Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruAkibat Terbakar Sinar Matahari pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Akibat Terbakar Sinar Matahari pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Akibat terbakar sinar matahari kulit jadi kemerahan dan muncul noda hitam. Sering terpapar sinar matahari secara langsung bisa berakibat buruk apalagi jika kamu tidak menggunakan pelindung. Untuk kamu yang terkena masalah kulit terbakar dan muncul noda hitam atau flek, berikut ini adalah tips skincare yang bisa kamu terapkan.

Akibat Terbakar Sinar Matahari: Kemerahan di Wajah

Saat terjadi kemerahan di kulit akibat paparan sinar matahari, gunakan air yang sejuk atau dingin untuk mengompres kulit. Hindari memencet kulit yang melepuh dan lindungi dengan tabir surya atau sunscreen.

Oleskan krim atau gel yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti produk aloe vera misalnya. Kamu juga bisa menggunakan obat minum atau krim pereda nyeri saat terjadi kemerahan di wajah akibat terbakar sinar matahari.

Baca Juga: Make Up Kurang dari 5 Menit, Simple dan Tahan Lama

Berikut ini adalah beberapa produk untuk mengatasi kemerahan di wajah:

The Saem Aloe Soothing Gel 95% Rp 75 ribu

Produk ini dapat menenangkan dan melembabkan kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari lebih baik dari brand lain. Karena tidak mengandung alkohol, maka sangat aman untuk kulit sensitif. Kemasannya juga berbentuk tube, praktis dan mudah dibawa-bawa.

Banana Boat After Sun Care Aloe Vera Gel Rp 120 ribu

Banana Boat merupakan produk after sun care yang efektif mengurangi kemerahan di wajah, menenangkan kulit dan tidak menimbulkan iritasi. Kamu juga bisa pakai di area tubuh. Untuk meningkatkan sensasi dinginnya, produk bisa disimpan di kulkas terlebih dulu.

Innisfree Intensive Long Lasting Sunscreen SPF50+ PA++++ Rp 210 ribu

Sunscreen dari Innisfree ini tahan lama dan bersifat waterproof. Bisa menahan efek akibat terbakar dari sinar matahari dan mencegah kulit menjadi gelap saat beraktifitas di luar ruangan. Untuk kamu yang suka liburan ke pantai, berenang, atau jalan-jalan maka wajib banget punya sunscreen ini.

Baca Juga: Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Rekomendasinya

Mengatasi Noda Hitam/Flek

Kemunculan noda hitam atau flek bisa terjadi akibat terbakar sinar matahari dan perlu perawatan jangka panjang. HR Online sarankan untuk menggunakan produk brightening pada serum/cream yang bekerja memperlambat produksi melanin.

Beberapa kandungan yang dianjurkan di antaranya: azelaic acid, alpha arbutin, kojic acid, niacinamide, dan vitamin c. Selain itu juga dianjurkan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu menggunakan AHA atau BHA. Gunanya untuk mengangkat lapisan kulit yang berpigmentasi.

Rekomendasi produk untuk flek hitam di antaranya:

Avoskin Miraculous Refining Toner Rp 189 ribu

Kandungan AHA, BHA, dan PHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati, salah satunya akibat terbakar sinar matahari. Apabila kamu menggunakannya secara rutin, toner ini dapat mengangkat lapisan kulit yang berpigmentasi. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu setelah mencuci wajah.

The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Merupakan serum yang mengandung alpha arbutin dan hyaluronic acid. Alpha arbutin dapat memudarkan noda hitam, sedangkan hyaluronic acid melembabkan kulit hingga ke dalam. Warna kulit jadi lebih cerah merata.

Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum Rp 89 ribu

Niacinamide juga dapat mengatasi noda hitam di wajah. Serum ini lumayan ampuh untuk meratakan kulit di wajah dan menghilangkan bekas jerawat. Teksturnya juga ringan dan mudah menyerap.

Agar tidak terjadi lagi kemerahan di wajah akibat terbakar sinar matahari, gunakan tabir surya atau sunscreen meski sedang di dalam ruangan. Sinar matahari juga bisa memicu kemunculan noda hitam atau flek yang membutuhkan perawatan jangka panjang. Agar warna kulit jadi lebih merata, dianjurkan mengangkat sel kulit mati secara rutin. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu