5 Aplikasi Mining Bitcoin di Android

Aplikasi mining Bitcoin di Android
pixabay.com

Aplikasi mining bitcoin di Android bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan investasi ini. Kini, sudah ada beberapa aplikasi untuk mining Bitcoin dari Android yang tentunya bisa Anda manfaatkan dengan lebih praktis.

Menguti dari Seputar Forex, aplikasi tersebut umumnya hanya mampu menghasilkan sedikit kepingan Bitcoin, Litecoin, serta Ethereum.

Hal ini terjadi akibat sistem penambangan proof-of-work lebih mengutamakan miners dengan daya komputasi yang lebih besar.

Kekuatan komputasi terbesar pada smartphone yang ada, ternyata masih kalah jauh dari angka pada mining blok Bitcoin saat ini.

Meski demikian, setidaknya dengan kehadiran aplikasi mining Bitcoin untuk Android ini memberikan kemudahan Anda mendapatkan Bitcoin di mana saja dan kapan saja. Bahkan, kehadiran dari aplikasi ini semakin banyak peminatnya khususnya para penambang Bitcoin.

Aplikasi Mining Bitcoin

1. MinerGate

Pada awalnya, MinerGate adalah situs mining Bitcoin yang populer dengan menggunakannya di PC. Namun, saat ini MinerGate telah hadir dalam bentuk aplikasi. Para pengguna pun bisa melakukan mining Bitcoin hanya dari Android.

Aplikasi ini hadir dengan perilisannya sejak 2014 dan menjadi mining pool pertama yang memungkinkan para pengguna bisa menambang berbagai cryptocurrency tanpa perlu menurunkan hash level koin utama.

Cara menggunakan aplikasi MinerGate ini terbilang mudah. Setelah install dan membuat akun, Anda akan menemukan dua jenis pilihan. Dua pilihan tersebut antara lain mining seluler dan pembelian cloud mining.

Jika Anda memilih mining seluler, maka mining Bitcoin bisa Anda lakukan menggunakan sistem pada chip smartphone.

Sedangkan jika memilih opsi yang kedua, Anda bisa melakukan offload pemrosesan pada server MinerGate dengan cara membayar harga yang tertera.

Selain itu, Anda juga bisa menambah serta mengurangi hitungan chain yakni jumlah inti prosesor untuk mining Bitcoin.

Terdapat pula fitur yang bisa mengatur supaya mining Bitcoin bisa berhenti sementara saat kondisi smartphone sedang di-charge atau low battery.

Oleh karena itu, semakin tinggi spesifikasi smartphone, maka semakin besar juga kesempatan Anda mendapatkan Bitcoin.

2. Crypto Miner

Aplikasi ini memiliki operasional dan tampilan sederhana sehingga cukup memudahkan untuk para pemula gunakan.

Penggunaan pada Crypto Miner, Anda hanya perlu masuk ke dalam mining pool kriptoSelanjutnya, Anda bisa masukkan kredensial penambangan, kemudian memilih algoritma pada menu dropdown.

Selain itu, Anda juga bisa tentukan jumlah chain yang ingin Anda ikut sertakan ke dalam aktivitas mining-mu.

Namun, tidak semua algoritma kripto pada Crypto Miner bisa Anda gunakan secara gratis. Faktanya, Anda harus mengeluarkan bisa dengan membayar sekitar $2.28 agar bisa mengakses algoritma favoritmu.

3. AA Miner

Umumnya, hampir setiap aplikasi di Android memiliki banyak iklan di dalamnya tak terkecuali aplikasi mining Bitcoin.

Nah jika Anda termasuk salah satu orang merasa sangat terganggu dengan keberadaan iklan tersebut, Anda bisa mencoba AA Miner. Anda tidak akan menemukan munculnya banyak iklan atau in-app purchase di dalam aplikasi tersebut.

Selain itu, terdapat 50 jenis mata uang kripto yang lainnya serta algoritma mining CryptoNight.

Menariknya lagi, Anda juga bisa menentukan jumlah chain. Chain ini merupakan jumlah inti dari prosesor untuk mining Bitcoin. AA Miner ini dapat Anda download secara gratis untuk melakukan mining Bitcoin.

4. NeonNeon Miner

Aplikasi rekomendasi berikutnya yaitu NeonNeon Miner yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas mining Bitcoin, Feathercoin, Litecoin, Vertcoin, dan jenis lainnya.

Cara kerja NeonNeon Miner hampir mirip dengan Crypto Miner yakni Anda masuk ke dalam pool kripto.

NeonNeon Miner memiliki fitur catatan mining yang rinci dan juga script konfigurasi otomatis yang sangat baik.

Kehadiran aplikasi telah rilis pada 2017 lalum dan kini kecanggihannya mampu mendeteksi kebanyakan sistem on chip hanya dalam hitungan detik.

5. Droid Miner

Selain AA Miner, aplikasi mining Bitcoin yang tidak menampilkan iklan yaitu Droid Miner.

Droid Miner bisa Anda gunaan untuk mining Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, serta berbagai jenis mata uang kripto lainnya.

Tak hanya itu saja, ada banyak fitur menarik lainnya yang bisa kamu pakai. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini yaitu kemudahan Anda untuk bisa menjalankan Droid Miner yang tetap running pada background. Droid Minner ini juga bisa menonaktifkan program dengan otomatis saat smartphone di-charge.