Aplikasi Kontrol HP Anak Paling Direkomendasikan, Berikut Pilihannya!

Aplikasi Kontrol HP Anak
Ilustrasi Aplikasi Kontrol HP Anak. Foto: Ist/Net

Aplikasi kontrol HP anak dapat menjadi alternatif bagi orang tua yang ingin mengontrol penggunaan gadget pada anak-anak mereka. Dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup masif saat ini, memungkinkan berbagai kalangan dapat mengaksesnya dengan mudah.

Smartphone serta jenis gadget lain seperti adanya tablet dapat digunakan dengan leluasa berbagai usia mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Meskipun kehadiran gadget dapat membantu perkembangan anak dalam menyerap informasi.

Akan tetapi penggunaan yang secara berlebihan dapat berpotensi membuat anak-anak menjadi kecanduan. Sama halnya dengan televisi serta video game, gadget dapat membuat anak-anak tidak bisa lepas bahkan lupa diri.

Anak akan mengasingkan diri dari keramaian. Hal ini jika dibiarkan tanpa adanya penanganan lebih serius, justru akan beresiko menimbulkan dampak yang antisosial bahkan lebih parah lagi.

Baca Juga: Aplikasi Nomor HP Virtual Terbaik, Mudahkan Proses Verifikasi Akun

Beragam Pilihan Aplikasi Kontrol HP Anak

Saat ini, para orang tua mempunyai tantangan baru di era digital. Para orang tua harus dapat mengenalkan teknologi kepada anak-anak tanpa harus membuat anak-anak kecanduan dengan teknologi tersebut.

Pasalnya, anak-anak sangat gemar serta mudah sekali kecanduan dengan gadget. Hal inilah yang perlu orang tua waspadai sejak dini. Mengingat dampak yang ditimbulkan oleh HP atau gadget dapat berakibat positif serta negatif,

Maka pihak orang tua perlu berlaku bijak dalam memperbolehkan buah hati mereka dalam menggunakan HP atau tablet. Salah satu cara bijak yang dapat orang tua lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi kontrol HP anak atau yang populer dengan istilah parental control.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak-anak anda antara lain:

Kid Mode

Pilihan aplikasi kontrol HP anak yang pertama adalah Kid Mode. Aplikasi yang satu ini mempunyai kelebihan dengan hadirnya bekalan fitur video chat khusus bagi sesama anggota keluarga. Selain itu, para pengguna pun dapat mengaturnya secara konstan dalam jangka waktu perminggu atau perbulan.

Selain itu, bisa mengirimkan email yang berisikan laporan berbagai alamat situs mana saja yang dapat anak anda akses. Cara ini dapat dikatakan cukup aman serta bisa membatasi apa saja yang dapat anak anda akses.

Baca Juga: Aplikasi Video Bokeh HP Android Terbaik (Update 2021)

Aplikasi kontrol HP anak berikutnya adala Google Family Link. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah menetapkan aturan digital dalam memandu anak ketika mereka belajar, bermain serta menjelajahi aturan digital.

Selain itu juga, Google Family Link juga memungkinkan para orang tua untuk dapat melihat aktivitas anak serta mengelola aplikasi yang dapat mereka gunakan. Anda dapat menyetujui atau bahkan memblokir aplikasi yang ingin anak anda unduh dari Google Play Store.

Menariknya lagi, para orang tua juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi serta menyembunyikan aplikasi tertentu pada perangkat buah hati anda. Semua itu dapat anda lakukan dari perangkat anda bahkan dalam kondisi jarak jauh.

Kids Place

Pilihan aplikasi kontrol HP anak terbaik selanjutnya adalah Kids Place. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer kiddoware. Kids Place hadir dengan berbagai fitur lengkap bagi para orang tua dalam mengendalikan isi konten serta waktu penggunaan HP.

Dengan demikian, anak dapat lebih terkontrol dalam penggunaan gadget yang mereka miliki. Melalui aplikasi ini, para orangtua dapat menyortir berbagai jenis aplikasi apa saja yang dapat anak akses. Selain itu, orang tua juga dapat memblokir aplikasi yang tidak anda inginkan dan juga mengatur durasi waktu penggunaan HP oleh anak.

Kids Lock

Salah satu pilihan aplikasi untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak secara efektif adalah Kids Lock. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini secara keseluruhan hampir sama dengan aplikasi Kids Place. Akan tetapi dalam aplikasi Kids Lock juga memperoleh kelengkapan fitur lock screen khusus yang dapat orang tua akses secara lebih mudah.

Screen Time Parental Control

Dalam aplikasi screen time parental control ini terdapat fitur yang terbilang unik. Fitur tersebut adalah fitur pause yang berfungsi untuk menghentikan gadget anak selama beberapa waktu saat digunakan. Sama halnya dengan aplikasi Kids Place, aplikasi ini juga mempunyai fitur pengaturan waktu penggunaan gadget.

Dengan menggunakan aplikasi kontrol HP anak satu ini, para orang tua juga dapat melakukan pembatasan waktu penggunaan berbagai aplikasi. Misalnya aplikasi game yang merupakan kegemaran anak-anak saat ini. (R10/HR Online)

Editor: Jujang