Sinopsis You and I, Film Dokumenter Dua Mantan Tahanan Politik

Sinopsis You and I Film Dokumenter Kisah Dua mantan Tahanan Politik
Sinopsis You And I. Foto: Ist/Net

Sinopsis You and I merupakan kisah persahabatan Kasminah dan Kusdalini yang bertemu dalam penjara. Kabarnya film ini akan tayang pada Bioskop Online. Film You and I mendapatkan arahan dari sutradara Fanny Chotimah.

Dalam pengerjaan film ini bekerjasama dengan produser Yulia Evina Bhara, Amerta Kusuma, dan Tazia Teresa. Termasuk film dokumenter yang mendapatkan berbagai penghargaan berharga dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Sinopsis Film Stowaway, Kisah Penelitian Kehidupan di Planet Mars

Selama penayangannya mendapatkan penghargaan sebagai film dokumenter panjang terbaik dari Festival Film Indonesia 2020. Kisah film ini merupakan adaptasi dari buku foto pemenang karya Adrian Mulya dan Lilik HS.

Film ini tayang perdana pada 17-24 September 2020. Dengan durasi selama 72 menit mampu memberikan pelajaran berharga bagi para penontonnya.

Sinopsis You and I, Film Dokumenter 2020

Kisah film ini berawal ketika adanya konflik tahun 1965 yang cukup genting. Saat itu ada dua orang sahabat yang masuk dalam penjara karena melakukan tindakan politik yang menyeleweng. Namanya adalah Kaminah dan Kusdalini.

Mereka berdua adalah mantan narapidana politik yang berasal dari Solo. Padahal masa mudanya cukup aktif dalam berbagai kegiatan. Mereka juga aktif sebagai anggota paduan suara organisasi Pemuda Rakyat.

Persahabatan mereka memang sangat erat hingga kehidupan saat ini. Kini mereka sudah bebas dari jeratan jeruji besi yang telah menikamnya cukup lama. Keduanya pernah tertangkap polisi dan mendapatkan pengadilan dari pihak yang berwajib.

Stigma Tahanan Politik

Sinopsis You and I menjelaskan bahwa mereka kini sudah bebas. Walaupun begitu mereka tidak lepas dari stigma mantan tahanan politik. Tentu saja stigma ini adalah penghalang bagi mereka dalam menjalankan berbagai kegiatan.

Baca Juga: Sinopsis Aku dan Mesin Waktu, Kisah Nasib Pertemukan Dua Insan

Bahkan, Kaminah dan Kusdalini kehilangan banyak pengalaman berharga semasa mudanya. Keduanya tidak bisa melanjutkan pendidikan, mencari pekerjaan, menikah, dan penolakan pihak keluarga.

Hal ini adalah keadaan yang cukup pilu bagi mereka berdua. Sehingga mereka harus bisa beradaptasi dengan kehidupan baru dalam keadaan down.

Rencana Hidup

Sinopsis You and I memperlihatkan bahwa Kaminah dan Kusdalini harus menyusun rencana baru agar bisa menata kehidupannya. Dalam hal ini mereka harus bisa mengambil keputusan terberat dalam hidupnya.

Hal ini mengharuskan mereka untuk hidup bersama dalam satu rumah. Mereka akan bersama-sama membangun semangat satu sama lain. Sehingga bisa bertahan dalam keadaan yang cukup sulit ini.

Baca Juga: Sinopsis Surga yang Tak Dirindukan 3, Kisah Ayah yang Menjemput Anak

Mereka seakan-akan sudah memantapkan hati untuk selalu bersama hingga maut memisahkan. Kedua wanita ini saling membangun semangat untuk meraih masa depan yang gemilang.

Pudarnya Kepercayaan

Sinopsis You and I menceritakan Kaminah dan Kusdalini yang berusaha untuk menyembuhkan luka mereka. Padahal dalam benak sudah tidak ada niatan untuk mengulang kembali kesalahannya.

Namun stigma tersebut mengalahkan segalanya. Rasa percaya para masyarakat dan orang-orang sekitar sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Keseharian dua wanita itu hanya habis untuk menghilangkan rasa trauma. Mengingat hidup tanpa bantuan orang lain sangatlah sulit. Bahkan mereka yang memperlakukan mereka belum tentu bisa menghadapi kerasnya hidup.

Kehidupan Setelah Adanya Keputusan

Sinopsis You and I menjelaskan Kaminah dan Kundalini yang kini tinggal satu atap. Dalam menjalani hidupnya yang baru tentu tidaklah mudah dan pasti banyak halangan.

Sesekali mereka berdua saling berjumpa dengan mantan tahanan politik yang lainnya. Ternyata mereka juga merasakan hal yang sama selalu tertindas dan mendapatkan perlakuan tidak adil.

Besar sekali harapan mereka bisa hidup seperti dulu lagi serta menjalani semuanya dengan rasa yang bahagia. Namun semua itu hanya bisa sebagai angan belaka.

Janji Sahabat

Sinopsis You and I memperlihatkan Kaminah dan Kusdalini yang berusaha menerima semua ini dengan rasa ikhlas dan tulus. Mungkin sudah menjadi nasib mereka menerima balasan ini.

Mereka berusaha untuk kuat dan menyusun rencana agar bisa sembuh dari masalalu yang pilu. Dalam lubuk hati yang paling dalam, memang berat menjalani semua ini tetapi mereka harus kuat dan bangkit.

Bahkan mereka berdua berikrar sambil berjanji akan saling mengisi kekosongan selama menjalani hidup bersama sebagai sahabat. Hal ini mereka lakukan untuk menghibur hati yang lara sebagai mantan tahanan politik.

Bagaimana kelanjutan kisah sinopsis You and I? Apakah Kaminah dan Kusdalini berhasil melewati hidupnya? (R10/HR-Online)

Editor: Ndu