Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TasikmalayaAkibat Pandemi, Wisata Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya Terbengkalai

Akibat Pandemi, Wisata Bukit Puji Ningrum Tasikmalaya Terbengkalai

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Sejumlah wisata rintisan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terbengkalai, akibat ditutup selama pandemi Covid-19. Salah satunya terjadi pada objek wisata Bukit Puji Ningrum yang terlihat tak terurus.

Objek wisata yang berada di Desa Janggala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya tadinya memiliki spot selfie favorit pengunjung.

Asep Kastoyon, Kepala Desa Janggala mengatakan, Bukit Puji Ningrum sempat viral dan terkenal karena di wilayah tersebut memiliki pemandangan yang cukup indah.

“Bahkan sempat disebut sebagai Negeri di Atas Awan. Sehingga saat itu banyak wisatawan yang kemping di lokasi,” ungkapnya, Rabu (26/5/2021).

Namun, seiring dengan penutupan sejumlah objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya akibat meningkatnya kasus Covid-19, pengunjung ke Bukit Puji Ningrum pun menurun drastis. Akibatnya pengelola pun tak mampu lagi membayar biaya pemeliharaan fasilitas.

“Kami pihak Pemerintah Desa masih menutup wisata rintisan tersebut, selain adanya larangan dari pemerintah juga karena belum adanya kesepakatan pengelolaan antara pemerintah desa dan pihak Perhutani,” ujarnya.

Sementara itu, Eko salah seorang pengunjung yang memaksa masuk mengakui Bukit Puji Ningrum memang memiliki potensi yang luar biasa karena keindahan alam dan panoramanya. Karena itu, menurutnya objek wisata tersebut perlu pemeliharaan dan perhatian lebih dari pemerintah daerah.

“Iya ini harus mendapatkan perhatian lebih dari Pemkab Tasikmalaya, karena objek wisata Bukit Puji Ningrum sangat indah dan akan menjadi tempat wisata unggulan di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Eko. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu