Tradisi Nadran Warga Baregbeg Ciamis, Ziarah ke Makam Keramat

Tradisi Nadran
Tradisi nadran warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam menyambut Ramadhan dilakukan dengan berziarah ke Situs Makam Keramat Buyut Mangun Tapa, Senin (12/04/2021). Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tradisi nadran warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam menyambut Ramadhan dilakukan dengan berziarah ke Situs Makam Keramat Buyut Mangun Tapa, Senin (12/04/2021).

Kepala Desa Baregbeg, H. Owoy menjelaskan, tradisi nadran pada intinya mengirim doa kepada orang tua atau keluarga yang telah tiada. Warga melakukan nadran dengan cara berziarah kubur untuk mengirim doa dengan mendatangi makam secara langsung.

Warga juga memanfaatkan tradisi nadran menyambut Ramadhan ini untuk merawat dan membersihkan makam, sambil menabur bunga.

“Selain melakukan doa bersama, kegiatan dalam tradisi Nadran saat munggahan yakni makan bersama, atau istilahnya botram,” terangnya. 

Tujuan dari tradisi nadran sendiri untuk mempererat tali silaturahmi, dan sebagai ajang bermaaf-maafan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Agar dapat melakukan ibadah dengan baik.

Owoy menambahkan, tradisi nadran warga Baregbeg sebetulnya sudah berlangsung secara turun-temurun setiap menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kalau secara besar-besarannya ini merupakan kali pertama. Tradisi nadran ini tidak hanya para pejabat Kabupaten Ciamis saja yang hadir, tetapi budayawan dari luar Kecamatan Baregbeg pun turut hadir,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah