Wisata Takjil di Kota Banjar Selama Ramadhan, Catat di Sini Lokasinya!

Wisata Takjil
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Banjar, saat meninjau kawasan wisata jogging area Banjar Water Park yang akan dijadikan lokasi wisata takjil saat Ramadhan nanti. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Wisata takjil di Kota Banjar, Jawa Barat, bakal berlangsung selama bulan Ramadhan 1442 H di kawasan Banjar Water Park (BWP), Lingkungan Parunglesang, Kelurahan Banjar.

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Banjar, akan menyulap kawasan wisata Banjar Water Park menjadi lokasi wisata takjil.

Saat ini konsep wisata takjil masih dalam tahap persiapan bersama Karang Taruna Kelurahan Banjar, dan paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) kawasan BWP.

“Masih dalam tahap persiapan. Besok hari Rabu akan kita bahas lagi bersama paguyuban untuk finalisasinya,” kata Kepala Bidang UMKM DKUKMP Kota Banjar, Tatang Nugraha, kepada HR Online, Selasa (06/04/2021).

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Tatang, untuk wisata takjil ini akan melibatkan para pedagang kaki lima yang biasa berjualan di kawasan BWP. Terutama mereka para pedagang yang sudah memiliki tenda tempat berjualan.

Jumlah pedagang yang sudah memiliki tenda sampai sekarang ini tercatat ada 48 pedagang. Wisata kuliner tersebut juga tidak menutup kemungkinan melibatkan para pedagang yang berasal dari luar Kota Banjar.

“Untuk makanan takjil yang akan menjadi wisata kuliner ini terserah mereka para pedagang yang akan menyiapkan. Tentunya menu khas sajian buka puasa,” ujarnya.

Tatang juga menjelaskan terkait batas waktu ataupun jam operasional wisata takjil. Rencananya waktu operasional akan dibuka dari tanggal 3 sampai 28 Ramadhan, atau berlangsung selama 25 hari.

Jam Operasional Wisata Takjil di Kota Banjar

Baca Juga : Agrowisata di Kota Banjar, Desa Langensari Jadi Sentra Buah Alpukat

Sedangkan, untuk jam operasionalnya dibatasi hanya berlangsung selama dua jam, mulai pukul 16:00 – 18:00 WIB, atau sampai waktu berbuka puasa selesai.

“Kami akan memantau pelaksanaan wisata takjil ini. Rencananya hanya berlangsung menjelang jam buka puasa saja,” terangnya.

Tatang menambahkan, dengan adanya wisata takjil di Kota Banjar ini, pihaknya berharap dapat mendongkrak pendapatan. Serta membantu meningkatkan pemulihan ekonomi para pedagang kecil yang selama ini lesu akibat terdampak wabah pandemi Covid-19.

Selain itu, juga untuk memanjakan dan memberikan fasilitasi kepada masyarakat. Khususnya para pecinta kuliner yang ingin menikmati suasana menjelang buka puasa atau ngabuburit.

“Semoga saja nanti wisata takjil ini mendapat antusiasme dari masyarakat, terutama pecinta kuliner, dan tentunya berimbas positif untuk pemulihan ekonomi,” harap Tatang.

Konsep Berjualan

Sementara itu, Ketua Paguyuban PKL Banjar Water Park, Dadang mengatakan, untuk kesiapan wisata takjil, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pedagang yang lain. Termasuk Karang Taruna Kelurahan Banjar.

Kemudian, untuk konsep penataannya nanti sama seperti saat berjualan pada hari Minggu pagi. Termasuk pengaturan penempatan zonasi sebagai pemisah antara pedagang yang berjualan pakaian dan makanan.

“Tadi malam kami sudah adakan rapat dengan Karang Taruna, jadi sudah fix. Tinggal koordinasi dengan dinas terkait, kepolisian dan kelurahan saja,” kara Dadang. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah