175 Warga Cipaku Ciamis Terima Kartu Tani yang Multi Fungsi

Warga Cipaku

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 175 warga Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menerima Kartu Tani. Dengan kartu ini, masyarakat petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dengan mudah.

Pembagian Kartu Tani kepada 175 warga dari tiga desa di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis itu berlangsung di GOR Desa Gereba, Jumat (30/04/2021), dan dihadiri oleh PPL Desa Gereba, Kepala BP3K Kecamatan Cipaku, Babinsa dan Babinmas.

Kepala Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Icih Hendarsih, melalui Kasi Pelayanan Desa Gereba, Usman Ali mengatakan, 175 warga penerima Kartu Tani terdiri dari 92 orang asal Desa Gereba, 62 orang dari Desa Ciakar, dan 21 orang warga Desa Cieurih.

Baca Juga : Desa Gereba Raih Juara Pertama Pengajian BKMM Tingkat Kecamatan Cipaku Ciamis

Ia menjelaskan, dengan memiliki Kartu Tani, nantinya masyarakat akan lebih gampang dan murah mendapatkan pupuk bersubsidi. Selain itu, kartu tersebut juga dapat digunakan untuk menabung, serta transaksi lainnya.

“Kartu Tani ini merupakan kartu debit yang multi fungsi. Jadi selain untuk mengambil pupuk bersubsidi, bisa untuk fasilitas lain. Bahkan bisa untuk mengajukan kredit usaha,” terangnya.

Usman menambahkan, untuk mendapatkan Kartu Tani, masyarakat petani harus tergabung dulu atau membentuk kelompok tani. Kemudian, untuk pengambilan atau pembelian harus pupuk bersubsidi harus langsung oleh pemilik Kartu Tani dengan membawa KTP asli.

“Insya Allah, dengan adanya Kartu Tani ini penyaluran pupuk bersubsidi akan tepat sasaran,” pungkas Usman. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah