Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruZontes 310M 2021, Mocin Pesaing NMAX dan Forza 250

Zontes 310M 2021, Mocin Pesaing NMAX dan Forza 250

Sepeda motor matic Zontes 310M 2021 memang sangat asing didengar oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, motor asal pabrikan China ini baru tersedia di negara luar selain Indonesia.

Padahal, kemampuan dari Zontes tersebut bisa bersaing dengan Yamaha NMAX dan juga Forza 250 besutan Honda.

Baca Juga : Honda Forza 350, Tampilan Spesifikasi yang Lebih Keren

Sehingga, persaingan motor matic kelas 250 cc tersebut makin menarik. Selain tiga kendaraan roda dua tersebut, ada juga pesaing lainnya. Seperti, Kymco Downtown 250i, Benelli Zafferano, dan SYM GTS 250i.

Spesifikasi Zontes 310M 2021

Motor China (Mocin) ini menjadi saingan baru bagi gacoan motor asal pabrikan berlogo garpu tala tersebut. Selain itu, skutik gambot 250 cc ini juga ancaman untuk motor premium Honda Forza 250.

Memang untuk kedua motor asal Jepang tersebut di Indonesia masih yang teratas dalam hal penjualan. Akan tetapi, untuk negara lainnya persaingan motor maic 250 cc makin ketat.

Mengutip dari Suara.com, Kamis (15/4/2021), Zontes 310M 2021 memiliki kelebihan, yang tentunya menjadi senjata andalan untuk mengalahkan pesaingnya.

Mesin

Pada bagian mesin, mocin ini lebih powerfull ketimbang pesaingnya. Adapun mesin yang Zontas 310M bawa memiliki kapasitas 309 cc dengan 1 silinder. Selain itu juga, mesinnya ini menggunakan sistem injeksi bahan bakar.

Sedangkan tenaga yang Zontes 310M keluarkan ini bisa memiliki rasio kompresi tinggi 11,8:1, dengan konsumsi bahan bakar yang sangat rendah, yang mampu menghasilkan 24,5KW dan output tenaga sebesar 32NM.

Dengan kapasitas mesin yang besar itu, maka mocin ini bisa menghasilkan kekuatan lebih dari 24KW, dan berakselerasi dari 0–100 km / jam dalam waktu hanya 8 detik.

Baca Juga : All New Honda PCX 160 Pesaing NMax Hadir di Indonesia, Harga?

Sehingga dengan kemampuan tersebut, Zontes 310M 2021 ini bisa menjadi yang terkencang dan terbuas kelas 250 cc.

Sementara untuk sistem pengereman, mocin ini menggunakan sistem ABS. Jadi, sistem ABS dual-channel ini memungkinkan pengendara mengendalikan skuter dengan tenang dalam situasi yang tidak terduga.

Desain

Sedangkan pada bagian desain, motor asal China ini memiliki desain dengan konsep unik. Seperti pada radiator atau pendingin mesin.

Perancang Zontes 310M 2021 membagi radiator menjadi 2 bagian, yang disusun di bagian depan dan bawah skuter.

Meski radiatornya ada 2, namun tidak menjadi masalah bagi pengendara. Pasalnya, bentuknya yang bisa pas dengan body dan terkoordinasi tanpa menghalangi permukaan pembuangan panas.

Kemudian pada desain lampunya memang tidak berbeda jauh atau bahkan mirip dengan pesaingnya yakni NMAX.

Motor ini semua pada bagian pencahayaan menggunakan Full LED plus. Intensitas cahaya pusat lampu depan bisa membuat perjalanan jarak jauh lebih menyenangkan.

Baca Juga : Honda Supra GTR 150 Special Edition, Desain Lebih Sporty

Selain itu, motor Zontes 310M 2021 pada bagian panel dashboard-nya juga sudah memiliki layar LCD berwarna TFT.

Instrumen layar LCD penuh warna TFT virtual ini memiliki empat tema antarmuka tema dipersonalisasi. Terdapat pula 2 mode lampu latar manual dan otomatis, yang dapat menyesuaikan intensitas lampu latar, sesuai dengan perubahan lingkungan yang terang dan gelap lingkungan.

Kelistrikan

Sedangkan pada bagian windshield, pengaturannya memakai sistem elektrik. Sistem tersebut memang bukan yang pertama, karena Forza 250 terlebih dulu memakainya.

Sementara sebagai sumber listrik, memakai baterai atau accu dengan kapasitas 12 AH. Accu-nya ini juga dapat bekerja dengan baik meski dalam suhu yang rendah.

Fitur

Motor matic Zontes 310M 2021 memiliki beragam fitur menarik. Seperti fitur untuk memantau tekanan ban. Fitur tersebut mengadopsi chip impor dari Jerman untuk mencapai pemantauan presisi tinggi.

Jadi, ketika tekanan ban tidak normal selama melaju, roda depan dan belakang akan terkunci dengan cepat. Selain itu juga akan ada peringatan yang muncul pada instrumen.

Jadi, sistem pemantauan tekanan ban akan secara efektif menghindari ban kempes dan meningkatkan mengemudi keamanan. Kemudian, hindari kerusakan ban pada tekanan udara rendah dan perpanjang umur ban.

Bukan hanya itu, Zontes 310M 2021 juga memiliki Port USB pengisian cepat ganda. Pengisi daya USB (versi pengisian cepat), menyediakan 2 port output USB yang mendukung protokol pengisian cepat QC3.0 untuk pengendara.

Selama pengisian cepat, daya keluaran dari satu port dapat mencapai 18W, dan total daya keluaran dari port ganda dapat mencapai 36W pada saat yang bersamaan.

Sedangkan untuk harganya, Zontes 310M 2021 saat ini berbanderol 30,8 ribu Yuan, atau kurang lebih setara dengan Rp 68,7 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru