Waktu Shalat Fajar Lebih Afdhal Setelah Adzan Subuh Berkumandang

Waktu Shalat Fajar Lebih Afdhal Setelah Adzan Subuh Berkumandang
Ilustrasi Waktu Shalat Fajar. Foto: Ist/Net

Waktu shalat fajar ternyata mampu mengundang perhatian banyak orang. Mengapa demikian? Karena ada banyak orang yang masih bingung mengenai kapan seharusnya kita melaksanakannya.

Namun, meskipun demikian, keutamaan dari shalat ini sangatlah luar biasa. Amalan sunnah dan ringan ini membawa banyak manfaat untuk umat manusia.

Bahkan seorang muslim akan beruntung apabila dengan rutin menjalankan dan tahu sebaiknya kapan waktu shalat ini, maka surga dan seisinya sudah menanti kedatangannya. Sudah siapkah anda menjadi pemiliknya dan termasuk salah satu bagian dari tempat terbaik Allah?

baca juga: Shalat Sunnah Muakad, Penjelasan, Macam-macam, dan Keutamaannya

Kapan Sebaiknya Waktu Shalat Fajar Paling Afdhal dan Terbaik Itu?

Mengenai kapan pelaksanaannya, itu juga akan berpengaruh besar bagi seseorang. Bagaimana tidak, terkadang memang ada ciptaan Allah, kalau ia tidak mau melakukannya sebelum ia mengetahui kapan waktu tepatnya atau kapan waktu terbaik untuk melaksanakannya.

Hal tersebut memang ada nyatanya. Apalagi ini perihal sunnah, yang apabila kita mengerjakan akan mendapatkan pahala, tetapi kalau tidak juga tidak akan mendapatkan dosa.

Untuk anda yang masih mempunyai fikiran mengenai hal tersebut, segera tinggalkan. Karena sungguh ketika anda sadar akan kesempatan, bangun lebih awal, dan masih mendapatkan sisa waktu shalat fajar, maka kerjakanlah.

Bagi anda yang belum tahu mengenai waktu shalat fajar, amalan sunah tersebut alangkah lebih baiknya jika anda kerjakan setelah adzan subuh berkumandang, namun sebelum iqomah.

Perlu anda ketahui juga bahwa shalat qobliyah ini menjadi shalat sunah rawatib. Maksudnya adalah shalat yang memang dirutinkan sebelum maupun sesudah shalat fardhu.

baca juga: Hikmah Shalat Berjamaah, Bukti Ketaatan Kepada Allah SWT

Dalil Tentang Dua Rakaat Sebelum Subuh

Nah, mulai saat ini anda sudah tak perlu bingung antara kapan waktu shalat fajar dan qobliyah. Dari kisah Aisyah Radhiyallahu’anha menjelaskan:

Sudah jelas bukan bahwa amalan yang selalu Baginda Nabi rutinkan adalah shalat sunah qobliyah. Lalu mengapa shalat fajar? Karena untuk bisa melaksanakannya harus menunggu terbit fajar dan sebelum pelaksanaan subuh.

baca juga: Hal yang Membatalkan Shalat Agar Tidak Sia-Sia Ibadahnya

Bagaimana Pelaksanaannya?

Faktanya juga masih banyak yang bingung untuk melaksanakan shalat dua rakaat yang keutamaannya lebih baik daripada dunia seisinya ini.

Berarti selain kita mengetahui kapan waktu shalat fajar, berarti kita juga harus mengetahui bagaimana pelaksanaannya. Jangan sampai salah dan malah tidak diterima Allah SWT.

Mengenai pelaksanaannya, shalat ini sama dengan shalat fardhu. Hanya saja, perbedaan yang paling menonjol itu terdapat pada bacaan niatnya.

Apa Saja Faedahnya?

Selain banyak yang menanyakan bagaimana pelaksanaan dan waktu shalat fajar, faedah, dan keutamaan sering sekali kita dengar. Untuk keutamaan shalat ini terdapat banyak sekali.

Salah satunya kebaikan amalan sunah ini lebih baik daripada dunia seisinya. Maa Syaa Allah, untuk anda yang sudah rutin mengerjakannya, semoga amal ibadah anda menjadi bertambah.

Keutamaan yang selanjutnya adalah kelak di surga siapapun yang Lillah dan rajin mengerjakan amalan ini, maka kelak akan dibuatkan rumah saat di surga. Maha besar Allah SWT atas semua kekuasaannya. Siapa yang tidak mau mendapatkan hadiah dari Allah?

Sudah berada di surga, dibangunkan rumah pula. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang masih anda dustakan? Hanya dua rakaat saja, anda bisa mendapatkan rumah. Bagaimana yang banyak rakaat?

Kemudian dengan kita rajin mengerjakan shalat fajar, berarti kita juga mengikuti sunah-sunah Baginda Nabi SAW. Bukankah hal tersebut sudah menjadi kewajiban kita?

Sebagai umat Kanjeng Nabi Muhammad sudah sepatutnya kita mengikuti semua perintahnya. Hal tersebut juga bertujuan supaya kelak kita akan mendapatkan syafaatnya. Allahumma Aamiin.

Selanjutnya keutamaan saat anda mengerjakan shalat ini adalah bisa menutupi kekurangan shalat wajib anda. Bagaimana maksudnya?

Manusia memang ciptaan Allah yang paling sempurna daripada hewan dan yang lainnya, karena memiliki akal yang berguna untuk berfikir dahulu sebelum bertindak.

Meskipun demikian, namun manusia juga tidak bisa luput dari kesalahan. Terutama dalam menjalankan shalat fardhu, bukan sedikit yang masih suka bolong-bolong.

Ada saja alasan yang mendasari mengapa anda meninggalkan shalat fardhu tersebut. Maka dari itu, saat anda rutin mengerjakan shalat ini, dapat menutup shalat fardhu anda yang masih kosong.

Teruntuk anda yang belum paham mengenai kapan waktu shalat fajar, semoga dengan adanya penjelasan ini dapat membantu anda untuk bisa menjalankannya. Mari bersama berubah menuju yang lebih baik. (Muhafid/R6/HR-Online)