Pasca Lebaran, 33 Nakes Puskesmas di Ciamis Positif Covid-19

herdiat, 33 Nakes Puskesmas di Ciamis Positif Covid-19
Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan, ada beberapa daerah/kecamatan yang kasus konfirmasi positifnya naik, yaitu nakes Puskesmas Rancah sebanyak 33 orang positif Covid-19. Foto : Feri Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali melonjak. Ada sebanyak 33 tenaga kesehatan atau Nakes puskesmas terkonfirmasi positif Covid-19. Lonjakan tersebut terjadi karena diduga pasca libur lebaran.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan, sejak jauh hari memang sudah memprediksikan akan terjadi lonjakan kasus setelah hari raya Idul Fitri.

“Prediksi kita hampir benar. Dan ada beberapa daerah/kecamatan yang kasus konfirmasi positifnya naik, yaitu pegawai Puskesmas Rancah sebanyak 33 orang positif Covid-19,” kata Herdiat, setelah kegiatan Rakor di Aula Setda, Senin (31/5/2021).

Dengan melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa daerah, Herdiat mengimbau tentunya jangan pernah abai dan lengah terhadap menerapkan protokol kesehatan.

“Selain Kecamatan Rancah, Kecamatan Sukadana juga mengalami lonjakan. Saat ini kedua kecamatan tersebut masuk zona merah,” tuturnya.

Selain penambahan nakes puskesmas, menurutnya, angka kematian karena Covid-19 di Ciamis juga sangat tinggi. Ada sekitar 212 orang yang meninggal dunia.

“Kemudian, karena tingginya kematian, Ciamis masuk ranking ke dua di tingkat Jawa Barat,” katanya.

Herdiat mengungkapkan, saat ini masyarakat dalam memakai masker memang sudah berkurang. Maka dari itu, para ASN Ciamis harus lebih ekstra lagi mengingatkan masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kemudian, Bupati Ciamis juga berharap ada evaluasi terhadap tempat hiburan dan juga destinasi wisata. Terutama, saat ini Pemkab Ciamis juga telah melaksanakan PTM secara terbatas.

“PTM harus benar-benar dilaksanakan di daerah yang zonasi Covid-19 hijau. Maka dari itu, harus mengkaji kembali PTM,” ungkapnya.

Dinkes Ciamis Kecolongan Ada Nakes Puskesmas Positif Covid-19

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis, dr. Bayu Yudiawan mengatakan, meski kasus Covid-19 naik tapi masih dalam kondisi terkendali.

Menurutnya, saat ini jumlah kasus total di Ciamis mencapai 5.031 orang, yang aktif sebanyak 124 orang. Itu tidak bergejala dan melaksanakan isolasi mandiri.

Sementara terkait dengan 33 Nakes Puskesmas Rancah, Bayu menuturkan, pasien positif umumnya tidak bergejala dan hanya 4 orang yang bergejala ringan. “Semuanya melaksanakan isolasi mandiri,” tuturnya.

Lebih lanjut Bayu menambahkan, karena adanya Nakes yang positif Covid-19, maka untuk sementara menutup pelayanan Puskesmas Rancah.

“Kita kecolongan. Tiba-tiba ada klaster baru di nakes. Ini perlu adanya kajian lagi di tingkat pelayanan puskesmas,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto