Sindrom Smartphone Pinky Dampak Bermain HP, Ini Cara Menghindarinya

Sindrom Smartphone Pinky
Sindrom Smartphone Pinky. Foto: Ist/Net

Sindrom Smartphone Pinky merupakan kelainan pada jari khususnya jari kelingking karena berjam-jam menanggung berat ponsel sehingga jari tersebut terus menekuk. 

Hal tersebut dipicu dari penggunaan ponsel pintar yang meningkat, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Penggunaan setiap orang rata-rata mencapai 5-6 jam sehari, namun pada pandemi ini jumlah jam penggunaan terus meningkat. 

Dampak Sindrom Smartphone Pinky 

Jangka pendek sindrom tersebut mengakibatkan hipermobilitas sendi yang lebih kecil pada sekitar jari anda. Begitu juga dengan ligamen ibu jari juga akan mengalami stres. 

Sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan jari-jari mengalami stress berulang dan menimbulkan osteoarthritis. Kondisi tersebut merupakan peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. 

Ketika terjadi radang sendi, saat itu juga terjadi pembentukan tulang berlebih area sendi sehingga mengakibatkan pembesaran atau deformasi jari. 

Memang secara kesehatan tidak terlalu berbahaya, namun akan terdapat perubahan degeneratif pada sendi anda. Sehingga anda perlu melakukan beberapa cara agar tidak terjadi hal tersebut. 

Baca Juga : Bahaya Radiasi Smartphone Mengintai Kesehatan Tubuh

Cara Agar Tidak Kecanduan HP

Anda dapat mengurangi bermain HP dengan cara berikut ini sehingga anda terbebas dari Sindrom Smartphone Pinky.

Menyingkirkan Ponsel Saat Momen Tertentu

Anda dapat menyisihkan HP anda saat makan malam, istirahat, atau bahkan waktu ibadah. Taruhlah pada tempat yang jauh sehingga anda tidak mudah menggapainya. Anda dapat mengatur sendiri intensitas anda pada penggunaan HP sehingga tidak melulu perhatian terpusat kepada HP.

Memilih Aplikasi Penting

Anda dapat mengurangi penggunaan HP dengan menyaring aplikasi pada HP tersebut. Hal ini untuk mengurangi penggunaan HP secara efektif. 

Hapuslah aplikasi yang menguras baterai, terutama yang terdapat notifikasi banyak. Pilihlah aplikasi yang penting saja yang benar-benar anda butuhkan. Anda dapat menghapus aplikasi yang memungkinkan anda tersita waktu untuk bermain HP. 

Matikan Ponsel

Jika anda tetap kecanduan menggunakan HP tersebut untuk bermain atau gaming, sebaiknya anda matikan HP. Hal ini merupakan cara paling efektif sehingga tidak akan ada notifikasi yang masuk. Sehingga anda dapat mengistirahatkan HP anda untuk sementara waktu dan terhindar dari Sindrom Smartphone Pinky.

Baca Juga : Menggunakan Smartphone Terlalu Sering, Ini Efek Negatif Terhadap Kulit

Atur Ponsel pada Mode Diam

Cara lainnya yang lebih efektif adalah membiarkan HP anda dalam mode diam. Sehingga anda tidak akan mendengar notifikasi yang masuk. Kapan saja anda ingin, anda baru membukanya. 

Lakukan Hal yang Bermanfaat

Cara lainnya adalah carilah kegiatan lain yang bermanfaat. Seperti menulis, mengembangkan hobi anda, dan kegiatan lainnya. Semakin anda fokus pada kegiatan lain, maka rasa penasaran dan perhatian anda pada HP menjadi teralihkan. Sehingga anda dapat mengurangi penggunaan HP yang berlebihan. 

Membuat Alarm atau Pengingat

Jika anda tetap ingin menggunakan HP, maka buatlah alarm atau pengingat untuk penggunaan HP tersebut. Misalnya anda hanya ingin memegang HP satu jam saja, maka anda dapat mengaturnya sejam agar memberi peringatan kepada anda. Dengan begitu, anda akan terbatasi bermain HP dan terhindar dari Sindrom Smartphone Pinky.

Mengatur Auto Responder Teks

Ketika ada seseorang yang mengirimkan pesan kepada kita, tentu memancing kita untuk membalasnya. Hal tersebut membuat anda tidak dapat terlepas pada HP. 

Anda dapat menggunakan fitur Auto Responder untuk menginfokan ke orang bahwa anda sedang sibuk dan membalasnya nanti secepat mungkin. Dengan begitu, anda akan memiliki waktu luang untuk hal lainnya. 

Baca Juga : Dampak Mengerikan Bermain Smartphone Terlalu Lama

Mengingat Tujuan Utama

Jika menghindari HP masih sulit, anda dapat mengingat kembali tujuan anda. Anda harus meyakinkan diri anda bahwa dengan tidak menggunakan HP terlalu sering merupakan hal yang membahagiakan dan bisa fokus hal lain yang belum anda wujudkan. 

Hindari Pengetikan Pesan Panjang

Anda dapat mengurangi gerakan jari dengan pesan suara sehingga terhindar dari Sindrom Smartphone Pinky. Hal tersebut dapat mengurangi pergerakan jari dan waktu memegang HP anda. 

Jika ada pesan masuk dan anda harus membalas dengan ketikan panjang, sebaiknya anda gunakan pesan suara untuk menjelaskan kepada seseorang tersebut. Sehingga anda tidak mengetik terlalu banyak kata. 

Hapus Aplikasi Sosial Media

Sosial media saat ini memang asyik untuk menjelajah dan mengetahui hal baru. Namun dengan anda menjelajahi sosmed tersebut, anda justru akan semakin kecanduan dan tak mengingat waktu. 

Anda dapat menghapus salah satu akses yang memungkinkan anda kecanduan dengan sosmed tersebut. Hal tersebut lebih efektif karena tidak akan ada notifikasi terlalu banyak yang masuk ke HP anda.

Sehingga anda dapat mengurangi penggunaan gadget. Dengan cara tersebut, anda dapat terhindar dari Sindrom Smartphone Pinky. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah