotik lewat hp Dengan Webfig

Asalkan HP anda memiliki web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser lainnya sesuai bawaan HP, maka aplikasi tersebut dapat anda gunakan. 

Cara settingnya sebagai berikut.

  • Pertama, sebaiknya pastikan terlebih dahulu wifi Mikrotik apakah sudah on dan dapat terakses Android anda. 
  • Kedua, Setting mikrotik lewat HP selanjutnya anda hubungkan atau koneksikan Android ke Wifi mikrotik tersebut. Hal tersebut merupakan proses untuk mempermudah langkah selanjutnya. 
  • Ketiga, anda tentu sudah memiliki browser pada HP. Anda dapat membuka web browser tersebut pada Android. Kemudian, dapat memilih salah satu browser yang anda gunakan jika tersedia beberapa web browser. 
  • Keempat, anda masukkan alamat IP mikrotik pada Address bar browser. Kemudian search. Lalu, anda akan melihat halaman Webfig yang muncul pada layar dan meminta anda memasukkan data login Mikrotik. 
  • Kelima, selanjutnya anda masukkan username dan Password Mikrotik. Kemudian anda klik login untuk meneruskan proses selanjutnya. 
  • Keenam, setting mikrotik lewat HP selanjutnya, jika anda berhasil login maka dapat mengatur konfigurasi mikrotik dengan mudah dengan Webfig tersebut. Mengatur settingannya juga mudah tanpa harus repot-repot menggunakan laptop. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Tik App untuk mengatur mikrotik. Anda dengan mudah mendownloadnya di Play store. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda karena memiliki fungsi dan cara yang sederhana.

Baca Juga : Cara Membuat Pengingat di Android Efektif dan Mudah, Simak Tutorialnya

Hanya saja aplikasi ini harus mengisikan IP Router Mikrotik yang akan anda remote. Bisa juga, menggunakan Discover untuk mencari Router Mikrotik yang masih satu segmen dengan Android. Bedanya Tik App tidak menyediakan remote menggunakan Mac Address. 

Menyeting Menggunakan Aplikasi Mikrotik.apk

Winbox dan aplikasi Mikrotik.apk menjadi salah satu cara yang paling digemari kebanyakan orang. Namun harus terkoneksi melalui layer 2 mac Address.

Kelebihan menggunakan aplikasi tersebut adalah meski berkali-kali mengganti IP Address koneksi tidak akan terputus dan tetap stabil. 

Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di Playstore. Setelah itu menginstalnya di Smartphone anda untuk setting mikrotik lewat HP. Seperti cara pada webfig, aplikasi ini juga dapat anda mulai dengan login. 

Baca Juga : Disappearing Message WhatsApp Android, Ini Cara Menggunakannya

Kemudian anda masukkan Username dan password beserta IP/Mac mikrotik setelah itu menyimpannya. Bahkan ada menu Discover untuk menemukan perangkat mikrotik di jaringan anda. 

Setelah connect, anda akan melihat tampilan pada layar dengan beberapa menu berupa Internet Detection yang otomatis mendeteksi interface serta IP berapa anda mendapatkan acces internet. Selain itu anda akan melihat Trafik Bandwith secara real time. 

Anda juga dapat melihat client yang terkoneksi dengan wireless di mikrotik anda dengan menu wireless Interface & Client Registered. 

Fungsi Mikrotik 

Mikrotik sendiri berupa sistem operasi berupa perangkat lunak yang menjadikan komputer menjadi router jaringan. Mikrotik memiliki kelebihan fitur wirelessnya oleh karena itu mikrotik menjadi salah satu sistem paling ringan dan sederhana, sehingga banyak yang menggunakannya. 

Setting mikrotik lewat HP sangat bermanfaat untuk  provider hotspot, ISP atau warnet umum. Fasilitas yang terdapat padanya yakni Hotspot for plug and play access, bandwidth, remote dan routing. 

Sedangkan, fungsi penggunaan mikrotik tersebut adalah untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten yang terlarang menggunakan proxy di mikrotik. Sehingga penggunaan internet lebih ke hal positif saja. 

Selain itu, mikrotik memiliki fungsi untuk pengaturan serta konfigurasi LAN. Bahkan sebagai pengaturan jaringan internet secara terpusat, sehingga memudahkan anda dalam mengelola. 

Mikrotik juga dapat anda gunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi serta pembagian bandwidth pada jaringan. Selain itu dapat untuk pembuatan PPPoE Server. 

Pada dasarnya mikrotik tersebut dapat memisahkan bandwith traffic internasional maupun lokal. Dengan mengetahui cara setting mikrotik lewat HP tersebut anda semakin mudah menerapkan dalam keseharian. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img