Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisAksi Bela Palestina di Banjarsari Ciamis Diwarnai Bakar Bendera Israel

Aksi Bela Palestina di Banjarsari Ciamis Diwarnai Bakar Bendera Israel

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Massa gabungan santri yang ada di wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memadati Alun-alun Banjarsari untuk melakukan aksi bela Palestina, Rabu (26/05/2021).

Pantauan HR Online di lapangan, ratusan santri yang tergabung dari 19 organisasi memadati pusat Alun-alun Banjarsari. Massa aksi melaksanakan doa bersama dengan dipimpin langsung oleh ketua MUI Kecamatan Banjarsari.

Selain itu, massa juga melakukan aksi longmarch di akhir acara. Bahkan mereka pun melampiaskan amarahnya dengan cara menginjak-injak serta membakar lambang bendera Israel.

Koordinator aksi, Ustadz Asep Sobur (UAS) mengatakan, kegiatan tersebut untuk menunjukkan sikap kemanusiaan terhadap warga Palestina yang saat ini tengah menderita akibat gempuran Israel.

“Sebagai umat muslim, kami merasa prihatin dengan musibah yang terjadi terhadap warga Palestina. Kami juga mengutuk keras aksi Israel yang telah melakukan penyerangan terhadap warga Palestina,” katanya.

19 Organisasi Bergabung dalam Aksi Bela Palestina di Banjarsari Ciamis

UAS mengatakan, ada 19 organisasi masyarakat dan santri yang mengikuti kegiatan doa bersama tersebut.

Kesembilan belas ormas tersebut adalah PAC Nahdlatul Ulama Kecamatan Banjarsari, PAC Muhammadiyah Kecamatan Banjarsari. PAC Persatuan Islam (Persis) Kecamatan Banjarsari, dan PAC Persatuan Umat Islam (PUI) Kecamatan Banjarsari.

Selanjutnya ada Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida), Himpunan Alumni Miftahul Innayah (Hamifi), Forum Ma’had Silaturahmi Santri (FORMASI). PAC Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Kecamatan Banjarsari, dan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Banjarsari.

Selain itu, ormas lainnya yang mengikuti aksi bela Palestina adalah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Banjarsari, Badan Kerjasama Majelis Taklim Masjid (BKMM) Kecamatan Banjarsari, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Banjarsari, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Banjarsari.

Lalu ada Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (Igra), Forum Pondok Pesantren (FPP), Pecinta Habib Bahar Ciamis Selatan, Komunitas Assalam Peduli, dan Komunitas Bikers Subuhan Banjar Patroman.

“Alhamdulillah, semua kompak untuk mendoakan saudara kita yang ada di Palestina. Mudah-mudahan penderitaan saudara kita di Palestina segera berakhir,” katanya.

Selain melaksanakan doa bersama dan longmarch, massa juga melakukan aksi penggalangan dana yang akan dikirimkan untuk kemanusiaan ke Palestina. Lebih dari Rp 13 juta berhasil dikumpulkan.

“Uang ini nanti kita akan setorkan untuk menyumbang saudara kita di Palestina. Insyaallah, hari Jumat besok kita akan berikan uang ini kepada penyalur. Kita berikan saat aksi doa bersama yang akan dilaksanakan secara serentak di pusat Alun-alun Ciamis,” jelas UAS. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu