Aplikasi E Koperasi, Ketahui Manfaat Serta Beragam Kelebihannya

Aplikasi E Koperasi
Ilustrasi Aplikasi E Koperasi. Foto: Ist/Net

Aplikasi E Koperasi mampu memberikan manfaat dalam pengelolaan manajemen usaha pada koperasi. Seperti pada berbagai transaksi harian, baik transaksi simpanan ataupun pinjaman.

Hingga bermanfaat untuk menampilkan berbagai jenis laporan yang diperlukan secara akurat, tepat waktu, serta relevan. Seperti kita ketahui, koperasi merupakan kelompok usaha yang dimiliki oleh anggota. Lalu pengambilan keputusan oleh anggota melalui adanya rapat anggota.

Dengan demikian, koperasi harus dikelola secara transparan supaya tidak terjadi manajemen konflik. Manajemen konflik pada umumnya terjadi karena informasi dari sebagian anggota tidak akurat.

Suatu informasi yang tidak akurat jika pengelolaannya secara manual serta kurang teliti dapat menghasilkan output yang salah serta lambat prosesnya. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan E Koperasi dapat menjadi solusi tepat terhadap adanya permasalahan tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Perpanjang Paspor Online, Simak Cara Menggunakan Lengkap

Mengenal Manfaat Aplikasi E Koperasi

Dengan seiring berjalannya waktu, operasional koperasi tentu mengalami adanya suatu peningkatan. Sedangkan pada data keuangan mempunyai umur ekonomis hingga puluhan tahun.

Hal ini menjadikan pengelolaan yang kurang praktis karena akan memakan banyak kertas dalam proses pencatatan serta pelaporan. Dengan demikian, aplikasi E Koperasi hadir untuk memberi kemudahan dalam pengelolaan bisnis koperasi.

Mulai dari proses simpan pinjam hingga laporan akuntansi. Dengan adanya aplikasi ini, mampu meminimalisir waktu pengerjaan serta penggunaan kertas. Selain itu, data yang tersimpan pun akan lebih banyak serta sangat mudah untuk dikelola.

Baca Juga: Cara Transfer Aplikasi dari HP ke Laptop, Berikut Panduan Mudahnya

Pengertian dan Manfaat Aplikasi E Koperasi

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan Bank Kesejahteraan Ekonomi berhasil meluncurkan suatu layanan e-koperasi.

Layanan ini dapat menjadi solusi untuk mendukung program koperasi serta UKM yang sehat, kuat, mandiri, dan memiliki daya saing tinggi. Aplikasi E Koperasi adalah salah satu aplikasi laporan keuangan serta Loan Originatian System (LOS) yang telah terintegrasi dengan layanan PPOB.

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking atau layanan jasa pembayaran. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan koperasi mampu menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Lalu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran pinjaman. Koperasi juga mampu mengukur tingkat kesehatan serta meningkatkan fee bace income atau pendapatan koperasi.

Kelebihan Aplikasi E Koperasi

Adanya sinergi Telkom serta BKE ini dengan menghadirkan aplikasi E Koperasi sangat bermanfaat untuk mendukung program Kementrian Koperasi dan UKM. Hal ini dalam rangka meningkatkan peran serta fungsi Koperasi dalam industri pengelolaan keuangan.

Dalam penggunaan aplikasi ini juga menyediakan infrastruktur yang terdiri dari komputer printer router serta akses internet. Akses internet ini akan diberikan secara gratis kepada koperasi yang bermitra dengan BKE. Lalu juga menyediakan help desk untuk menangani setiap permasalahan yang berhubungan dengan penggunaan E Koperasi.

Sinergi ini juga menjadi daya dukung bagi pentingnya teknologi serta informasi dalam melakukan usaha koperasi dan UKM. Hal ini dapat menambahkan pengetahuan serta wawasan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Cara Mengakses Aplikasi E Koperasi

Semua anggota koperasi dapat mengakses aplikasi E Koperasi. Caranya melalui akun pribadi masing-masing anggota koperasi. Dengan demikian, aktivitas sebagai anggota koperasi dipantau melalui portal pribadi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, layanan aplikasi ini merupakan buatan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan Bank Kesejahteraan Ekonomi. Cara mengakses aplikasi ini pun cukup mudah.

Para anggota dapat melihat daftar SHU pinjaman serta daftar akun pribadinya. Masing-masing daftar akan nampak adanya laporan serta data terkini terkait dengan informasi SHU. Mulai dari jumlah yang koperasi terima setiap akhir tahun serta data pengambilan.

Info jumlah simpanan, baik simpanan wajib, simpanan pokok, sukarela, ataupun simpanan lainnya. Setelah login melalui akun pribadi masing-masing pada bagian kiri dashboard akan nampak daftar aplikasi yang dapat anda akses sesuai dengan masing-masing pegawai.

Selain itu, melalui aplikasi E Koperasi terdapat pula forum dialog yang dapat anggota lakukan secara online. Para anggota operasi dapat melakukan dialog secara online melalui dialog box yang tersedia bernama forum Sapa Koperasi. Forum ini tentunya dapat menjadi media komunikasi bagi anggota koperasi. Aplikasi ini salah satu bentuk akuntabilitas dari pengelolaan koperasi yang dapat terakses secara online oleh setiap anggota koperasi. (R10/HR Online)

Editor: Jujang