Sumur Bor Semi Artesis Milik Pemdes Gereba Ciamis Tidak Berfungsi

Sumur Bor Semi Artesis
Sumur Bor Semi Artesis Desa Gereba Ciamis mangkrak. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sumur bor semi artesis milik Pemerintah Desa Gereba Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, mangkrak dan mubazir. Pasalnya, sejak pembangunan selesai sumur bor belum pernah digunakan. 

Jumri, warga setempat, mengatakan sumur bor tersebut bantuan dari Pemerintah yang pengerjaannya oleh pihak ketiga. Awal rencana untuk pemenuhan air bersih tapi hingga saat ini belum pernah ada yang memanfaatkannya. 

“Sumur bor semi artesis ini belum pernah digunakan,” Kata Jumri, Minggu (25/04/2021).

Akibat pengadaan sarana dan prasarana air bersih melalui sumur bor tak pernah berjalan, maka untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Lingkungan Sukamanah membuat sumur masing-masing. 

“Harapannya sumur bor yang mangkrak tersebut bisa bermanfaat untuk pasokan air ke rumah warga. Terutama bagi warga yang mengalami krisis air bersih,” kata Jumri.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Gereba Kecamatan Cipaku, Eka DK Harsa Munanto membenarkan bahwa sumur bor tersebut tidak berfungsi atau mangkrak. 

Pengadaan sarana dan prasarana air bersih melalui sumur bor tersebut hingga saat ini tidak berfungsi. Sumur bor dengan kedalaman kurang lebih 60 meter tersebut tidak mampu bertahan lama. 

Eka menambahkan, meski untuk pemenuhan kebutuhan air bersih ada dari sumber lainnya, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten melalui instansi terkait dapat memperbaikinya kembali. 

“Harapannya sumur bor semi artesis ini bisa berjalan, karena sebagai solusi mengatasi kesulitan air pada musim kemarau,” pungkasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang