Tips Mengecilkan Pori-pori dengan Skincare, Wajah Halus dan Terawat

Tips Mengecilkan pori-pori
Tips mengecilkan pori-pori dengan skincare yang sesuai. Foto: Ist/Net

Tips mengecilkan pori-pori dengan skincare agar kulit terlihat halus dan terawat. Masalah pori-pori besar tak hanya terjadi pada kulit berminyak, karena bisa terjadi akibat faktor penuaan. Ketika usia bertambah, pori-pori kulit akan semakin terlihat jelas.

Ini Tips Mengecilkan Pori-pori dengan Skincare

Untuk mengecilkan pori-pori, kita bisa melakukan beberapa langkah kecil berikut ini. Walaupun butuh proses yang tidak sebentar, namun kiat-kiat di bawah ini lumayan bisa menolongmu dari penampakan pori-pori yang mengganggu. Ketika pori-pori nampak samar, wajah tampak lebih muda dan jernih.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik, Cegah Wajah Kusam dan Terbakar

Rutin Membersihkan Wajah

Agar pori-pori terawat, maka kamu harus membersihkan wajah secara rutin. Pembersih yang digunakan tak hanya face wash saja. Sebelum mencuci wajah, gunakan cleansing balm terlebih dulu untuk meluruhkan kotoran.

Metode ini disebut double cleansing. Dengan melakukan pembersihan wajah dua tahap, maka pori-pori jadi lebih terawat. Lakukan double cleansing ini di malam hari sebelum tidur.

Seringkali penyebab pori-pori terlihat besar adalah kebiasaan buruk tidak membersihkan wajah sebelum tidur. Jadi walaupun kamu sudah melewati hari yang melelahkan, membersihkan wajah tetap harus dilakukan demi menjaga pori-pori.

Eksfoliasi Seminggu Sekali

Tips mengecilkan pori-pori selanjutnya lakukan eksfoliasi seminggu sekali. Jangan terlalu sering karena jika over exfoliating nanti kulit bisa iritasi. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Melakukan eksfoliasi bisa dengan scrub atau chemical. Scrub berbentuk physical, pilih produk yang memiliki butiran halus agar tidak terasa kasar. Atau kamu juga bisa pilih chemical berupa exfoliating toner dengan kandungan AHA/BHA.

Pilih Moisturizer dengan Retinoid

Jika ukuran pori-pori melebar akibat penuaan, maka penggunaan retinol atau retinoid pada kosmetik dapat membantu. Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang dapat menghambat penuaan dengan membuat kulit menjadi elastis.

Sehingga apabila kamu mencari skincare anti aging untuk mengecilkan pori-pori, maka disarankan pilih produk dengan kandungan retinol. Namun penggunaannya akan lebih efektif di malam hari. Para ahli berpendapat bahwa sinar matahari dapat mengurangi efektivitas retinol.

Pakai Primer yang Mengandung SPF

Untuk membuat pori-pori terlihat samar, gunakan primer sebelum memakai make up. Primer dapat mengisi pori-pori sehingga wajah terlihat lebih mulus dan make up jadi lebih rata.

Baca Juga: Facial Foam Sesuai Jenis Kulit, Jangan Salah Pilih!

Kalau bisa, pilih primer yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari sinar matahari. Tanpa kita sadari, sinar matahari juga bisa memicu penuaan lebih cepat. Tetapi ingat ya bersihkan wajah di malam hari sebelum tidur.

Hindari Kebiasaan Tangan Menyentuh Wajah

Tips mengecilkan pori-pori yang terakhir hindari kebiasaan menyentuh wajah. Tanganmu belum tentu bersih karena telah menyentuh banyak benda, maka jangan sampai bakteri berpindah ke wajah. Terutama saat sedang berjerawat, tindakan menyentuh wajah terlalu sering akan menyisakan bekas yang susah hilang.

Demikian tips mengecilkan pori-pori agar wajah tampak lebih muda, sehat, dan terawat. Menemukan skincare yang tepat adalah kunci dalam merawat kulit sehingga kemunculan kerutan dapat kita cegah sedini mungkin. Selain itu imbangi perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu