Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruTaman Kering Bawah Tangga Mempercantik Ruangan, Ini Cara Buatnya

Taman Kering Bawah Tangga Mempercantik Ruangan, Ini Cara Buatnya

Taman kering bawah tangga sekarang ini menjadi salah satu hal yang paling digemari. Selain dapat memperindah ruangan, sekaligus memanfaatkan sudut bawah tangga agar tidak kosong. 

Lokasinya tidak strategis untuk menaruh barang karena lumayan sempit dan menyiku, dengan membuat taman adalah ide terbaik. Siapa bilang taman kering hanya cocok di luar rumah?

Anda dengan mudah membuatnya di dalam ruangan dan tepatnya di bawah tangga. Anda dapat cek dari beberapa referensi internet dalam melihat desain taman kering tersebut untuk anda terapkan. 

Cara Membuat Taman Kering Bawah Tangga 

Bagi anda yang masih bingung cara membuat taman kering tersebut, anda dapat menyimak tips berikut agar hasil karya anda memuaskan. 

Baca Juga: Desain Taman Dalam Rumah yang Menyejukkan Ruangan

Mendesain Taman Kering

Hal pertama yang anda lakukan adalah mendesain dengan sketsa awal berupa mengukur luas area yang akan anda buat taman tersebut.

Selain itu, menentukan konsep seperti apa yang akan anda buat berikut pendukungnya. Seperti jenis tanaman, aksesoris pendukung, batu koral, aksen pembatas, dan lainnya. 

Dalam cara mendesain taman kering bawah tangga, anda bisa secara manual menggambarnya. Atau akan lebih bagus dan terlihat dengan menggunakan 3 dimensi melalui komputer. 

Tata Letak Tanaman

Anda mengatur tata letak tanaman yang akan anda letakkan di taman anda. Sehingga anda lebih jelas nanti kebutuhan tanaman dan jenisnya hingga jumlah yang anda butuhkan. 

Baca Juga: Jendela Kamar Minimalis, Buat Ruangan Tampil Lebih Cantik dan Estetik

Mencari Informasi Taman kering

Anda dapat mencari informasi taman kering yang akan anda gunakan melalui internet. Dengan menjelajah internet dan mencari referensi taman kering mana yang cocok untuk anda pergunakan, bisa memudahkan anda menentukan pilihan. 

Menyiapkan Tempat 

Sebaiknya anda persiapkan tempat taman kering bawah tangga. Tanaman yang nantinya anda tata di taman tersebut sesuaikan dengan luas tempat yang ada di bawah tangga. 

Jika tersedia tempat yang cukup luas dan tangga lebih tinggi, anda dapat memilih tanaman agak tinggi dan besar. Begitu pula sebaliknya.

Jika space tempat lebih sempit dan pendek, maka sebaiknya anda memilih tanaman kering yang kecil. Anda sesuaikan saja dengan tempat tersebut. 

Baca Juga: Taman Rumah Sederhana Cantik, Menambah Keindahan Lahan Sempit

Menentukan Pembatas Taman

Selanjutnya anda siapkan pembatas taman agar terlihat rapi dan sesuai dengan bentuk taman. Anda dapat memilih desain seperti kayu, motif bambu, atau batu. Selain itu, anda dapat berinovasi lain secara bebas sesuai dengan yang anda inginkan. 

Pembatas taman kering bawah tangga digunakan untuk memisahkan antara taman kering dengan ruangan sehingga terlihat menonjol.

Jika tanpa pembatas, terkesan tidak rapi dan tak terlihat. Anda dapat membuat motif dengan permainan cat sehingga lebih terlihat alami. 

Memilih Tanaman Hias

Anda dapat memilih tanaman berdasarkan jenisnya. Sekarang ini banyak tanaman hias plastik yang menyerupai tanaman asli sehingga anda tidak perlu menyiramnya. 

Anda dapat menentukan berapa banyak tanaman dan macamnya, sehingga terlihat indah nantinya ketika anda tata di taman kering. 

Meletakkan Tanaman di Taman

Anda atur tata letak tanaman tersebut di taman kering bawah tangga sehingga lebih rapi dan terlihat indah. Anda pilih yang tinggi untuk berada di belakang.

Sedangkan tanaman yang pendek berada di depan dengan tata letak sesuai keinginan anda. Anda bisa menerapkan penataan secara diagonal, melingkar, atau berkelompok. Bahkan hanya di sudut saja. 

Membuat Jalan Setapak 

Agar seolah-olah terlihat luas, anda dapat membuat jalan setapak dengan menata butiran batu koral dan warna berbeda-beda sehingga anda bisa berkreasi.

Taman kering terlihat hidup seperti di halaman. Anda dapat membeli batu koral sikat atau batu alam andesit untuk anda tata sesuai yang anda inginkan.

Menabur Batu Koral Sikat

Setelah anda membuat jalan setapak di taman kering bawah tangga, selanjutnya anda taburkan batu koral sikat berbeda warna untuk mengisi bawah taman kering sehingga terlihat rapi dan cantik. Anda dapat memilih batu sikat yang berukuran kecil dan berwarna-warni untuk ditaruh di taman anda. 

Merapikan Bekas Pekerjaan

Tahap terakhir, sebaiknya anda membersihkan bekas sisa bahan yang anda gunakan di area taman. Anda rapikan kembali hasil pekerjaan anda sehingga terlihat lebih tertata tanpa adanya sisa sampah. 

Anda juga dapat berinovasi untuk bagian dinding dengan menempelkan batu alam atau lainnya yang menurut anda bagus. Atau menambah tanaman gantung yang ditempelkan di dinding. Cara membuat taman kering bawah tangga ini dapat anda coba sendiri di rumah. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru