Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Urutan Skincare di Malam Hari
Urutan Skincare di Malam Hari. Foto: Ist/Net

Sebelum tidur, kita perlu mengikuti urutan skincare di malam hari. Meski lelah beraktivitas seharian, memastikan kulit dalam keadaan bersih dan ternutrisi perlu dilakukan agar kamu bangun pagi dengan wajah lebih cerah keesokan harinya.

Ini Urutan Skincare di Malam Hari

Berikut ini adalah urutan skincare di malam hari yang bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan kulit mulus dan glowing.

Cleansing Balm

Double cleansing method sangat penting bagi kamu yang serius merawat kulit, agar make up dan kotoran terangkat dengan sempurna.

Baca Juga: Bedak Tabur untuk Kulit Berjerawat yang Mungkin Cocok untuk Anda

Cleansing balm adalah salah satu produk pembersih yang bisa kamu pakai sebelum face wash. Walaupun namanya ‘balm’, tetapi begitu diaplikasikan ke wajah, akan berubah menjadi oil.

Cleansing balm dapat meluruhkan segala jenis make up waterproof seperti mascara, eyeliner, bahkan lipstick. Cleansing balm merupakan produk pembersih tahap pertama untuk kamu yang kurang cocok dengan cleansing milk, cleansing oil, atau micellar water.

Face Wash

Membersihkan wajah adalah urutan skincare di malam hari selanjutnya, pilih face wash yang mengandung komposisi netral atau tidak menggunakan zat aktif.

Salah satu contohnya adalah Senka Perfect Whip, face wash yang mengandung hyaluronic acid agar wajah tetap lembab dan kenyal, sehingga kulit tidak kekeringan sesudahnya.

Baca Juga: Manfaat Membersihkan Wajah Sebelum Tidur, Bisa Mencegah Keriput

Exfoliating Toner

Inilah alasannya mengapa sebaiknya memilih face wash dengan komposisi netral, yaitu agar tidak bertabrakan dengan exfoliating toner dengan kandungan AHA/BHA.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan exfoliating toner hanya 1-2 kali saja dalam seminggu ya, agar tidak terjadi over-exfo.

Hydrating Toner

Setelah mengangkat sel kulit mati, boleh kamu timpa lagi dengan toner yang bersifat hydrating dalam urutan skincare di malam hari.

Biasanya hydrating toner hanya menggunakan telapak saja dalam pemakaiannya, sehingga kamu harus tepuk-tepuk secara perlahan agar menyerap ke kulit.

Essence

Tahap essence ini bersifat optional ya, boleh dilakukan, boleh juga tidak. Essence saat ini sedang populer karena menawarkan banyak manfaat dalam satu produk, dari mulai melembabkan wajah hingga menjadikan kulit awet muda.

Serum

Sama seperti essence, serum juga bersifat optional namun benar-benar kamu butuhkan, apalagi jika kamu memiliki masalah membandel.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Tak Bisa Dihindari dan Cara Mengatasinya

Seperti bekas jerawat yang susah hilang, atau garis-garis halus yang mengganggu. Serum menjadi obat darurat untuk kamu yang butuh penanganan segera atas masalah kulit.

Moisturizer

Gunakan pelembab di malam hari untuk menutrisi kulit wajah. Saat kita tidur di malam hari, kulit melakukan penyerapan besar-besaran sehingga tak jarang orang lebih memilih cream malam yang memiliki konsentrasi lebih tinggi.

Tidak menutup kemungkinan bahwa pelembab yang kamu gunakan di malam hari akan mempercepat regenerasi sel kulit.

Sleeping Mask

Kamu juga bisa menggunakan sleeping mask 1-2 kali dalam seminggu. Sleeping mask biasanya memiliki tekstur gel yang mudah menyerap dan akan memberi kelembaban di kulit sepanjang malam. Sleeping mask juga bisa disesuaikan tergantung kondisi atau jenis kulit.

Dengan mengikuti urutan skincare di malam hari, kamu bisa mendapatkan kulit yang mulus dan glowing. Menggunakan produk dengan tahap yang benar dapat memaksimalkan manfaatnya. Jika tahapannya salah, maka produk yang kamu gunakan tidak akan memberi hasil sesuai harapan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu