Sinopsis Film Istiqlal, Kisah Babe dan Anaknya dalam 15 Menit

Sinopsis Film Istiqlal Pentingnya Kejujuran dalam Kehidupan Keluarga
Sinopsis Film Istiqlal. Foto: Ist/Net

Sinopsis film Istiqlal menceritakan kisah hubungan Babe dan anaknya yang bernama Sobari. Film ini merupakan arahan dari sutradara Razny Mahardhika. Istiqlal termasuk dalam kategori film pendek yang berdurasi selama 15 menit.

Produser film ini adalah Gerry Fairus yang cukup semangat dalam proses pembuatan film. Dalam pembuatannya bekerjasama dengan perusahaan produksi Kinovia dan Bineka Sinema. Adanya pengembangan film ini sebenarnya sudah sejak tahun 2018.

Bahkan sudah pernah memenangkan pitching film pendek dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Selain itu, juga sudah meraih banyak penghargaan besar.

Baca Juga: Sinopsis 22 vs Earth, Film Pendek dari Pixar Tayang di Disney+ 

Seperti Best Story oleh Panasonic Young Filmmaker, Official Selection International Children’s Festival Bangladesh, dan masih banyak lainnya.

Bagi para pecinta film ini sudah bisa menyimak Istiqlal melalui kanal YouTube Kinovia ID sejak 23 April 2021 lalu. Besar harapannya film ini membawa suasana hati yang hangat bagi siapapun. Apalagi jika menontonnya pada bulan Ramadhan seperti saat ini, bakalan jadi teman ngabuburit.

Review Sinopsis Film Istiqlal dari Kinovia

Semua orang pasti sudah kenal dan tahu masjid Istiqlal. Terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah Indonesia. Istiqlal merupakan sebuah bangunan yang cukup populer,

Pasalnya, peresmian bangunan tersebut oleh presiden pertama RI, Ir Soekarno. Selain itu, merupakan salah satu dari 1 masjid terbesar di dunia. Masjid ini mampu menampung hingga 200.000 jamaah.

Adanya kemegahan ini membuat kaum muslimin berlomba-lomba untuk mendatanginya. Sehingga menjadi daya tarik bagi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nah, fakta ini berkaitan dengan alur film pendek Istiqlal.

Mencari Masjid Istiqlal

Sinopsis film Istiqlal bermula dengan suasana saat bulan puasa. Terlihat hiruk pikuk pedagang takjil yang ada di wilayah Pamulang Tangerang Selatan. Suasana sangat sulit untuk orang yang kurang bisa beradaptasi dengan keramaian.

Terlihat ada seorang pria yang bernama Babe dan anaknya, Sobari. Mereka melaju dengan menggunakan sepeda motor Honda Astrea. Kira-kira keluaran tahun 80-an.

Baca Juga: Sinopsis Film Kartini, Perjuangan Menyetarakan Hak Wanita dan Pria

Rupanya bapak dan anak tersebut hendak berbuka puasa di masjid Istiqlal. Ya, sudah banyak orang yang mengira bahwa mereka akan menuju masjid tersebut.

Sinopsis film Istiqlal menjelaskan bahwa hubungan Babe dengan anaknya sangat dekat. Hanya saja, secara tiba-tiba sang Babe yang melaju dengan kendaraan sepeda motor lupa arah menuju masjid.

Tentu saja ia malu jika mengatakannya pada sang anak. Ia lebih memilih diam tanpa ada yang mengetahui bahwa si bapak ini sudah lupa.

Sobari berusaha menanyakan perihal perjalanan yang cukup panjang. Sudah lewat dari beberapa waktu lokasi masjid tidak mereka temukan. Bahkan mereka hanya tersesat tanpa arah tujuan yang tepat.

Tersesat

Sinopsis film Istiqlal memperlihatkan bahwa mereka berdua kini benar-benar tersesat. Hanya mengitari bagian yang sama dari berbagai wilayah. Mungkin hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan.

Akhirnya Sobari menawarkan kepada Babe agar menggunakan Google Map. Namun, Babe bisa menolak tawaran anaknya. Ia juga merupakan kepala keluarga yang belum bisa membahagiakan anaknya.

Padahal semua hal yang jujur akan mendapatkan suatu kebaikan. Babe gengsi berkata jujur dengan sang anak. Namun, Sobari tetap berusaha untuk meyakinkan sang bapak dengan jalan yang mereka lewati.

Sinopsis film Istiqlal memperlihatkan bahwa mereka sudah menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk muter-muter tersesat. Bahkan mereka saat ini juga belum sampai ke masjid Istiqlal. Sehingga terpaksa berbuka di jalan sambil berkeliling tak tentu arah.

Babe tidak mau mengakui pada sang anak kalau ia sebenarnya lupa arah. Terlihat bahwa Babe merupakan sosok bapak yang kurang terbuka dengan keluarganya. Untuk berkata jujur pun rasanya lebih sulit. Apalagi mengatakan dengan ketulusan hati itu rasanya berat.

Komunikasi Baru

Sinopsis film Istiqlal memberikan pelajaran hidup bagi penontonnya. Kejujuran merupakan hal yang penting dan harus diterapkan setiap saat.

Karena keadaan yang menuntut mereka berdua untuk saling berkomunikasi, maka Babe dan Sobari bisa lebih terbuka lagi. Layaknya keluarga yang harmonis mereka bisa hidup dengan lebih terbuka.

Komunikasi baru sudah tercipta pada diri mereka. Sehingga bisa menjalani hidup sebagai seorang bapak dan anak yang bersatu. Semua keluh kesah berani terucap dari mulut masing-masing.

Bagaimana kelanjutan sinopsis film Istiqlal? Apakah film ini memiliki ending yang bagus? Segera saksikan di kanal YouTube Kinovia.ID. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu