Tim Balawista Pangandaran Terbaik di Indonesia dan Diakui Internasional

Tim Balawista
Pelatihan penyelamatan tim Balawista di Pantai Pangandaran. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tim Balawista Pangandaran, Jawa Barat, merupakan salah satu tim Bala Wisata Tirta (Balawista) terbaik di Indonesia, dan telah diakui secara internasional.

Hal itu dikatakan Ketua Balawista Nasional, Ade Erfin kepada HR Online di sela-sela kegiatan edukasi dan pelatihan penyelamatan yang digelar Balawista Nasional di Kabupaten Pangandaran, Kamis (08/04/2021).

Oleh karena itu, lanjut Erfin, Kabupaten Pangandaran menjadi tempat untuk pelatihan tim Balawista dari daerah lainnya. Pelatihan tersebut berlangsung selama empat hari.

Baca Juga : Balawista Pangandaran Selamatkan 15 Wisatawan Terseret Ombak

“Dengan kualitas yang tidak kami ragukan lagi, maka dari itu Balawista Nasional menggelar pelatihannya di Kabupaten Pangandaran. Mengingat segala sesuatunya sudah lengkap,” jelas Efrin.

Ketua Balawista Pangandaran, Heri, menambahkan, pelatihan edukasi Balawista ini berlangsung selama empat hari kedepan dengan peserta 40 orang dari Balawista lima kabupaten/kota wilayah Jawa Barat.

“Para peserta mendapatkan edukasi mengenai pertolongan kepada para warga yang terseret arus air. Baik itu terseret arus atau ombak laut maupun arus sungai. Kita juga memberikan edukasi cara penyelamatan di darat berikut tata cara penanganannya,” terang Heri.

Selain dua hal tersebut, masih banyak edukasi lainnya yang tim Balawista ajarkan kepada para peserta pelatihan. Heri berharap ke depan Balawista kabupaten/kota lain di Jawa Barat bisa menerapkannya. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah