Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Kursk, Kisah Tragis Kecelakaan Kapal Selam Rusia

Sinopsis Film Kursk, Kisah Tragis Kecelakaan Kapal Selam Rusia

Sinopsis film Kursk menjelaskan kisah 2000 K-141 yang mendapatkan bencana kapal selam. Film ini merupakan arahan dari sutradara thomas Vinterberg. Kursk adalah adaptasi dari sebuah buku berjudul A Time of Die oleh Robert Moore.

Kursk melibatkan aktor dan aktris berpengalaman dalam film ini. Mereka adalah Matthias Schoenaerts, Lea Seydoux, Colin Firth, Peter Simonischek, August Diehl, dan lain sebagainya. Mereka mampu memberikan kesan yang menakjubkan di berbagai aksinya.

Kemudian, dalam pembuatan film ini bekerjasama dengan perusahaan produksi EuropaCorp, Belga Productions, dan VIA EST. Sedangkan untuk distributor penayangan film Kursk adalah TXfilms.

Baca Juga: Sinopsis A Simple Favor, Kisah Kematian Seorang Vlogger

Lalu, perlu diketahui bahwa film KUrsk rilis perdana pada 6 September 218 dan 7 November 2018. Dengan durasinya selama 117 menit mampu memberikan fakta terkait tenggelamnya kapal selam.

Sinopsis Film Kursk 2018

Kisah dari film ini berawal ketika kapal selam militer K-141 Kursk akan mulai pelayaran. Rencananya kapal tersebut akan menuju ke Laut BArents dengan membawa sebuah tugas atau msi. Pada tanggal 12 Agustus 2000 kapal sudah melepaskan jangkar dari Pangkalan Angkatan laut Rusia Vidya Yevo, Muransk.

Mereka pergi pada pagi hari yang cerah. Tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan dari keberangkatan kapal tersebut. Namun pagi itu adalah penampakan terakhir dari kapal Selam Nuklir K-141 Kursk.

Letnan Mikhail Averin adalah kepala unit turbin yang selalu mengawasi setiap gerak dari bawahannya. Selain itu ia bertugas di kompartemen tujuh buritan. Kapal selam yang ia pimpin baru berusia 6 tahun.

Torpedo Kapal Bermasalah

Sinopsis film Kursk menjelaskan bahwa kapal tersebut merupakan salah satu bintang dalam latihan bersama Armada Utara Rusia. Bahkan melakukan pelatihan untuk pertama kali dalam 10 tahun terakhir.

Kemudian, kapal ini sudah bergabung dengan 30 kapal perang Rusia. Namun, sebelum akhirnya resmi bergabung saat berada dalam perjalanan ada masalah yang menimpa kapal. Rupanya Kapten Shirokov mendapatkan peringatan dari dua bawahannya Anton Markov dan Pavel Sonin.

Baca Juga: Sinopsis House of Gucci, Menguak Kasus Pembunuhan Maurizio 1995

Pada bagian torpedo kapal mengalami masalah pada sistem dummy yang akan mereka gunakan untuk berlatih. Namun hal tersebut tidak mendapatkan gagasan lebih lanjut dari sang kapten. Sehingga mereka melanjutkan perjalanan dengan torpedo yang kian bermasalah.

Kecelakaan Kapal Selam Kursk

Sinopsis film Kursk menjelaskan bahwa kapal seperti tidak ada kendala. Hanya saja lama-kelamaan mesin torpedo mengalami ledakan yang cukup besar.

Hal tersebut menyebabkan kapal menghantam dasar laut. Tak lama setelah itu ada ledakan kedua yang meletup lebih besar. Tentu saja ini karena adanya masalah kecil yang terabaikan.

Ledakan yang cukup besar ini mengakibatkan sebagian besar kru Kursk tewas. Keadaan mulai kritis karena haluan kapal selam sudah mulai hancur.

Sinopsis film Kursk memperlihatkan bahwa total seluruh kru semula adalah 118 orang. Karena adanya ledakan tersebut kini hanya tersisa 23 orang yang masih hidup dari kecelakaan kapal selam.

Beruntungnya Averin masih bisa selamat bersama 22 rekannya yang lain. Averin berusaha untuk mengawal semua rekannya menuju ke ruang evakuasi. Perlahan mereka menuju ke kompartemen 9 buritan.

Namun keadaan disana juga kurang mendukung. Mereka harus berjuang dengan keadaan yang serba terbatas.

Keadaan Buritan Semakin Genting

Sinopsis film Kursk menunjukkan bahwa oksigen yang mereka miliki hanya terbatas. Bahkan air laut yang merembes masuk ke dalam ruang evakuasi membuat suhu semakin extrem.

Namun, apapun keadaannya mereka harus tetap bertahan agar bisa sampai ke daratan. Beruntung sudah ada tim penyelamat yang akan menuju ke lokasi mereka.

Sambil menunggu kedatangan tim penyelamat, Aviren beserta 22 lainnya berusaha mengatur kelangsungan dan keselamatan mereka. Walaupun keadaan memang semakin genting tetapi niat akan mengubah segalanya.

Tuntutan Keluarga Korban

Sinopsis film Kursk menjelaskan bahwa ada aksi kegaduhan di daratan. Berita terkait karamnya kapal selam Kursk sudah menyebar. Keluarga korban segera menuntut agar pemerintah bergerak cepat untuk menemukan kapal tersebut.

Dengan adanya kegaduhan ini tim penyelamat justru bertindak lamban. Pemerintah Rusia menolak bantuan dari negara lain untuk melakukan evakuasi.

Karena tim penyelamat tak kunjung menemukan kapal selam keadaan para kru semakin memprihatinkan. Korban meninggal bertambah satu ketika tabung oksigen milik korban meledak begitu saja.

Bagaimana kelanjutan sinopsis film Kursk? Apakah mereka bisa bertahan hidup hingga bantuan datang menyelamatkan? (R10/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img