Tips Merawat Jaket Kulit yang Benar Supaya Tidak Cepat Rusak

Jaket Kulit
Tips merawat jaket kulit yang benar supaya tidak cepat rusak. Foto: Net/Ist.

Tips merawat jaket kulit yang perlu Anda perhatikan supaya tidak cepat rusak. Tak sedikit orang yang cenderung kesulitan menjaga kualitas jaket kulit miliknya. Sehingga hasilnya pun menjadi rusak. Tentunya sangat disayangkan kalau jaket kulit rusak akibat perawatan yang salah.

Jaket berbahan kulit bisa membuat penampilan pemakainya terlihat gaya dan terkesan gagah. Oleh karena itu hampir semua kalangan menyukai jaket kulit. Walaupun harganya mahal jika dibandingkan dengan jaket lainnya.

Selain mampu memberikan tampilan yang keren dan gaya, mengenakan jaket berbahan kulit akan terasa hangat lantaran bahannya tebal.

Maka tak heran jaket ini menjadi fashion favorit bagi para pemotor yang punya hobi touring karena akan terasa nyaman selama dalam perjalanan.

Namun sayangnya, mereka yang memiliki jaket kulit masih banyak yang tidak mengetahui cara perawatannya. Agar jaket berbahan kulit tetap awet dan tahan lama. Berikut ini tips perawatannya seperti yang HR rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga : Jaket Kulit Wanita, Penampilan Elegan dan Glamor Berdesain Klasik

7 Tips Merawat Jaket Kulit Agar Awet

Cara Membersihkan yang Benar

Membersihkan jaket berbahan kulit tidak sama seperti membersihkan bahan jenis pakaian yang lainnya. Anda harus ingat bahwa membersihkan jaket kulit tidak boleh direndam sepenuhnya dalam air, atau bahkan dalam mesin cuci.

Perawatan yang harus Anda lakukan yaitu membersihkannya secara teratur. Gunakan kain yang lembab dapat membantu mencegah adanya penumpukan minyak dan kotoran.

Selain itu, untuk mencegah agar tidak ada jamur, simpan jaket berbahan kulit dalam kondisi kering. Begitu pula menghilangkan minyak dan kotoran, atau noda warna yang ringan pada wajah.

Gunakan pula kain yang lembab serta air sabun untuk mengusapnya ketika sedang membersihkan jaket kulit, tapi jangan sampai membasahinya. Kemudian, keringkan dengan cara alami, jangan membiarkannya lembab terlalu lama.

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Tips merawat jaket kulit selanjutnya yaitu hindari mesin cuci. Karena, kulit merupakan bahan organik. Minyak alami yang terkandung di dalamnya membuat kulit menjadi lentur.

Oleh karena itu, mencuci jaket berbahan kulit dengan menggunakan mesin cuci bisa menyebabkan minyak alaminya hilang. Jika hal ini terjadi, maka jaket kulit akan keriput atau menjadi kering dan retak-retak.

Baca Juga : Model Jaket Kekinian untuk Wanita, Bisa Buat Ngantor atau Hangout

Mungkin bisa minyak alaminya bisa saja Anda isi ulang lagi, namun sekali cuci menggunakan mesin cuci jaket kulit Anda tidak akan sama lagi. Jadi, jangan sekali-kali mencucinya pakai mesin.

Hindari Mesin Pengering

Tips merawat jaket kulit berikutnya yaitu hindari mesin pengering. Karena jaket berbahan kulit bakal menyusut jika memasukkannya ke dalam mesin pengering.

Bahkan tidak hanya menyusut dan retak, tapi minyak alami yang terkandung di dalamnya juga akan mengering. Jadi lebih baik jangan gunakan pengering agar ukuran jaket kulit Anda tidak berubah.

Menyemir

Menyemir menjadi tips berikutnya dalam merawat jaket kulit. Gunakan balsem khusus untuk jaket kulit. Dengan cara menyemir akan membuat jaket berbahan kulit tetap awet dan tahan lama.

Sebab, paparan sinar UV juga bisa merusaknya, sama halnya seperti yang terjadi pada kulit kita ketika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar UV yang berkepanjangan membuat kulit jaket terlihat kusam.

Namun, untuk mengembalikan kilau jaket kulit jangan menggunakan semir sepatu. Memang cara tersebut menjadi solusi yang sederhana, tetapi hal ini justru solusi yang seharusnya Anda hindari.

Baca Juga : Jenis Jaket untuk Pengendara Motor, Wajib Tahu Agar Tak Salah Pilih

Pasalnya, semir sepatu dapat menyumbat permukaan kulit jaket, dan membuat kering, bahkan  warnanya bisa berubah. Sebagai solusinya, gunakan balsem khusus kulit agar kilau jaket tampak seperti baru.

Melembutkan

Melembutkan adalah tips merawat jaket kulit selanjutnya. Untuk melembut jaket kulit secara alami Anda dapat menggunakan kondisioner khusus kulit yang mengandung lanolin tinggi.

Cara Mengatasi Jamur

Jamur bisa muncul pada jika jaket kulit disimpan dengan kondisi lembab. Jamur yang muncul berwarna putih, kuning atau abu-abu dan berbulu halus. Terkadang jamur bisa muncul berwarna hitam atau hijau dan berlendir.

Namun, apapun bentuknya yang pasti semua jamur harus dihilangkan. Ketika berusaha menghilangkannya, sebaiknya gunakan masker berikut sarung tangan. Hal ini untuk mencegah munculnya masalah bagi kesehatan.

Cara mengatasinya menggunakan kain lembab yang sebelumnya sudah Anda rendam dalam larutan cuka. Lalu, biarkan jaket sampai kering secara alami.

Simpan dengan Cara Digantung

Terkahir tips merawat jaket kulit adalah dengan cara digantung. Karena, jika menyimpannya dengan cara digantung akan membuat jaket kulit terlihat lebih baik.

Jangan pernah melipat saat menyimpan jaket kulit Sebab hal itu akan menimbulkan kerutan dan garis-garis yang membuat tampilan jaket kulit menjadi kurang baik. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah