Zat Pemicu Komedo di Dalam Produk Kosmetik, Waspada ya Bun!

Zat Pemicu Komedo
Ilustrasi zat pemicu komedo dalam produk kosmetik. Foto: Ist/Net

Meski bertujuan untuk merawat kulit, ternyata masih ada lho skincare yang mengandung zat pemicu komedo. Kamu yang suka pakai make up wajib banget membersihkan wajah sebelum tidur agar pori-pori tidak tersumbat.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Jerawat dan komedo sama-sama disebabkan oleh pori-pori tersumbat, namun penampilannya berbeda. Komedo sangat kecil namun muncul dalam jumlah banyak dan mengganggu penampilan apalagi jika terlihat jelas di bagian hidung.

Beberapa Zat Pemicu Komedo di Dalam Produk Kosmetik

Agar kulit tetap lembut dan halus, yuk kenali zat pemicu komedo dalam produk kosmetik.

Alkohol

Di dalam produk kosmetik, jenis alkohol yang paling sering digunakan adalah metanol atau etanol. Skincare yang biasanya mengandung alkohol adalah toner. Tanda alkohol dalam toner biasanya ada sensasi dingin di kulit dan dapat mengurangi minyak di wajah.

Tapi alkohol bisa jadi zat pemicu komedo jika kamu menggunakannya terlalu sering. Hal ini terjadi karena lama-lama bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan kemunculan komedo bahkan jerawat.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik, Cegah Wajah Kusam dan Terbakar

Yuk mulai sekarang kita lebih cermat lagi memilih produk, hindari skincare dengan kadar alkohol yang terlalu tinggi. Biasanya komposisi mengurutkan bahan-bahan dari yang terbanyak hingga sedikit. Apabila metanol atau etanol disebutkan paling awal maka kadar alkoholnya cukup tinggi.

Coconut Oil

Minyak kelapa atau coconut oil mengandung vitamin E dan asam amino esensial yang baik untuk kulit. Namun jika kamu terlalu sering menggunakannya, minyak kelapa bisa jadi zat pemicu timbulnya komedo.

Karena mengandung lemak tinggi, maka coconut oil bisa merekatkan partikel debu atau sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan virgin coconut oil (VCO) yang bersifat non-comedogenic.

Penggunaan VCO biasanya cukup efektif mengangkat make up yang waterproof, sehingga sering terkandung dalam produk cleansing oil. VCO juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Talc

Zat pemicu komedo selanjutnya adalah talc yang biasa terkandung dalam bedak. Banyak orang menggunakan bedak tabur karena bisa menyerap minyak di wajah dan membuat make up terlihat alami.

Namun jika tidak dibersihkan dengan benar, talc omo dapat menimbulkan komedo karena menyumbat pori-pori. Bukan berarti kamu tidak boleh memakai bedak, namun tidak boleh lupa membersihkannya dengan micellar water atau pembersih khusus make up.

Baca Juga: Pertanda Masalah Kesehatan dari Jerawat, Bukan Rindu yang Dipendam

Silicone

Contoh kandungan silikon pada produk kosmetik di antaranya dimethicone, methicone, dan trimethicone. Biasanya terdapat pada bb cream atau foundation. Bahan silikon dapat membuat wajah terlihat lembut dan pori-pori tersamarkan.

Selain menutup permukaan kulit, ia juga bisa menimbun kotoran, sel kulit mati dan debu. Akibatnya pori-pori tersumbat dan muncul komedo. Oleh karena itu, kamu suka pakai make up wajib banget membersihkan wajah hingga tuntas.

Itulah zat pemicu komedo yang terkandung dalam produk kosmetik. Kamu boleh-boleh saja memakainya sesuai kebutuhan, tapi sebaiknya tidak berlebihan ya. Membersihkan wajah dengan face wash dua kali sehari dapat mencegah pori-pori tersumbat, lakukan juga eksfoliasi seminggu sekali. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu