Amalan 10 Malam Terakhir Ramadhan Mendatangkan Banyak Pahala

Amalan 10 Malam Terakhir Ramadhan Mendatangkan Banyak Pahala
Ilustrasi Amalan 10 Malam Terakhir Ramadhan. Foto: Ist/Net

Amalan 10 malam terakhir Ramadhan merupakan malam yang kehadiran dan kedatangannya saat dinanti-nantikan oleh banyak umat. Pada malam tersebut ada sebuah momen atau peristiwa penting yang rugi jika kita lewatkan. Apa dan siapa dia? Lailatul Qadar malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Karena menjadi hari yang terbaik daripada seribu bulan. Banyak juga yang membicarakan untuk menyambut kedatangannya. Bukan hanya berasal dari golongan anak orang kaya akan tetapi yang beriman dan beramal soleh boleh melakukan suatu amal kebaikan ini.

baca juga: Amalan Menjelang Puasa, Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan

Beberapa Amalan 10 Malam Terakhir Ramadhan yang Mendatangkan Banyak Pahala

Banyak orang yang berlomba-lomba memanfaatkan moment terbaik ini. Bermacam-macam pula amalan yang dilakukan. Akan tetapi, supaya lebih afdhal dan selaras mari kita kupas tuntas bersama amalannya apa saja.

Memperbanyak Membaca Doa

Perlu anda ketahui saat Lailatul Qadar itu terdapat doa khusus yang bisa anda baca. Amalan 10 malam terakhir Ramadhan inilah terdapat banyak ampunan. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana doanya, berikut ini lafadznya.

Doa Lailatul Qadar tersebut biasanya juga dibarengi dengan doa sapu jagad atau dunia akhirat yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 201.

Bukan hanya doa itu saja yang harus dilafadzkan tetapi apapun doa terbaik anda langitkan. Mintalah yang terbaik untuk kehidupan dunia dan akhirat anda.

baca juga: Pesan Rasulullah Kepada Umatnya Amalan untuk Kehidupan Manusia

Memperbanyak Membaca Atau Tadarus Al-Quran

Event tadarusan bareng biasa hanya ada saat lebaran saja, entah apapun itu faktor dan alasannya. Akan tetapi tadarus Al-Quran juga bisa menjadi salah satu amalan 10 malam terakhir Ramadhan yang banyak mendatangkan manfaat untuk siapapun yang melakukannya.

Jika sebelumnya kita belum begitu lancar dalam membaca maka pahalanya justru lebih banyak daripada yang sudah pandai membaca, bahkan bisa menjadi terbiasa.

Selain itu yang tidak bisa membaca tetapi duduk diam mendengarkan, juga akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan yang membaca. Maa Syaa Allah banget, Allah Maha Baik, melimpahkan banyak ampunan dan pahala untuk hambanya yang masih enggan untuk bertaubat padahal dosanya sudah berkarat.

baca juga: Amalan di Bulan Sya’ban Akan Allah Lipat Gandakan Selama Satu Tahun

Melaksanakan Shalat Malam

Sudahkah anda melaksanakan shalat malam sebagai salah satu amalan 10 malam terakhir ramadhan ini? Shalat malam saat Ramadhan juga salah satunya adalah Tarawih. Jika anda masih berat untuk mengerjakannya di sepertiga malam terakhir, maka lakukan hal tersebut berjamaah di masjid.

Insya Allah, pahala yang akan anda dapatkan sama. Shalat tersebut merupakan amalan sunnah, akan tetapi saat Ramadhan sama halnya dengan amalan wajib. Sudah pasti dengan anda rutin melaksanakan shalat tersebut, semoga juga mendapatkan apa yang sudah Allah janjikan. Biidznillah itu penting.

Melakukan I’tikaf Di Masjid

I’tikaf juga termasuk dalam amalan 10 malam terakhir Ramadhan yang juga bisa anda lakukan. Anda harus melakukan segala hal di masjid. Melupakan semua urusan dunia anda. Menghabiskan semua waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memperbanyakkan berdoa,tadaruz, shalat malam, dzikir dan amalan-amalan lainnya yang pastinya mendatangkan kebaikan dan limpahan pahala juga mendapatkan ampunan dari Allah. Niatkan semua hanya karena Allah Ta’alla saja. Umumnya juga, saat I’tikaf anda juga tidak bisa duduk diam khusyuk’ untuk memainkan ponsel. Pada event-event itulah tidak banyak yang mampu bertahan lama.

Hanya ada beberapa orang yang istimewa saja, jika benar-benar ingin mengikuti I’tikaf dimanapun ada, dia akan tetap join dengan niat yang Lillah. Maa Syaa Allah, apakah anda salah satunya? Semoga saja, aamiin.

Memperbanyak Berdzikir Kepada Sang Khaliq

Dzikir juga termasuk dalam amalan 10 malam terakhir Ramadhan yang bisa anda lakukan. Bukan hanya untuk mendapatkan kebaikan dan limpahan pahala. Akan tetapi juga untuk mendekatkan diri dan menjadikan kehidupan menjadi tenang. Dalil mengenai hal ini terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Ra’d ayat 28 hanya dengan mengingat Allah, maka hati akan menjadi lebih tenang.

Ketika kita berdzikir berarti kita mengingat Allah dan mengagungkan namanya juga memujinya. Pastinya amalan ini bisa anda lakukan dimanapun, kapanpun, juga bagaimanapun kecuali saat melakukan kegiatan dalam kamar mandi. Pasalnya dzikir adalah amalan yang paling mudah dan ringan.

Selagi masih ada sisa untuk kita bisa melakukan amalan 10 malam terakhir Ramadhan, maka kerjakan dengan semaksimal mungkin. Pastinya dengan niat yang Lillah hanya karena Allah Ta’alla saja. Semoga kita juga mendapatkan balasan berupa pahala dan mendapatkan ampunannya. Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)