Cara Pemdes Kertahayu Ciamis Urai Kerumunan Saat Pembagian BLT

Warga Kertahayu Ciamis Antre Pembagian BLT Tahap Pertama 2021
Pembagian dana BLT atau Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2021 untuk warga Desa Kertahayu, Kec. Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (30/4/2021). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Kertahayu, Kec. Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali gembira. Pasalnya, mereka menerima pembagian BLT atau Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2021.

Pantauan HR di lapangan, saat pembagian BLT DD tersebut, petugas berhasil menghindari kerumunan warga yang mengantre. Adapun pembagian tersebut dilaksanakan di aula kantor Desa Kertahayu, Jumat (30/04/2021).

“Untuk antrean kita memang sudah sengaja atur sejak sebelum pembagian,” ucap Kepala Desa Kertahayu, Yari Budiana, kepada HR Online, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut Yari menuturkan, sebagai solusi untuk menghindari kerumunan, maka pihaknya melakukan penjadwalan dari masing-masing dusun. Sehingga, dengan begitu tidak terjadi penumpukan antrean saat pencairan.

“Apalagi untuk penerima bantuan BLT DD ini hanya sebanyak 123 orang. Adapun masing-masing penerima mendapatkan sebesar Rp 300.000, dan ini hanya untuk satu bulan saja,” terangnya.

Sedangkan untuk mekanisme pembagian pencairan BLT ini, pihaknya telah menugaskan staf desa yang senantiasa standby untuk mencairkan BLT selama 24 jam.

Jadi, katanya, seandainya ada warga yang tanggung sedang bekerja, maka mereka bisa datang ke desa sampai sore atau malam. Sehingga, para penerima ini tidak perlu was- was bagiannya tidak bisa dicairkan.

“Kami sudah menyiapkan petugas yang standby hingga selesai proses pencairan pembagian BLT ini,” pungkas Yari. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto