Yamaha Byson FZ-X, Diduga Motor Touring dari FZ

Yamaha Byson FZ-X, Diduga Motor Touring dari FZ
Ilustrasi Yamaha Byson FZ-X. Foto: Ist/Net

Yamaha Byson FZ-X merupakan pabrikan motor asal Jepang. Saat ini terindikasi akan meluncurkan motor ini dalam waktu dekatnya di India. Sementara itu, Yamaha kini sedang mengajukan merek dagangnya yang bernama FZ-X di India.

Kode nama tersebut mengindikasi sebagai motor jenis petualang kelas 250 cc. Motor tersebut hadir dari varian keluarga FZ. Basisnya yang berasal dari FZ25 dengan menyertakan tambahan sejumlah aksesori untuk touringnya.

Spekulasi Mengenai Yamaha Byson FZ-X 

Meskipun kini masih berupa spekulatif, kemungkinan motor ini menjadi varian baru dari FZ. Tentunya dengan adanya kosmetik tambahan. Apabila memang orientasinya sebagai motor touring dari FZ. Maka bisa saja pemberian aksesorisnya, seperti windshield baru dan handguards.

Baca Juga : Yamaha FZS-FI 2021 Meluncur di India, Intip Spesifikasi yang Diusungnya

Hal itu yang bisa terlihat pada FZS 25. Dengan begitu, motor ini akan menjadi kuda besi petualang untuk kelas menengahnya. Sampai saat ini, belum banyak informasi yang tersedia mengenai motor tersebut.

Namun beberapa renderan motor ini sudah banyak beredar. Menunjukkan seperti apa tampilannya sepeda motor touring dari Yamaha. Lalu, dari sekian gambar hasil rekaman yang tersiar, terlihat paling mencolok yang asalnya dari YSD atau Yogi Sejwal Design.

Ia melakukan beberapa modifikasi gambar dari keluarga FZ lain. Seniman tersebut memberikan rancangannya motor Yamaha Byson adventure tourer berdasarkan naked street FZ-X. Hal tersebut untuk Yamaha jual di India dan luar negeri, salah satunya Indonesia.

Spesifikasi

Mulai dari bagian depan motor tersebut. Lampu utamanya mengadopsi dari Yamaha Byson yang sudah kenal selama ini. Namun, desainnya hadir dengan posisi ulang. Karena, hal itu demi memberikan tampilan sebagai kuda besi petualangnya.

Kemudian, bagian bawahnya terpasang spakbor ganda dan bagian atasnya mirip paruh burung. Lalu, juga terpasang windshield besar dan handguard. Tentunya untuk mendukung kebutuhan adventure.

Menurut gambar render, Yamaha Byson FZ-X mendapat garpu upside down dan pelek rujinya. Dengan menyematkan double cakram.

Model tangkinya yang mengambil dari FZ16, dengan bentuk menggembung besar. Shroud di bawah penampung bensin mengalami penggantian. Dengan covernya yang menutup sebagian mesin, lengkap dengan engine guard.

Bagian bodi tengahnya sampai belakang tidak mengalami perubahan. Bentuknya sama dengan Yamaha Byson generasi pertamanya yang ada di Indonesia. Hanya saja bagian jok lebih bertingkat, serupa dengan motor FZS.

Baca Juga : Yamaha TMAX 20th Anniversary Limited Edition, Produksi 560 Unit Saja

Kemudian, roda belakangnya juga mengadopsi pelek ruji dengan ban dan rem cakram besarnya. Namun hal ini masih produk imajinasi. Hal ini karena sama sekali belum ada informasi terkait motor FZ-X.

Mesin

Apabila benar mengambil platform dari FZ25, maka dapat diartikan bahwa Yamaha Byson FZ-X memiliki mesin berkapasitas 249 cc. Motor dengan satu silinder, SOHC, 4-stroke, 2-valve dan berpendingin udaranya.

Sedangkan bagian jantung mekanis tersebut, akan menghasilkan tenaga sebesar 21 Hp. Pada putarannya 8.000 rpm dan torsi 20 Nm di 6.000 rpm. Daya motor itu yang tersalurkan ke roda belakangnya. Tentunya dengan menggunakan 5 percepatan manual.

Tidak hanya itu, sistem bahan bakar yang dimiliki motor ini adalah fuel injection. Menggunakan teknologinya Blue Core. Bentuknya bisa terbilang serupa dengan Yamaha Scorpio yang beredar di Indonesia.

Fitur

Selanjutnya, dalam hal fitur Yamaha Byson FZ-X, kemungkinan serupa dengan FZ25 ataupun FZS 25. Motor yang sudah lebih dulu meluncur. Seperti bagian lampu yang LED di headlamp dan stoplamp. Lalu, fitur lainnya speedometer full digital, rem anti-lock braking system (ABS) dan engine cut off.

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Meski dalam kabarnya yang mengadopsi basis dari naked bike dari FZ series. Namun diharapkan akan ada improvisasi. Kemungkinan pada sektor kaki-kakinya. Hal itu karena menyesuaikan dengan konsep motor yang adventure.

Sama seperti semua merek dagang, meskipun sudah didaftarkan. Namun tidak berarti akan diproduksi dalam waktu dekatnya. Apabila motor ini merupakan varian dari FZ dan bukan sepeda motor yang serba baru. Maka prosesnya akan jauh lebih cepat.

Apabila benar jadi diluncurkan, FZ-X ini kemungkinan melawan Hero Xpulse 200. Selain itu juga Royal Enfield Himalayan dan KTM 250 Adventure yang sudah terlebih dahulu meluncur di India.

Yamaha Byson FZ-X kini sedang mengajukan merek dagangnya di India. Mengenai kapan peluncurannya belum dapat dipastikan. Kini hanya bisa berspekulasi, karena belum ada informasi yang tersedia mengenai motor ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto