Aplikasi Dark Mode dengan Beragam Manfaat, Ini Cara Mengaktifkannya!

Aplikasi Dark Mode
Ilustrasi Aplikasi Dark Mode. Foto: Ist/Net

Aplikasi dark mode cukup populer dalam waktu belakangan ini. Selain pada perangkat Android, perangkat iOS pun telah memperoleh kelengkapan fitur ini. Memang cukup beragam aplikasi yang telah memiliki fitur ini.

Namun, tidak semua aplikasi dapat secara otomatis ikut menjadi mode gelap seperti halnya Instagram serta beberapa aplikasi Google lainnya. Dark mode atau tampilan gelap mampu memberikan beragam keuntungan bagi para pengguna.

Mulai dari irit baterai, mengurangi ketegangan mata, sampai mengurangi risiko migrain. Sebagian besar aplikasi yang telah mengaplikasikan fitur dark mode adalah platform media sosial. Platform ini banyak digunakan orang dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Aplikasi Audio Streaming NOICE, Download Secara Gratis Fitur Lengkap

Beberapa Pilihan Aplikasi Dark Mode Terbaik

Tema gelap atau dark mode saat ini telah banyak ditawarkan oleh developer, tidak terkecuali Google. Pengguna pun mulai beralih ke dark mode dengan beberapa alasan.

Dengan memanfaatkan fitur dark mode, maka pengguna tidak akan mudah lelah apabila anda bandingkan dengan mode terang seperti biasanya.

Selain itu, dark mode akan semakin menghemat baterai apabila perangkat HP yang anda gunakan telah mengusung layar AMOLED.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi dark mode terbaik yang dapat anda manfaatkan serta cara menggunakannya, antara lain:

YouTube

Aplikasi streaming sejuta umat ini juga telah memperoleh kelengkapan fitur dark mode. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal masuk pada profil anda, kemudian pilih Settings > General serta aktifkan toogle Dark Theme.

Selain itu, fitur ini juga tersedia pada versi web. Jika anda merupakan tipe orang yang sangat gemar menonton YouTube saat malam hari, maka dengan adanya fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan mata anda.

Slack

Pilihan aplikasi dengan kelengkapan dark mode terbaik selanjutnya adalah Slack. Cara untuk mengaktifkan fitur mode dark cukup mudah, yakni:

  1. Buka aplikasi Slack pada perangkat Android atau iOS.
  2. Selanjutnya ketuk ikon tiga yang terdapat pada pojok kanan atas layar.
  3. Pilih menu Pengaturan atau Settings serta cari opsi Dark Mode, lalu pilih ON.

Evernote

Salah satu aplikasi dark mode terbaik adalah Evernote. Aplikasi ini banyak digunakan karena pengguna dapat memanfaatkannya untuk lintas platform.

Sebagai salah satu aplikasi notes yang cukup populer, Evernote mampu memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengaktifkan mode gelap.

Caranya anda hanya perlu mengetuk ikon tiga baris yang terdapat pada sudut kiri atas. Kemudian aktifkan toogle Dark Theme.

Baca Juga: Aplikasi Gabung PDF Offline Populer Lengkap dengan Cara Penggunaan

WhatsApp

Pada aplikasi pesan instan punya Facebook ini menjadi yang teranyar dalam menggunakan fitur dark mode. Dalam hal ini, semua pengguna baik yang berada di Indonesia telah dapat memakai tampilan gelap.

WhatsApp memberi beberapa perbedaan dari fitur dark mode yang terdapat pada iOS serta Android. Pembedanya adalah sebagian besar tema gelap WhatsApp memiliki warna hitam pekat pada perangkat iPhone.

Sedangkan untuk perangkat Android memiliki warna abu-abu gelap. Untuk cara menggunakannya, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pastikan anda telah menginstal aplikasi WhatsApp versi terbaru.
  2. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih ikon tiga titik pada pojok kanan atas layar
  3. Pilih menu Pengaturan atau Settings dan pilih bagian Chats.
  4. Selanjutnya anda dapat masuk pada menu Theme. Pada menu ini akan terdapat dua pilihan pengaturan.
  5. Pilihan yang pertama Light untuk pengaturan tampilan normal. Lalu pilihan yang kedua Dark untuk tampilan gelap.

Instagram

Selain WhatsApp, fitur dark mode untuk aplikasi Instagram juga masih terbilang baru. Platform berbagi foto serta video ini juga baru mendukung sebagian perangkatnya saja.

Para pengguna Instagram dapat menggunakan fitur dark mode apabila ponsel yang mereka gunakan telah update pada Android 10 serta iOS 13. Adapun cara menggunakan fitur dark mode pada Instagram ini adalah:

Untuk Pengguna iPhone Dengan iOS 13

  1. Update aplikasi Instagram versi terbaru
  2. Selanjutnya buka menu Setting > Display > serta pilih Dark Mode

Untuk Pengguna Android

  1. Unduh atau update Instagram ke versi terbaru
  2. Kemudian buka menu Setting > Display > Night Mode > On

Telegram

Aplikasi dark mode terbaik selanjutnya adalah Telegram. Terdapat dua cara untuk mengaktifkannya. Cara pertama tap menu yang berlogo tiga baris pada sudut kanan atas. Kemudian buka Setting > Chat Settings dan aktifkan Auto-Night Mode yang terdapat pada bagian atas. Jika anda ingin mengaktifkan fitur ini sepanjang hari, maka pilih Theme > Dark. (R10/HR Online)

Editor: Jujang