Rumah Milik Lansia di Kota Banjar Nyaris Terbakar Akibat Televisi Meledak Tiba-tiba

Televisi meledak
Kapolsek Purwaharja saat sedang menunjukkan televisi yang terbakar di rumah milik warga. Foto: Sandi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah milik pasangan lansia di Kota Banjar, Jawa Barat, nyaris ludes terbakar lantaran televisi meledak secara tiba-tiba, Kamis (08/4/2021).

Sebelum kejadian, pukul 11.00 WIB pasangan lansia itu sedang menikmati hidangan makan bersama anaknya di rumah yang berlokasi di Lingkungan Wargamulya, RT 13 RW 6, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja.

Saat itu, Entin Rasyid (70) anak Komar (90) mencium bau gosong menyengat yang bersumber dari ruang tengah.

“Saya bertiga sama orang tua di dapur, sedang makan. Tapi saya merasa tidak nyaman setelah adanya bau menyengat seperti ada kabel terbakar. Kemudian saya mencari sumbernya dari mana,” kata Entin kepada HR Online.

baca juga: Raperda Perangkat Daerah Kota Banjar Belum Masuk Pembahasan

Sebelum beranjak dari kursi tempat duduknya di dapur, Entin mengaku sempat mendengar beberapa kali ledakan kecil dari ruang tengah rumah, sontak ia pun langsung mendatangi suara tersebut.

Sementara, ia melihat adanya asap tebal dan api yang menyala pada sebuah televisi. Sontak saja ia dengan suaranya keras Entin berteriak untuk meminta tolong.

“Ternyata di ruang tengah udah gelap, banyak asap dan televisi itu setelah meledak ada apinya. Padahal tidak ada yang nonton, soalnya sedang rusak. Tapi colokan kabelnya memang masih menempel pada terminal listrik,” jelas dia.

Rasum (65), tetangga korban, merasa kaget saat mendengar tetangganya itu berteriak minta tolong.

Ia pun langsung bergegas mendatangi lokasi dan memadamkan api dengan alat seadanya.

“Tak lama kemudian setelah api padam, BPBD dan Damkar datang untuk melakukan pendinginan dan sterilisasi asap yang sudah tebal,” imbuhnya.

Kepala UPTD Damkar Banjar, Aam Amijaya, mengatakan, pihaknya langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penanganan dengan menerjunkan 2 unit mobil damkar.

“Besar kemungkinan kejadian ini berasal dari korsleting listrik yang disebabkan colokan kabel televisi yang terpasang ke stop kontak. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, dan korban hanya mengalami kerugian satu unit televisi meledak,” paparnya. (Sandi/R6/HR-Online) Editor: Muhafid